Adakah perbedaan akupuntur dan akupresur? Mungkinkah keduanya merupakan jenis pengobatan yang sama? Simak penjelasan berikut ini.

Kenali Perbedaan Akupuntur dan Akupresur

Seringkali akupuntur dan akupresur disamakan dan diartikan sebagai terapi pengobatan yang sama. Padahal, keduanya jelaslah berbeda.

Akupuntur dan akupresur dilihat dari namanya hampir sama, hanya saja persamaan di antara keduanya terletak di asal muasal terapi ini muncul.

DIDUKUNG OLEH:

Keduanya sama-sama berasal dari Cina, dan sama-sama berlandaskan pada aliran energi dan titik-titik tertentu yang ada di tubuh.

Akupresur dan akupuntur juga bisa mengatasi rasa sakit, cedera dan masalah kesehatan lainnya. Keduanya juga bisa digunakan bersamaan dengan konsumsi obat.

Namun, kedua terapi ini jelaslah berbeda meskipun berasal dari Tiongkok. Lalu, apa perbedaannya?

Akupuntur identik dengan penggunaan jarum khusus yang tipis, dan nantinya jarum tersebut akan ditusukkan pada beberapa titik yang ada di tubuh.

Sedangkan dalam akupresur tidak menggunakan jarum sama sekali. Akupresur hanya mengandalkan pijatan dan tekanan pada titik tertentu.

Kedua terapi ini sama sekali tidak menimbulkan rasa sakit. Rasa sakit yang muncul juga akan berefek pada kesehatan seseorang.

Masalah kesehatan seperti alergi, kecemasan, mual, arthritis, plantar fasciitis, bunion, migrain dan lain sebagainya bisa diatasi dengan kedua terapi tersebut.

Untuk masalah otot, sindrom lorong karpal, ketidaksuburan, asma, depresi, kram menstruasi dan insomnia bisa diatasi lebih cepat dengan akupuntur.

Untuk seseorang yang takut akan jarum, akupresur bisa dijadikan solusi. Terapi ini efektif membantu atasi beberapa masalah kesehatan.

Contohnya seperti migrain, sakit kepala dan juga mual. Masalah kesehatan tersebut bisa diatasi dengan bantuan akupresur.

Anda bisa memilih terapi apapun untuk mengatasi penyakit Anda. Akupuntur dan akupresur ini juga layak dicoba, terlebih lagi kedua terapi ini bisa disatukan dengan konsumsi obat.

BACA JUGA  Perbedaan Antara Terapi Akupuntur Jepang Dan TCM

Pengobatan tradisional Cina tidak hanya akupuntur dan akupresur saja, bekam dan moksibusi juga termasuk dalam pengobatan tradisional Cina.

Bekam dan moksibusi juga memiliki ciri khasnya tersendiri. Bekam menggunakan kop seperti gelas kecil yang diletakkan di permukaan kulit tertentu.

Sedangkan moksibusi adalah suatu terapi pengobatan yang menggunakan tanaman herbal yang dikeringkan lalu dipanaskan di permukaan kulit.