Peringati Hari Akupuntur Sedunia Di Indonesia

Dalam rangka peringati hari akupuntur sedunia ditanggal 15 November nanti, besar harapan para ahli akupuntur pada pemerintah Indonesia untuk lebih memerhatikan terkait profesi akupunturis.
Hal tersebut juga telah dituturkan oleh pakar akupuntur Indonesia, Mochtar Hembing Wijayakusuma. Ia berharap pemerintah khususnya Kemenkes untuk lebih memerhatikan para akupuntur di negara Indonesia.

Peringati Hari Akupuntur Sedunia dan Harapan Pada Pemerintah

Akupuntur merupakan salah satu jenis pengobatan tradisional yang berasal dari Cina dan sudah tersebar luas ke seluruh dunia. Terapi ini diklaim dapat mengobati luka fisik maupun masalah mental yang ada di diri manusia.

Tidak hanya itu, akupuntur juga bermanfaat bagi ibu hamil maupun penderita stroke. Akupuntur juga sudah bisa digunakan sebagai treatment kecantikan hingga cara untuk menurunkan berat badan.

Dalam rangka memperingati hari akupuntur sedunia, pakar akupuntur Mochtar Hembing Wijayakusuma mengharapkan dukungan dari Komisi 1X DPR RI, Kemenkes dan juga pemerintah untuk mendukung para akupuntur Indonesia.

Mochtar telah membuka praktiknya sejak tahun 1986, ia juga mengatakan bahwa hingga saat ini, profesi seorang akupuntur masih ada yang diisi oleh seorang yang bukan lulusan akupuntur.

Tenaga kerja akupuntur ini tentu saja harus diperhatikan, karena menentukan kualitas dan kuantitas terapi tersebut. Hal ini juga berguna untuk meminimalisir adanya klinik yang tidak bertanggung jawab dalam praktiknya.

Mochtar juga mengatakan bahwa saat ini banyak yang belum menyelesaikan kuliah akupunturnya dan belum memiliki izin praktik namun sudah membuka praktik. Hal ini tentu saja harus diperhatikan oleh pemerintah.

Jika masalah ini terus berlanjut, profesi akupuntur di Indonesia tidak akan jelas dan siapapun bisa saja melakukan terapi ini. Mochtar berharap, saat memperingati hari akupuntur sedunia tersebut, pemerintah akan lebih memerhatikan mutu dari terapi akupuntur.

BACA JUGA  Akupuntur Usus Buntu Untuk Mengobati Tanpa Operasi

Dr. Hanung Prasetya, yang merupakan seorang Ketua Jurusan Akupuntur Poltekkes Surakarta, mengatakan bahwa pelayanan akupuntur di Indonesia mengalami perkembangan.

Namun, aturan dan Undang-Undang mengenai akupuntur masih belum sesuai dengan yang diharapkan. Walaupun demikian, akupuntur semakin diminati di kalangan masyarakat.

Jadi, dalam rangka peringati hari akupuntur sedunia nanti, Indonesia telah mengalami perkembangan meskipun lambat. Namun, SDM yang tersedia masih perlu ditingkatkan kualitasnya.

TERBARU

Apakah Akupuntur Aman Untuk Anak-anak? Begini Kata Ahli

Akupuntur adalah salah satu bentuk terapi alternatif yang berasal...

Apa itu Terapi Holistik? Simak Penjelasannya dalam Artikel ini

Terapi holistik adalah suatu jenis terapi yang menggabungkan teknik...

Pengobatan Alternatif ini Popular di Indonesia, Apa Saja?

Pengobatan alternatif menjadi pilihan bagi banyak masyarakat Indonesia saat...

Kisah Dokter Paru Atasi Bronkiektasis Dengan Akupuntur Laser

Bronkiektasis adalah kondisi kronis yang menyebabkan saluran udara di...

Trending sebagai Penyebab Zombie di Film, Ternyata ini Manfaat Jamur Cordyceps buat Kesehatan

Baru-baru ini jamur Cordyceps menjadi trending di jagat maya,...

Seminar Zoom PIKTI: Integrative Care for Post Stroke

Seminar untuk umum via Zoom Meeting 📍 Pendaftaran Gratis 📝...

Ini Rempah Alami Indonesia untuk Jaga Kecantikan

foto: Unsplash/Ratul Ghoshfoto: Unsplash/Ratul Ghosh⁹Indonesia memiliki banyak sumber rempah-rempah...

11 Penyembuhan Alternative Kanker Menurut Mayo Clinic

pengobatan alternatif kankerPenderita kanker sering mencari pengobatan alternatif dan...

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala...

Seminar PIKTI: Integrative Care for Chronic Cough

Seminar untuk umum via Zoom Meeting Pendaftaran Gratis 📝 dapat...

Apakah Akupuntur Aman Untuk Anak-anak? Begini Kata Ahli

Akupuntur adalah salah satu bentuk terapi alternatif yang berasal dari Cina kuno. Ini adalah teknik pengobatan yang menggunakan jarum untuk menstimulasi titik-titik spesifik pada...

Apa itu Terapi Holistik? Simak Penjelasannya dalam Artikel ini

Terapi holistik adalah suatu jenis terapi yang menggabungkan teknik tradisional dan non-tradisional untuk membantu individu secara keseluruhan. Berbeda dengan jenis terapi lain, terapi holistik...

Pengobatan Alternatif ini Popular di Indonesia, Apa Saja?

Pengobatan alternatif menjadi pilihan bagi banyak masyarakat Indonesia saat ini. Banyak faktor yang mempengaruhi, seperti harga yang lebih murah dan kurangnya efektivitas pengobatan medis....

Kisah Dokter Paru Atasi Bronkiektasis Dengan Akupuntur Laser

Bronkiektasis adalah kondisi kronis yang menyebabkan saluran udara di paru-paru membesar dan terinfeksi secara terus-menerus. Ini menyebabkan pembentukan dahak yang sulit untuk dikeluarkan dan...

Trending sebagai Penyebab Zombie di Film, Ternyata ini Manfaat Jamur Cordyceps buat Kesehatan

Baru-baru ini jamur Cordyceps menjadi trending di jagat maya, gegara disebut dalam film The Last of Us sebagai penyebab manusia jadi zombie. Apakah cerita...

Seminar Zoom PIKTI: Integrative Care for Post Stroke

Seminar untuk umum via Zoom Meeting 📍 Pendaftaran Gratis 📝 dapat E-Sertifikat (Untuk mendapatkan E-Sertifikat dimohon registrasi dulu & nama saat pendaftaran dan nama di Zoom...