Perbedaan Akupuntur Dan Akupresur Untuk Pengobatan

Apa perbedaan akupuntur dan akupresur? Jika dilihat sekilas, nama dari kedua metode pengobatan ini memiliki kesamaan. Jadi, bisa saja artinya juga sama bukan? Namun siapa sangka jika kedua hal ini ternyata merupakan metode yang berbeda.

Perbedaan Akupuntur dan Akupresur

Metode pengobatan alternatif memiliki bermacam-macam jenis, dan dua diantaranya adalah akupuntur dan akupresur. Keduanya berasal dari TCM atau Traditional Chinese Medicine.

Prinsip pengobatan dari keduanya mirip, namun ada hal yang menjadi perbedaan dasar dari kedua metode pengobatan tersebut. Akupuntur dan akupresur, keduanya sama-sama menstimulasi titik meridian.

Sedangkan perbedaan utama dari kedua metode pengobatan ini ialah pada cara menstimulasi titik meridian tersebut. dengan menstimulasi titik meridian, Qi dalam tubuh akan lancar dan masalah penyakit akan cepat teratasi.

Dalam cara menstimulasinya, akupuntur menggunakan jarum yang sangat halus seperti rambut, sehingga saat menusuk kulit, pasien tidak akan merasakan apapun dan rileks.

Namun, akupresur dalam cara menstimulasi titik meridian menggunakan tekanan jari tangan, telapak tangan, siku atau kaki sebagai alat untuk menstimulasinya.

Efek stimulasi yang dihasilkan oleh akupuntur lebih kuat karena titik yang berhubungan dapat distimulasi sekaligus dalam satu waktu. Bahkan, jenis keluhan yang diobati pun berbeda.

Akupresur bisa digunakan untuk mengatasi keluhan umum yang ringan seperti migrain, mual dan sakit kepala. Sedangkan akupuntur lebih efektif mengatasi masalah yang bersifat kronis.

Masalah bersifat kronis yang dimaksud adalah asma, gangguan pada saraf, gangguan otot dan sendi menahun, alergi, nyeri haid, insomnia, masalah kesuburan, masalah kecantikan, obesitas dan depresi.

Akupuntur pun bisa dikombinasikan dengan ilmu kedokteran modern untuk mencapai hasil yang maksimal. Bahkan, akupuntur tidak hanya mengatasi masalah fisik saja, masalah mental juga bisa diatasi dengan metode pengobatan akupuntur.

BACA JUGA  Kencangkan Wajah Dengan Akupuntur Facelift

Itulah perbedaan akupuntur dan akupresur yang jelas-jelas berbeda namun tetap satu acuan yaitu pada Traditional Chinese Medicine.

Kedua metode ini tentu saja saling melengkapi dan memiliki keefektifannya yang sama unggulnya untuk mengatasi keluhan penyakit yang ada pada manusia dan hewan.

TERBARU

Kisah Dokter Paru Atasi Bronkiektasis Dengan Akupuntur Laser

Bronkiektasis adalah kondisi kronis yang menyebabkan saluran udara di...

Trending sebagai Penyebab Zombie di Film, Ternyata ini Manfaat Jamur Cordyceps buat Kesehatan

Baru-baru ini jamur Cordyceps menjadi trending di jagat maya,...

Seminar Zoom PIKTI: Integrative Care for Post Stroke

Seminar untuk umum via Zoom Meeting 📍 Pendaftaran Gratis 📝...

Ini Rempah Alami Indonesia untuk Jaga Kecantikan

foto: Unsplash/Ratul Ghoshfoto: Unsplash/Ratul Ghosh⁹Indonesia memiliki banyak sumber rempah-rempah...

11 Penyembuhan Alternative Kanker Menurut Mayo Clinic

pengobatan alternatif kankerPenderita kanker sering mencari pengobatan alternatif dan...

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala...

Seminar PIKTI: Integrative Care for Chronic Cough

Seminar untuk umum via Zoom Meeting Pendaftaran Gratis 📝 dapat...

Simak Kegunaan Hipnoterapi Dalam Mengatasi Kecanduan

Hipnoterapi adalah metode pengobatan berbasis bukti yang digunakan untuk...

Mengenal Terapi CBT dan Cara Kerjanya Dalam Mengatasi Adiksi

Cognitive-behavioral therapy (CBT) adalah terapi psikologi yang populer dan...

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal...

Kisah Dokter Paru Atasi Bronkiektasis Dengan Akupuntur Laser

Bronkiektasis adalah kondisi kronis yang menyebabkan saluran udara di paru-paru membesar dan terinfeksi secara terus-menerus. Ini menyebabkan pembentukan dahak yang sulit untuk dikeluarkan dan...

Trending sebagai Penyebab Zombie di Film, Ternyata ini Manfaat Jamur Cordyceps buat Kesehatan

Baru-baru ini jamur Cordyceps menjadi trending di jagat maya, gegara disebut dalam film The Last of Us sebagai penyebab manusia jadi zombie. Apakah cerita...

Seminar Zoom PIKTI: Integrative Care for Post Stroke

Seminar untuk umum via Zoom Meeting 📍 Pendaftaran Gratis 📝 dapat E-Sertifikat (Untuk mendapatkan E-Sertifikat dimohon registrasi dulu & nama saat pendaftaran dan nama di Zoom...

Ini Rempah Alami Indonesia untuk Jaga Kecantikan

foto: Unsplash/Ratul Ghoshfoto: Unsplash/Ratul Ghosh⁹Indonesia memiliki banyak sumber rempah-rempah alami yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Rempah-rempah ini lebih baik digunakan daripada produk...

11 Penyembuhan Alternative Kanker Menurut Mayo Clinic

pengobatan alternatif kankerPenderita kanker sering mencari pengobatan alternatif dan komplementer untuk mengatasi gejala dan efek samping dari perawatan kanker. Pengobatan alternatif biasanya tidak diberikan...

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala dan dimanfaatkan oleh masyarakat dalam upaya preventif, promotif, kuratif dan rehabilitatif. Berikut ini pemaparan dari...