Sakit kepala sering di alami oleh siapapun, entah karena sedang dalam kondisi yang kurang sehat atau terlalu pusing memikirkan masalah yang ada. Pijat refleksi sakit kepala bisa dijadikan salah satu alternatif pengobatan untuk meredakan nyeri yang muncul.

DIDUKUNG OLEH:

Pengertian Sakit Kepala

Sakit kepala merupakan rasa nyeri yang muncul di area kepala secara mendadak ataupun bertahap. Nyeri pada kepala ini bisa muncul di seluruh area di kepala ataupun hanya di salah satu sisi saja.

Sakit kepala yang muncul bisa terasa berat ataupun ringan, dan waktu pulihnya bisa memakan waktu beberapa jam atau berhari-hari. Sakit kepala pada umumnya bisa di obati dengan mengkonsumsi obat, namun jika sakit yang muncul cukup serius, Anda bisa memeriksakannya ke dokter.

Pijat Refleksi untuk Mengobati Sakit Kepala

Jika Anda merasakan sakit di area kepala, Anda bisa mencoba dengan melakukan pemijatan pada area-area tertentu, seperti:

a. Telapak Tangan

Sakit kepala bisa di redakan dengan memijat area antara ibu jari dan jari telunjuk dengan menekan area tersebut selama 10 detik hingga muncul rasa sakit lalu lepaskan.

b. Tengkuk Leher

Titik refleksi yang selanjutnya adalah di area tengkuk leher. Tekan bagian tengkuk leher selama 10 detik lalu lepaskan. Ulangi beberapa kali dan sakit kepala serta ketegangan pada saraf bisa di obati.

c. Pergelangan Kaki

Titik pijat refleksi sakit kepala selanjutnya adalah pada area pergelangan kaki. Anda bisa memijat pergelangan kaki kiri atau kanan dengan cara menekan bagian tersebut selama 5 detik, setelah itu pijat dengan gerakan memutar dengan kuat.

d. Pelipis

Hal ini pasti sudah umum untuk di lakukan. Memijat memutar kedua pelipis dengan menggunakan jari telunjuk bersamaan efektif meredakan sakit kepala.

e. Tulang Hidung antara Kedua Mata

Untuk meredakan sakit kepala juga bisa dilakukan pemijatan pada area tulang hidung di antara kedua mata. Menekan dengan kuat bagian ini menggunakan ibu jari dan telunjuk selama 10 detik efektif untuk meredakan sakit kepala.

Beberapa titik pijat refleksi sakit kepala di atas bisa Anda lakukan dirumah sembari menikmati rasa nyeri yang mulai berkurang. Dengan memijat area tersebut, Anda juga bisa merasakan rileks dan menghilangkan stres atau tegang pada otot saraf.