Waspada! 5 Penyakit Mata yang Umum Terjadi

Penyakit mata merupakan sebuah gangguan atau iritasi yang menyerang bagian penglihatan (mata). Gejalanya, seperti mata merah, kering, gatal, perih hingga gangguan penglihatan. Ada beberapa penyakit mata yang umum terjadi atau sering dialami oleh seseorang.

Penyakit-penyakit mata ini bisa menyerang siapa saja. Berikut beberapa penyakit mata yang umum terjadi:

1. Mata Kering

Umumnya, penyakit mata kering lebih sering dialami oleh wanita dan lansia. Penyebabnya sendiri bermacam-macam. Mulai dari alergi, terlalu sering terpapar angin dan sinar matahari hingga kurangnya nutrisi dan air pada mata.

Penderita mata kering akan mengalami gejala, berupa mata merah, terasa perih, silau atau bahkan seperti ada benda asing yang masuk ke dalam mata. Biasanya penderita akan menggunakan obat tetes air mata (artificial tears) untuk meminimalisir gejala yang dialami.

- Advertisement -

2. Konjungtivitis

Penyakit konjungtivitis ini dapat terjadi karena beberapa faktor. Misalnya alergi atau infeksi yang diakibatkan oleh bakteri dan virus pada mata. Sehingga, membuat mata menjadi merah, berair, perih dan terasa gatal.

Untuk menangani penyakit mata ini tergantung dari apa penyebabnya. Jika konjungtivitis disebabkan oleh alergi maka caranya adalah dengan menjauhi hal yang memicu alergi tersebut.

Namun, jika disebabkan oleh infeksi bakteri maka penanganannya menggunakan obat tetes mata atau salep mata antibiotik. Sedangkan, jika infeksi disebabkan karena virus tidak mesti memberikan penanganan khusus karena dalam beberapa hari konjungtivitis akan sembuh dengan sendirinya.

3. Katarak

Selain Glaukoma, penyakit katarak juga umum terjadi. Penyakit mata ini termasuk dalam penyebab kebutaan. Penderitanya akan mengalami penglihatan yang menjadi kabur.

Penyebabnya beraneka ragam, seperti mata sering terpapar sinar UV, cedera mata, kebiasaan merokok hingga disebabkan oleh penyakit diabetes. Jalan satu-satunya untuk mengatasi katarak adalah dengan melakukan operasi katarak.

BACA JUGA  Unik! Hasil Studi Dapati Aroma Sabun Malah Membuat Nyamuk Tertarik

4. Glaukoma

Glaukoma merupakan penyakit mata yang terjadi ketika saraf optik pada mata rusak. Sehingga, penderita penyakit mata ini akan mengalami gangguan penglihatan bahkan kebutaan.

Glaukoma bisa menyerang siapa saja namun lebih cenderung pada lansia. Bahkan penyakit mata ini merupakan salah satu penyebab utama dari kebutaan yang dialami lansia berumur 60 tahun ke atas.

Demikian pembahasan mengenai beberapa penyakit mata yang umum terjadi atau sering dialami seseorang. Selalu jaga kesehatan mata anda agar terhindar dari berbagai macam penyakit mata.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...