Peran Akupuntur KMS Untuk Bantu Rehabilitasi Scoliosis

Peran akupuntur KMS sama dengan akupuntur pada biasanya, yakni untuk mengatasi masalah kesehatan. Namun, akupuntur KMS diklaim bisa membantu pasien rehabilitas scoliosis dan masalah nyeri tulang belakang.

Mengenal Peran Akupuntur KMS Bagi Kesehatan

Akupuntur KMS atau Kiiko Matsumoto’s Style ini merupakan salah satu jenis akupuntur Jepang yang dikembangkan oleh Kiiko Matsumoto. Teknik akupuntur ini merupakan hasil perpaduan dari teknik akupuntur Jepang yang berasal dari Master Kiyoshi Nagano.

Master Kiyoshi Nagano sudah memiliki pengalaman klinis selama puluhan tahun dan memiliki ciri pengobatan akupuntur campuran antara akupuntur Cina klasik dengan pengobatan barat modern.

Kiiko Matsumoto adalah seorang yang dihormati di dunia ilmu akupuntur. Karakteristik dari jenis akupuntur ini ialah penggunaan metode palpasi atau penekanan dan verifikasi titik akupuntur.

- Advertisement -

Akupuntur KMS berfokus pada diagnosis dan terapi sesuai dari akar permasalahan yang menyebabkan keluhan muncul dari tubuh pasien. Kelebihan dari teknik akupuntur ini ialah, teknik penjarumannya tidak menimbulkan sakit.

Teknik akupuntur KMS juga diklaim sangat efektif untuk mengobati pasien scoliosis yang memiliki gangguan pada area tulang belakangnya. Tidak hanya itu, jenis akupuntur ini juga bisa membantu atasi masalah tulang belakang lainnya.

Contohnya, masalah saraf terjepit, trauma dan kekakuan pinggang dan sciatica atau nyeri pada tulang duduk. Terapi ini juga membantu atasi masalah tulang belakang karena dalam penjarumannya tidak menimbulkan efek rasa sakit.

Terapi ini dijuluki sebagai painless acupuncture, karena penjaruman yang dilakukan bersifat superfisial dan jarum yang digunakan pun sangatlah tipis. Ditambah lagi dengan bantuan guide tube yang memberikan efek penyamar saat ditusuk jarum.

Dengan kelebihannya inilah, terapi jenis ini aman dilakukan bagi anak-anak maupun seseorang yang memiliki fobia pada jarum. Anda tetap bisa mengobati penyakit dengan melakukan akupuntur tanpa perlu merasa khawatir.

BACA JUGA  Cara Akupuntur Ringankan Gejala Asma Komorbid Seperti Rina Gunawan

Saat terapi, titik akupuntur yang memberikan efek positif saja yang distimulasi. Hal ini dinilai saat proses palpasi atau perabaan, sehingga efek dari terapi bisa dirasakan saat itu juga oleh pasien.

Peran akupuntur KMS ini bisa dibilang sama saja dengan terapi akupuntur biasanya. Hanya saja, terapi perpaduan antara Jepang dan Cina ini memiliki kelebihan yang membuat para pasien fobia jarum tertarik untuk melakukan terapi.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...