Apa itu HIV AIDS? Penyebab dan Cara Mencegahnya

Penyebab dan cara mencegah HIV AIDS – HIV (Human Immunodeficiency Virus) dan AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrom) merupakan kedua hal yang berbeda tapi saling memiliki keterkaitan. HIV adalah virus yang menyebabkan AIDS. Maka AIDS adalah penyakit yang disebabkan oleh virus bernama HIV.

Penderita AIDS memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Sehingga rentan sekali terkena penyakit dan infeksi. Hal ini karena virus HIV yang menyerang sel CD4 dalam tubuh yang berperan sebagai sistem imun. Oleh karena itu, tubuh kesulitan dalam melawan penyakit dan infeksi.

Penyakit AIDS ini merupakan penyakit yang perlu diwaspadai. Karena pengidapnya bisa divonis seumur hidup dan hingga sekarang belum ditemukan obat yang bisa menyembuhkannya secara total.

Untuk itu ada baiknya kita perlu mengetahui apa saja sih penyebab dan cara mencegah HIV AIDS? Hal ini agar kita bisa terhindar dari penyakit tersebut.

Penyebab dan Cara Mencegah HIV AIDS

Ada beberapa penyebab yang bisa membuat seseorang terjangkit virus HIV dan divonis mengidap penyakit AIDS. Umumnya, virus ini ditularkan. Berikut adalah beberapa penyebab dan cara mencegahnya:

1. Hubungan Seksual

Penyebab pertama yang sering mengakibatkan HIV dan AIDS adalah hubungan seksual. Dengan melakukan kontak seksual dengan penderita HIV AIDS tanpa menggunakan kondom maka virus HIV bisa menular.

Selain itu, pergaulan sex bebas atau melakukan kontak seksual dengan berganti-ganti pasangan juga bisa menularkan penyakit HIV AIDS.

Cara mencegahnya tentu menghindari hubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan dan hanya melakukan hubungan seksual dengan pasangan yang sah.

2. Menggunakan Jarum Suntik yang Tidak Steril

Penggunaan jarum suntik yang tidak steril bisa saja memicu penularan virus HIV dan penyakit AIDS. Misalnya, seperti jarum suntik atau alat tato yang tidak pernah diganti. Hal ini bisa menimbulkan kontak langsung melalui jarum suntik tersebut.

BACA JUGA  Obat Herbal China Bermanfaat Untuk Infertilitas

Untuk mencegah hal ini maka anda harus berhati-hati saat pergi berobat pastikan kepada fasilitas umum atau pada dokter praktek yang memiliki izin.

3. Faktor Keturunan

Ibu yang hamil dengan mengidap HIV dan AIDS bisa menularkan pada bayinya. Hal ini karena darah dan tempat nutrisi bayi ada pada ibunya.

Untuk mengatasi hal ini tentu perlu penanganan medis yang lebih serius.

Itulah tadi beberapa penyebab dan cara mencegah virus HIV dan penyakit AIDS. Ada baiknya anda menjaga pola hidup dan makan sehat. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi sobat sehat semua.

TERBARU

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal...

Mengenal Pengobatan Tradisional khas Bali

Orang Bali hidup dalam dua dunia yang berbeda: dunia...

Kasusnya Mulai Turun di Indonesia, Apa itu Stunting? Bagaimana Mengatasinya dengan Pengobatan Tradisional?

Baru-baru ini Kementerian Kesehatan mengumumkan hasil Survei Status Gizi...

Akupunturis di Zimbabwe Jadikan TCM Terjangkau bagi Penduduk setempat

Akupunktur adalah salah satu bentuk terapi medis alternatif yang...

Ahli Kesehatan Tradisional Himbau Ramuan Herbal Tak Boleh Diberikan kepada Bayi, Kenapa?

Beberapa waktu lalu, viral soal bayi 54 hari yang...

Simak Rekomendasi Cara Mengatasi Adiksi Narkoba Menurut Psikolog UI

foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiyaAdiksi narkoba merupakan masalah serius yang menyebabkan...

Artis Drakor ini Sukses Rampingkan Tubuh dengan Diet Sehat, Bagaimana dengan Terapi Yang Sheng?

Artis cantik pemeran drama Korea 'The Heirs', Park Shin...

Apa itu Terapi Bekam? Apa saja Manfaatnya?

Terapi bekam adalah bentuk pengobatan alternatif yang kuno yang...

Apakah Terapi Akupuntur Efektif untuk Nyeri Punggung, Ini Penjelasan Riset

Akupunktur adalah salah satu teknik pengobatan alternatif yang telah...

Begini Hubungan Antara Trauma Dengan Adiksi Menurut Psikolog UI

Trauma memiliki hubungan yang erat dengan perilaku adiksi terhadap...

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal dari pengobatan tradisional China. Praktiknya melibatkan seorang praktisi yang membakar ramuan moxa pada atau di...

Mengenal Pengobatan Tradisional khas Bali

Orang Bali hidup dalam dua dunia yang berbeda: dunia fisik atau yang disebut sekala dan dunia spiritual atau psikis yang disebut niskala. Dalam pengobatan...

Kasusnya Mulai Turun di Indonesia, Apa itu Stunting? Bagaimana Mengatasinya dengan Pengobatan Tradisional?

Baru-baru ini Kementerian Kesehatan mengumumkan hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) pada anak dan balita. Prevalensi stunting di Indonesia turun dari 24,4 persen di...

Akupunturis di Zimbabwe Jadikan TCM Terjangkau bagi Penduduk setempat

Akupunktur adalah salah satu bentuk terapi medis alternatif yang telah digunakan selama ribuan tahun dalam Pengobatan Tradisional Cina (TCM). Melansir laman Xinhuanet di Zimbabwe,...

Ahli Kesehatan Tradisional Himbau Ramuan Herbal Tak Boleh Diberikan kepada Bayi, Kenapa?

Beberapa waktu lalu, viral soal bayi 54 hari yang meninggal dunia setelah meminum jamu dari campuran daun kecipir dan kencur. Hal ini mengingatkan kita...

Simak Rekomendasi Cara Mengatasi Adiksi Narkoba Menurut Psikolog UI

foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiyaAdiksi narkoba merupakan masalah serius yang menyebabkan dampak negatif tidak hanya pada individu yang mengalami adiksi, tetapi juga pada keluarga dan masyarakat....