Pengobatan Herbal Sebagai Alternatif Obati Covid-19

Pengobatan herbal merupakan salah satu jenis pengobatan yang dianggap lebih aman dan mudah digunakan. Jenis pengobatan ini biasanya masih bersifat kuno atau masih menggunakan resep turun temurun dan hanya memanfaatkan bahan yang ada di alam.

Cina merupakan sebuah negara yang memiliki cara pengobatan yang memiliki manfaat besar di bidang kesehatan. Contohnya, akupuntur, akupresur, obat herbal atau ramuan herbal dan lain-lain.

Di tengah pandemi covid-19 ini, seluruh negara mulai mencari cara untuk menghilangkan penyakit menular tersebut. Seperti cara yang telah digunakan oleh salah satu Universitas di Indonesia untuk mendiskusikan terkait keefektifan herbal medicine.

Keefektifan Pengobatan Herbal Untuk Atasi Covid-19

Universitas Muhammadiyah Kudus atau UMKU telah mengadakan sebuah International Webinar Series 1 Pharmacy yang bertemakan tentang Teknologi dan Pengobatan Herbal.

- Advertisement -

Webinar ini diadakan melalui aplikasi zoom dan diselenggarakan di Kantor Urusan Internasional UMKU pada hari Sabtu tanggal 14 November 2020. Banyak narasumber yang hadir di acara webinar tersebut.

Para narasumber itu ialah, Rektor UMKU Rusnoto, SKM, M.Kes dan 4 pembicara seminar internasional. Menurut Rusnoto, hal ini merupakan tindak lanjut kerjasama dengan negara Taiwan saat kegiatan student exchange dan student mobility.

Menurut Rusnoto, ciri dari apoteker di UMKU adalah klinisi herbal dan Taiwan memiliki keunggulan dalam hal herbal medicine tersebut.

Kegiatan seminar ini memang merupakan kegiatan kerja sama antara Indonesia dengan Superintendent of Taipei Hospital and Taiwan International Healthcare Training Center.

Salah satu pembicara dari seminar tersebut, Jackson Chieh-His Wu, Ph.D mulai menjelaskan mengenai herbal medicine untuk kanker paru-paru menggunakan bunga sclareol.

Sedangkan pembicara lain, Dr. Chen Ming Chu membahas tentang pengobatan Cina sebagai alternatif pengobatan untuk mengatasi berbagai macam penyakit.

BACA JUGA  Mengatasi Keluhan Saat Hamil Dengan Terapi Akupuntur

Pembicara ketiga dan keempat pun membahas hal lain seputar dunia kesehatan dan bagaimana cara untuk menangkal covid-19. Hal ini tentu saja sebagai salah satu upaya untuk menemukan titik terang untuk mengakhiri pandemi ini.

Oleh karena itu, pengobatan herbal perlu dikembangkan lebih lanjut lagi agar bisa digunakan masyarakat lebih optimal dan aman. Tidak hanya itu, pengobatan herbal juga bisa digunakan sebagai pengobatan alternatif selain harus mengkonsumsi obat-obatan.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...