Ketahui Penyebab Kanker Payudara yang Perlu Diwaspadai!

Kanker payudara adalah mimpi buruk bagi setiap wanita. Menurut data Globocan (2012) kanker payudara adalah penyakit kanker yang paling banyak menyerang wanita. Sebesar 43% wanita terkena penyakit kanker ini daripada jenis kanker lainnya dan angka kematian dari 43% mencapai 12%. Sungguh data yang mengerikan bagi wanita kan.

Meski kedengarannya sangat menakutkan bukan berarti kanker payudara tidak bisa disembuhkan. Pengobatan di rumah sakit sangat efektif dilakukan jadi jangan tergiur oleh iklan pengobatan alternatif yang dapat menyembuhkan kanker secara cepat tanpa pengawasan dokter. Mari kita bahas penyebab kanker payudara.

Penyebab Kanker Payudara

Ada beberapa mitos tersebar di masyarakat tentang penyebab kanker payudara. Jika kalian mendengar tentang deodorant, kafein, handphone, dan microwave dapat menyebabkan kanker payudara itu semua adalah mitos belaka. Ada 2 faktor penyebab kanker payudara yang perlu kalian ketahui.

1. Faktor yang Tidak Dapat Dikendalikan

  • Jenis kelamin

Memang jarang sekali kita mendengar ada laki-laki menderita kanker payudara karena faktanya memang wanita beresiko terkena kanker payudara 100x lebih besar daripada laki-laki. Alasannya adalah payudara laki-laki tidak mengalami perkembangan seperti payudara wanita pada umumnya, maka dari itu wanita memiliki resiko lebih tinggi daripada pria.

  • Riwayat keluarga

Misalkan nenek anda menderita kanker payudara maka ibu, bibi, dan cucu perempuannya akan beresiko 2x lebih besar terkena kanker payudara. Hal ini dikarenakan penderita kanker payudara mewarisi kelainan gen yang tentunya menurunkan kondisi tersebut kepada garis keturunannya.

  • Usia

Usia yang rentan terhadap kanker payudara adalah 55 tahun. Di usia tersebut kondisi kinerja tubuh menurun yang membuatnya rentan terhadap penyakit.

  • Riwayat individu

Tetap waspada meskipun anda sudah sembuh dari kanker payudara karena dapat kembali lagi atau jika salah satunya pernah terkena kanker dapat dipastikan payudara yang satunya juga bisa terkena kanker payudara.

BACA JUGA  Titik Akupresur untuk Hidung Tersumbat Secara Efektif

2. Faktor yang Dapat Dikendalikan

  • Makanan

Apa yang kita konsumsi sangatlah berpengaruh pada kondisi tubuh kita. Konsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi sangat beresiko terhadap kanker payudara. Jadi seimbangkan makanan dengan gizi yang diperlukan tubuh.

  • Olahraga

Kurangnya olahraga dapat mempengaruhi kesehatan tubuh dan hormon. Bagi yang rutin melakukan olahraga 4 jam sehari mampu menurunkan sirkulasi hormonal dan proses proliferasi yang akan mencegah terjadinya kanker.

  • Gaya hidup

Gaya hidup zaman sekarang sangat menghawatirkan seperti halnya merokok, minuman keras, dan begadang adalah gaya hidup yang sangat menurunkan kondisi kesehatan tubuh.

TERBARU

Apakah Akupuntur Aman Untuk Anak-anak? Begini Kata Ahli

Akupuntur adalah salah satu bentuk terapi alternatif yang berasal...

Apa itu Terapi Holistik? Simak Penjelasannya dalam Artikel ini

Terapi holistik adalah suatu jenis terapi yang menggabungkan teknik...

Pengobatan Alternatif ini Popular di Indonesia, Apa Saja?

Pengobatan alternatif menjadi pilihan bagi banyak masyarakat Indonesia saat...

Kisah Dokter Paru Atasi Bronkiektasis Dengan Akupuntur Laser

Bronkiektasis adalah kondisi kronis yang menyebabkan saluran udara di...

Trending sebagai Penyebab Zombie di Film, Ternyata ini Manfaat Jamur Cordyceps buat Kesehatan

Baru-baru ini jamur Cordyceps menjadi trending di jagat maya,...

Seminar Zoom PIKTI: Integrative Care for Post Stroke

Seminar untuk umum via Zoom Meeting 📍 Pendaftaran Gratis 📝...

Ini Rempah Alami Indonesia untuk Jaga Kecantikan

foto: Unsplash/Ratul Ghoshfoto: Unsplash/Ratul Ghosh⁹Indonesia memiliki banyak sumber rempah-rempah...

11 Penyembuhan Alternative Kanker Menurut Mayo Clinic

pengobatan alternatif kankerPenderita kanker sering mencari pengobatan alternatif dan...

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala...

Seminar PIKTI: Integrative Care for Chronic Cough

Seminar untuk umum via Zoom Meeting Pendaftaran Gratis 📝 dapat...

Apakah Akupuntur Aman Untuk Anak-anak? Begini Kata Ahli

Akupuntur adalah salah satu bentuk terapi alternatif yang berasal dari Cina kuno. Ini adalah teknik pengobatan yang menggunakan jarum untuk menstimulasi titik-titik spesifik pada...

Apa itu Terapi Holistik? Simak Penjelasannya dalam Artikel ini

Terapi holistik adalah suatu jenis terapi yang menggabungkan teknik tradisional dan non-tradisional untuk membantu individu secara keseluruhan. Berbeda dengan jenis terapi lain, terapi holistik...

Pengobatan Alternatif ini Popular di Indonesia, Apa Saja?

Pengobatan alternatif menjadi pilihan bagi banyak masyarakat Indonesia saat ini. Banyak faktor yang mempengaruhi, seperti harga yang lebih murah dan kurangnya efektivitas pengobatan medis....

Kisah Dokter Paru Atasi Bronkiektasis Dengan Akupuntur Laser

Bronkiektasis adalah kondisi kronis yang menyebabkan saluran udara di paru-paru membesar dan terinfeksi secara terus-menerus. Ini menyebabkan pembentukan dahak yang sulit untuk dikeluarkan dan...

Trending sebagai Penyebab Zombie di Film, Ternyata ini Manfaat Jamur Cordyceps buat Kesehatan

Baru-baru ini jamur Cordyceps menjadi trending di jagat maya, gegara disebut dalam film The Last of Us sebagai penyebab manusia jadi zombie. Apakah cerita...

Seminar Zoom PIKTI: Integrative Care for Post Stroke

Seminar untuk umum via Zoom Meeting 📍 Pendaftaran Gratis 📝 dapat E-Sertifikat (Untuk mendapatkan E-Sertifikat dimohon registrasi dulu & nama saat pendaftaran dan nama di Zoom...