Perkembangan Terapi Akupuntur Di Dunia Barat

Perkembangan terapi akupuntur sudah menyebar hingga berbagai negara. Di mulai dari negara tetangganya, Jepang dan Korea, dan menyebar hingga ke Benua Eropa dan Indonesia.

Terapi asal Cina ini memiliki segudang manfaat untuk mengatasi masalah kesehatan manusia hingga hewan. Tidak hanya itu, terapi ini juga lebih efektif dan diklaim lebih aman untuk dilakukan.

Perkembangan Terapi Akupuntur Di Dunia Barat

Di negara Amerika Serikat, akupuntur sudah berkembang sejak lama di lingkungan China Town di San Fransisco dan juga di New York. Berawal dari seorang wartawan New York, James Barrett Scotty Reston di tahun 1971.

James menuliskan pengalamannya yang diobati oleh seorang dokter bernama Li Chang-yuan. Ia merupakan seorang dokter Cina yang melakukan terapi akupuntur untuk mengobati rasa nyeri yang dialami oleh James.

Lalu, di tahun 1972, Presiden Richard Nixon dan dokter-dokter yang ada di Amerika melakukan kunjungan ke Cina untuk menyaksikan operasi dengan memanfaatkan akupuntur.

Di tahun 1929, Soulie de Morant telah menerjemahkan sebuah buku Akupuntur dan Moksa yang diterjemahkan ke bahasa Perancis. Hal ini mengundang perhatian di berbagai kalangan masyarakat dan akhirnya akupuntur pun berkembang di Perancis.

Hal ini juga menyebabkan munculnya akupuntur dalam pelayanan kesehatan yang ada disamping pengobatan medik konvensional yang sudah lama diterapkan di negara tersebut.

Akupuntur pun berkembang di berbagai negara yang ada di benua Eropa, seperti Jerman, Inggris, Spanyol, Italia dan lain-lain. Bahkan, Jerman telah membuat sebuah buku akupuntur pertama yang dibuat oleh Dr. Engelbrecht Kapfer.

Pelayanan kesehatan di Jerman juga memutuskan persetujuan bahwa terapi akupuntur digunakan untuk mengobati di area lutut dan tulang belakang. Terapi ini juga dijadikan sebagai pengobatan alternatif untuk obati arthritis dan nyeri haid.

BACA JUGA  Rina Nose Idap OCD, Bisakah Disembuhkan Akupuntur?

Karena keefektifan dan banyaknya manfaat yang di dapat dari akupuntur untuk obati masalah kesehatan inilah, terapi asal Cina ini mengalami perkembangan yang pesat.

Bahkan, terapi akupuntur memiliki beragam jenis dan tidak hanya menggunakan jarum saja dalam praktiknya. Kini, mulai dikenal sebutan elektroakupuntur atau akupuntur listrik.

Adapula jenis akupuntur lainnya, seperti akupuntur telinga dan lain sebagainya. Perkembangan terapi akupuntur ini menjelaskan bahwa manfaat dari terapi ini benar adanya dan aman untuk dilakukan dengan ahlinya.

TERBARU

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal...

Mengenal Pengobatan Tradisional khas Bali

Orang Bali hidup dalam dua dunia yang berbeda: dunia...

Kasusnya Mulai Turun di Indonesia, Apa itu Stunting? Bagaimana Mengatasinya dengan Pengobatan Tradisional?

Baru-baru ini Kementerian Kesehatan mengumumkan hasil Survei Status Gizi...

Akupunturis di Zimbabwe Jadikan TCM Terjangkau bagi Penduduk setempat

Akupunktur adalah salah satu bentuk terapi medis alternatif yang...

Ahli Kesehatan Tradisional Himbau Ramuan Herbal Tak Boleh Diberikan kepada Bayi, Kenapa?

Beberapa waktu lalu, viral soal bayi 54 hari yang...

Simak Rekomendasi Cara Mengatasi Adiksi Narkoba Menurut Psikolog UI

foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiyaAdiksi narkoba merupakan masalah serius yang menyebabkan...

Artis Drakor ini Sukses Rampingkan Tubuh dengan Diet Sehat, Bagaimana dengan Terapi Yang Sheng?

Artis cantik pemeran drama Korea 'The Heirs', Park Shin...

Apa itu Terapi Bekam? Apa saja Manfaatnya?

Terapi bekam adalah bentuk pengobatan alternatif yang kuno yang...

Apakah Terapi Akupuntur Efektif untuk Nyeri Punggung, Ini Penjelasan Riset

Akupunktur adalah salah satu teknik pengobatan alternatif yang telah...

Begini Hubungan Antara Trauma Dengan Adiksi Menurut Psikolog UI

Trauma memiliki hubungan yang erat dengan perilaku adiksi terhadap...

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal dari pengobatan tradisional China. Praktiknya melibatkan seorang praktisi yang membakar ramuan moxa pada atau di...

Mengenal Pengobatan Tradisional khas Bali

Orang Bali hidup dalam dua dunia yang berbeda: dunia fisik atau yang disebut sekala dan dunia spiritual atau psikis yang disebut niskala. Dalam pengobatan...

Kasusnya Mulai Turun di Indonesia, Apa itu Stunting? Bagaimana Mengatasinya dengan Pengobatan Tradisional?

Baru-baru ini Kementerian Kesehatan mengumumkan hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) pada anak dan balita. Prevalensi stunting di Indonesia turun dari 24,4 persen di...

Akupunturis di Zimbabwe Jadikan TCM Terjangkau bagi Penduduk setempat

Akupunktur adalah salah satu bentuk terapi medis alternatif yang telah digunakan selama ribuan tahun dalam Pengobatan Tradisional Cina (TCM). Melansir laman Xinhuanet di Zimbabwe,...

Ahli Kesehatan Tradisional Himbau Ramuan Herbal Tak Boleh Diberikan kepada Bayi, Kenapa?

Beberapa waktu lalu, viral soal bayi 54 hari yang meninggal dunia setelah meminum jamu dari campuran daun kecipir dan kencur. Hal ini mengingatkan kita...

Simak Rekomendasi Cara Mengatasi Adiksi Narkoba Menurut Psikolog UI

foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiyaAdiksi narkoba merupakan masalah serius yang menyebabkan dampak negatif tidak hanya pada individu yang mengalami adiksi, tetapi juga pada keluarga dan masyarakat....