Pengobatan Herbal Sebagai Alternatif Obati Covid-19

Pengobatan herbal merupakan salah satu jenis pengobatan yang dianggap lebih aman dan mudah digunakan. Jenis pengobatan ini biasanya masih bersifat kuno atau masih menggunakan resep turun temurun dan hanya memanfaatkan bahan yang ada di alam.

Cina merupakan sebuah negara yang memiliki cara pengobatan yang memiliki manfaat besar di bidang kesehatan. Contohnya, akupuntur, akupresur, obat herbal atau ramuan herbal dan lain-lain.

Di tengah pandemi covid-19 ini, seluruh negara mulai mencari cara untuk menghilangkan penyakit menular tersebut. Seperti cara yang telah digunakan oleh salah satu Universitas di Indonesia untuk mendiskusikan terkait keefektifan herbal medicine.

Keefektifan Pengobatan Herbal Untuk Atasi Covid-19

Universitas Muhammadiyah Kudus atau UMKU telah mengadakan sebuah International Webinar Series 1 Pharmacy yang bertemakan tentang Teknologi dan Pengobatan Herbal.

Webinar ini diadakan melalui aplikasi zoom dan diselenggarakan di Kantor Urusan Internasional UMKU pada hari Sabtu tanggal 14 November 2020. Banyak narasumber yang hadir di acara webinar tersebut.

Para narasumber itu ialah, Rektor UMKU Rusnoto, SKM, M.Kes dan 4 pembicara seminar internasional. Menurut Rusnoto, hal ini merupakan tindak lanjut kerjasama dengan negara Taiwan saat kegiatan student exchange dan student mobility.

Menurut Rusnoto, ciri dari apoteker di UMKU adalah klinisi herbal dan Taiwan memiliki keunggulan dalam hal herbal medicine tersebut.

Kegiatan seminar ini memang merupakan kegiatan kerja sama antara Indonesia dengan Superintendent of Taipei Hospital and Taiwan International Healthcare Training Center.

Salah satu pembicara dari seminar tersebut, Jackson Chieh-His Wu, Ph.D mulai menjelaskan mengenai herbal medicine untuk kanker paru-paru menggunakan bunga sclareol.

Sedangkan pembicara lain, Dr. Chen Ming Chu membahas tentang pengobatan Cina sebagai alternatif pengobatan untuk mengatasi berbagai macam penyakit.

BACA JUGA  WHO Ungkap Separuh Faskes di Dunia Tidak Higienis

Pembicara ketiga dan keempat pun membahas hal lain seputar dunia kesehatan dan bagaimana cara untuk menangkal covid-19. Hal ini tentu saja sebagai salah satu upaya untuk menemukan titik terang untuk mengakhiri pandemi ini.

Oleh karena itu, pengobatan herbal perlu dikembangkan lebih lanjut lagi agar bisa digunakan masyarakat lebih optimal dan aman. Tidak hanya itu, pengobatan herbal juga bisa digunakan sebagai pengobatan alternatif selain harus mengkonsumsi obat-obatan.

TERBARU

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal...

Mengenal Pengobatan Tradisional khas Bali

Orang Bali hidup dalam dua dunia yang berbeda: dunia...

Kasusnya Mulai Turun di Indonesia, Apa itu Stunting? Bagaimana Mengatasinya dengan Pengobatan Tradisional?

Baru-baru ini Kementerian Kesehatan mengumumkan hasil Survei Status Gizi...

Akupunturis di Zimbabwe Jadikan TCM Terjangkau bagi Penduduk setempat

Akupunktur adalah salah satu bentuk terapi medis alternatif yang...

Ahli Kesehatan Tradisional Himbau Ramuan Herbal Tak Boleh Diberikan kepada Bayi, Kenapa?

Beberapa waktu lalu, viral soal bayi 54 hari yang...

Simak Rekomendasi Cara Mengatasi Adiksi Narkoba Menurut Psikolog UI

foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiyaAdiksi narkoba merupakan masalah serius yang menyebabkan...

Artis Drakor ini Sukses Rampingkan Tubuh dengan Diet Sehat, Bagaimana dengan Terapi Yang Sheng?

Artis cantik pemeran drama Korea 'The Heirs', Park Shin...

Apa itu Terapi Bekam? Apa saja Manfaatnya?

Terapi bekam adalah bentuk pengobatan alternatif yang kuno yang...

Apakah Terapi Akupuntur Efektif untuk Nyeri Punggung, Ini Penjelasan Riset

Akupunktur adalah salah satu teknik pengobatan alternatif yang telah...

Begini Hubungan Antara Trauma Dengan Adiksi Menurut Psikolog UI

Trauma memiliki hubungan yang erat dengan perilaku adiksi terhadap...

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal dari pengobatan tradisional China. Praktiknya melibatkan seorang praktisi yang membakar ramuan moxa pada atau di...

Mengenal Pengobatan Tradisional khas Bali

Orang Bali hidup dalam dua dunia yang berbeda: dunia fisik atau yang disebut sekala dan dunia spiritual atau psikis yang disebut niskala. Dalam pengobatan...

Kasusnya Mulai Turun di Indonesia, Apa itu Stunting? Bagaimana Mengatasinya dengan Pengobatan Tradisional?

Baru-baru ini Kementerian Kesehatan mengumumkan hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) pada anak dan balita. Prevalensi stunting di Indonesia turun dari 24,4 persen di...

Akupunturis di Zimbabwe Jadikan TCM Terjangkau bagi Penduduk setempat

Akupunktur adalah salah satu bentuk terapi medis alternatif yang telah digunakan selama ribuan tahun dalam Pengobatan Tradisional Cina (TCM). Melansir laman Xinhuanet di Zimbabwe,...

Ahli Kesehatan Tradisional Himbau Ramuan Herbal Tak Boleh Diberikan kepada Bayi, Kenapa?

Beberapa waktu lalu, viral soal bayi 54 hari yang meninggal dunia setelah meminum jamu dari campuran daun kecipir dan kencur. Hal ini mengingatkan kita...

Simak Rekomendasi Cara Mengatasi Adiksi Narkoba Menurut Psikolog UI

foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiyaAdiksi narkoba merupakan masalah serius yang menyebabkan dampak negatif tidak hanya pada individu yang mengalami adiksi, tetapi juga pada keluarga dan masyarakat....