Penyebab suara serak bisa disebabkan oleh beberapa hal. Gejala ini kerap kali dialami pada saat bangun tidur pada pagi hari. Kebanyakan penderita tidak merasakan hal aneh pada bagian tenggorokannya. Karena memang gejala suara serak bisa terjadi kepada siapapun meski mereka dalam kondisi sehat. Hal ini menjadi persamasalahan tersendiri bagi orang yang mengharuskan dirinya berbicara kepada orang lain saat bekerja. Saat mengalami suara serak penderita harus mengeluarkan tenaga lebih untuk berbicara. Ada beberapa hal yang menyebabkan suara menjadi serak diantaranya :

DIDUKUNG OLEH:

Beberapa Penyebab Suara Serak

Terlalu Sering Merokok

Banyak pria yang mengalami suara serak yang disebabkan oleh terlalu sering merokok. Kebiasaan merokok menjadi hal yang tidak perlu dilanjutkan karena kurang baik untuk kesehatan. Terlalu sering merokok dapat membuat pita suara terganggu baik untuk jangka pendek maupun panjang. Pertumbuhan polip dibagian pita suara menyebabkan suara yang keluar menjadi serak. Jangan biasakan untuk merokok apapun alasannya demi kesehatan Anda sekarang ataupun kedepannya.

Sering Berbicara

Terlalu banyak berbicara juga memicu suara menjadi serak ketika bangun tidur. Ini biasanya dialami oleh seorang leader dalam perusahaan atau tim yang selalu berbicara untuk mengatur anggotanya. Apalagi jika mereka sering berbicara dengan nada keras. Selain itu, suara serak juga bisa dialami oleh seorang penyanyi yang memaksa menyanyikan banyak lagu dalam satu malam.

GERD

Perlu diketahui, GERD merupakan kondisi dimana asam lambung naik ke bagian kerongkongan. Hal ini sebenarnya sangat jarang dialami, namun ketika mengalami hal ini, penderita akan merasakan sensasi heartburn. GERD menjadi salah satu penyebab suara serak pada saat bangun tidur. Lakukan pencegahan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan tidak menimbulkan asam lambung.

Alergi

Ketika menderita alergi, lendir akan masuk ke bagian tenggorokan dan dapat menyebabkan iritasi pada pita suara. Hal ini menyebabkan suara menjadi serak yang umumnya terjadi ketika bangun tidur. Segera atasi masalah alergi Anda, penyakit batuk berdahak yang menyebabkan suara serak. Pergi ke dokter untuk memeriksakan kesehatan secara rutin.