Peringati Hari Akupuntur Sedunia Di Indonesia

Dalam rangka peringati hari akupuntur sedunia ditanggal 15 November nanti, besar harapan para ahli akupuntur pada pemerintah Indonesia untuk lebih memerhatikan terkait profesi akupunturis.
Hal tersebut juga telah dituturkan oleh pakar akupuntur Indonesia, Mochtar Hembing Wijayakusuma. Ia berharap pemerintah khususnya Kemenkes untuk lebih memerhatikan para akupuntur di negara Indonesia.

Peringati Hari Akupuntur Sedunia dan Harapan Pada Pemerintah

Akupuntur merupakan salah satu jenis pengobatan tradisional yang berasal dari Cina dan sudah tersebar luas ke seluruh dunia. Terapi ini diklaim dapat mengobati luka fisik maupun masalah mental yang ada di diri manusia.

Tidak hanya itu, akupuntur juga bermanfaat bagi ibu hamil maupun penderita stroke. Akupuntur juga sudah bisa digunakan sebagai treatment kecantikan hingga cara untuk menurunkan berat badan.

Dalam rangka memperingati hari akupuntur sedunia, pakar akupuntur Mochtar Hembing Wijayakusuma mengharapkan dukungan dari Komisi 1X DPR RI, Kemenkes dan juga pemerintah untuk mendukung para akupuntur Indonesia.

- Advertisement -

Mochtar telah membuka praktiknya sejak tahun 1986, ia juga mengatakan bahwa hingga saat ini, profesi seorang akupuntur masih ada yang diisi oleh seorang yang bukan lulusan akupuntur.

Tenaga kerja akupuntur ini tentu saja harus diperhatikan, karena menentukan kualitas dan kuantitas terapi tersebut. Hal ini juga berguna untuk meminimalisir adanya klinik yang tidak bertanggung jawab dalam praktiknya.

Mochtar juga mengatakan bahwa saat ini banyak yang belum menyelesaikan kuliah akupunturnya dan belum memiliki izin praktik namun sudah membuka praktik. Hal ini tentu saja harus diperhatikan oleh pemerintah.

Jika masalah ini terus berlanjut, profesi akupuntur di Indonesia tidak akan jelas dan siapapun bisa saja melakukan terapi ini. Mochtar berharap, saat memperingati hari akupuntur sedunia tersebut, pemerintah akan lebih memerhatikan mutu dari terapi akupuntur.

BACA JUGA  Larangan-larangan Setelah Terapi Bekam

Dr. Hanung Prasetya, yang merupakan seorang Ketua Jurusan Akupuntur Poltekkes Surakarta, mengatakan bahwa pelayanan akupuntur di Indonesia mengalami perkembangan.

Namun, aturan dan Undang-Undang mengenai akupuntur masih belum sesuai dengan yang diharapkan. Walaupun demikian, akupuntur semakin diminati di kalangan masyarakat.

Jadi, dalam rangka peringati hari akupuntur sedunia nanti, Indonesia telah mengalami perkembangan meskipun lambat. Namun, SDM yang tersedia masih perlu ditingkatkan kualitasnya.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...