Penyebab dan cara mencegah HIV AIDS – HIV (Human Immunodeficiency Virus) dan AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrom) merupakan kedua hal yang berbeda tapi saling memiliki keterkaitan. HIV adalah virus yang menyebabkan AIDS. Maka AIDS adalah penyakit yang disebabkan oleh virus bernama HIV.

Penderita AIDS memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Sehingga rentan sekali terkena penyakit dan infeksi. Hal ini karena virus HIV yang menyerang sel CD4 dalam tubuh yang berperan sebagai sistem imun. Oleh karena itu, tubuh kesulitan dalam melawan penyakit dan infeksi.

Penyakit AIDS ini merupakan penyakit yang perlu diwaspadai. Karena pengidapnya bisa divonis seumur hidup dan hingga sekarang belum ditemukan obat yang bisa menyembuhkannya secara total.

Untuk itu ada baiknya kita perlu mengetahui apa saja sih penyebab dan cara mencegah HIV AIDS? Hal ini agar kita bisa terhindar dari penyakit tersebut.

Penyebab dan Cara Mencegah HIV AIDS

Ada beberapa penyebab yang bisa membuat seseorang terjangkit virus HIV dan divonis mengidap penyakit AIDS. Umumnya, virus ini ditularkan. Berikut adalah beberapa penyebab dan cara mencegahnya:

1. Hubungan Seksual

Penyebab pertama yang sering mengakibatkan HIV dan AIDS adalah hubungan seksual. Dengan melakukan kontak seksual dengan penderita HIV AIDS tanpa menggunakan kondom maka virus HIV bisa menular.

Selain itu, pergaulan sex bebas atau melakukan kontak seksual dengan berganti-ganti pasangan juga bisa menularkan penyakit HIV AIDS.

Cara mencegahnya tentu menghindari hubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan dan hanya melakukan hubungan seksual dengan pasangan yang sah.

2. Menggunakan Jarum Suntik yang Tidak Steril

Penggunaan jarum suntik yang tidak steril bisa saja memicu penularan virus HIV dan penyakit AIDS. Misalnya, seperti jarum suntik atau alat tato yang tidak pernah diganti. Hal ini bisa menimbulkan kontak langsung melalui jarum suntik tersebut.

Untuk mencegah hal ini maka anda harus berhati-hati saat pergi berobat pastikan kepada fasilitas umum atau pada dokter praktek yang memiliki izin.

3. Faktor Keturunan

Ibu yang hamil dengan mengidap HIV dan AIDS bisa menularkan pada bayinya. Hal ini karena darah dan tempat nutrisi bayi ada pada ibunya.

Untuk mengatasi hal ini tentu perlu penanganan medis yang lebih serius.

Itulah tadi beberapa penyebab dan cara mencegah virus HIV dan penyakit AIDS. Ada baiknya anda menjaga pola hidup dan makan sehat. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi sobat sehat semua.