Perubahan cuaca dan mengkonsumsi makanan maupun minuman tertentu bisa menimbulkan batuk, atau saat seseorang menghirup asap kendaraan biasanya batuk akan muncul dan tenggorokan akan terasa tidak enak. Pijat refleksi batuk bisa di jadikan salah satu alternatif pengobatan untuk meredakan kondisi ini. Berikut penjelasan singkat mengenai pijat refleksi batuk.

DIDUKUNG OLEH:

Titik Pijat Refleksi untuk Mengobati Batuk

Batuk akan muncul saat seseorang menghirup virus atau kotoran dari lingkungan sekitarnya atau dari makanan yang ia konsumsi. Batuk merupakan suatu penyakit yang datang dari adanya gangguan pada tenggorokan. Pijat refleksi diklaim dapat meredakan batuk yang di derita oleh seseorang. Sebelum itu mari kita pahami mengenai titik refleksi untuk mengobati batuk, yaitu :

a. Titik refleksi di bagian kaki

– Telapak kaki bagian kanan > titik refleksi paru-paru kiri.
– Telapak kaki bagian kiri > titik refleksi paru-paru kanan.
– Punggung kaki > titik refleksi dada, bagian bawah jari tengah kaki kanan dan kiri, dan titik refleksi tenggorokan di bagian sela-sela ibu jari kaki.

b. Titik refleksi di bagian tangan

– Telapak tangan > titik refleksi tenggorokan di bagian bawah sela-sela telunjuk dan jari tengah, dan titik refleksi batuk di bagian bawah ibu jari tangan.
– Punggung tangan > titik refleksi tenggorokan di bagian bawah sela-sela jari manis dan jari tengah, dan titik refleksi dada di bagian bawah titik refleksi tenggorokan di punggung tangan.

Titik Akupresur Batuk

Selanjutnya lakukan pemijatan pada titik-titik akupresur di bawah ini :

a. Syaraf yang terletak di bawah tenggorokan (cekungan antara 2 tulang iga bagian atas).
b. Titiknya terletak di bawah tulang iga bagian atas.
c. Titik di sebelah sendi bahu bagian kiri.
d. Titik di sebelah sendi bahu kanan.
e. Titik di ujung bawah tulang dada bagian tengah.
f. Di bawah tulang tengkorak kepala.
g. Terletak di bagian tulang tengah punggung leher bagian kanan dan kiri.
h. Sebelah tulang belikat atas bagian kanan dan kiri.

Jika sudah memahami titik akupresur dan titik refleksi untuk meredakan batuk di atas, Anda bisa melakukannya dengan tenaga ahli agar lebih optimal. Pijat refleksi batuk ini bisa dilakukan 3 kali sehari selama 3 hari berturut-turut bagi penderita batuk akut dan setelah itu di lanjut dengan terapi selama 1 kali sehari dan rutin hingga batuk sembuh.