Pilah Pilih Alat Refleksi

Salah satu sarana relaksasi yang tepat untuk menghilangkan pegal dan rasa kaku pada tubuh adalah pijat refleksi. Dilansir dari Wikipedia.org, pijat refleksi merupakan ilmu yang mempelajari tentang pijat di titik-titik tubuh tertentu. Pijat ini dilakukan dengan alat tangan dan benda-benda berupa kayu, plastik atau karet. Praktisi pijat hendaknya mempunyai pengetahuan tentang saraf-saraf manusia.

Pengobatan ini banyak dijumpai di tempat-tempat pijat relaksasi. Umumnya pengobatan yang dilakukan adalah untuk penyakit seperti: sakit jantung, sakit lambung (maag), penyakit kulit, patah tulang, batu ginjal, batu empedu, kencing batu, diabetes melitus, hipertensi, dan sakit pinggang.

Dalam kepercayaan tradisional China, pijatan yang tepat akan memberikan keseimbangan energi pada bagian tubuh yang terhubung. Teknik pijat ini membantu menenangkan sistem saraf pusat, meningkatkan relaksasi, dan mempercepat pemulihan penyakit.

Tak jarang, pemijatan refleksi juga menggunakan alat-alat yang mempermudah praktisi pijat  dalam melakukan pemijatan. Ingin tahu apa saja alat refleksi yang dapat digunakan? Simak, yuk!

  1. Alat pemijat kepala

Pekerjaan atau aktivitas sehari-hari terkadang dapat membuat anda merasa stres dan sakit kepala. Untuk mengatasinya, anda bisa mencoba alat pijat kepala yang tengah viral dibicarakan di media sosial.

Dilansir dari Cnnindonesia.com, alat pijat kepala bokoma merupakan alat pijat yang dapat memperbaiki aliran darah di permukaan kulit kepala. Dokter spesialis saraf, Indah Aprianti Putri menjelaskan alat ini memberikan sensasi untuk kulit kepala.

Menurut indah, alat ini tidak memiliki efek berarti terhadap sistem saraf di kepala. Alat ini justru dapat memberikan manfaat relaksasi.

  1. Alat pemijat wajah

Memijat atau memberikan tekanan pada wajah dapat melancarkan peredaran darah dan membuat kulit jadi semakin kencang. Salah satu alat pemijat wajah yang sering digunakan adalah face roller.

Alat ini umumnya terbuat dari batu alami seperti rose quartz atau topaz berbentuk lonjong. Alat pijat wajah ini diyakini dapat merangsang sistem kelenjar getah bening untuk mengeluarkan racun dan membuat otot wajah jadi lebih kencang.

  1. Alat pemijat kaki
BACA JUGA  Ini Tanaman Herbal yang Dipercaya Obat Gagal Ginjal, Tertarik?

Salah satu alat pemijat kaki yang popular di kalangan masyarakat adalah sandal refleksi. Sandal refleksi dapat meredakan nyeri sendi pada tubuh.

Bentuk sandal ini umumnya sama seperti sama seperti sandal biasa namun terdapat banyak tonjolan pada bagian telapak kaki. Tonjolan ini didesain mengikuti titik refleksi telapak kaki.

Pemakaian sandal refleksi dapat berfungsi sebagai detoksifikasi pada kaki yang bisa menghilangkan racun pada tubuh. Terdapat titik-titik saraf pada tonjolan sandal refleksi yang apabila digunakan dan pengguna sandal merasakan sakit pada titik tertentu dapat menjadi indikasi penyakit atau nyeri tubuh yang sedang diderita.

Sandal refleksi dapat digunakan sebagai alternatif untuk metode terapi kesehatan. Bagaimana menurut kalian tentang manfaat dari alat-alat refleksi tersebut? [kg]

TERBARU

Prof. Sim Kie Jie: “Ingin Terus Menulis Akupuntur untuk Ilmu Pengobatan Tradisional Indonesia”

Situasi pandemi covid-19 lalu, memberi waktu luang bagi Praktisi...

Kiat Kontrol Kadar Gula Darah

Kondisi kadar gula darah yang tinggi biasa dikenal dengan...

Mengenal Brokoli, ‘Si Kribo’ Kaya Vitamin C

Dalam pola makan sehat yang menekankan asupan bergizi seimbang,...

Apa Itu Pijat Refleksi?

Merasa lelah dan jenuh saat bekerja adalah hal yang...

Horor COVID-19 di Tiongkok, Mulai Lockdown!

Seiring dengan kasus yang terus meningkat dan mencapai level...

Cara Sederhana Membuat Jamu

Rempah-rempah merupakan sumber daya alam utama yang dimiliki Indonesia....

Ingin Jajal Terapi Jarum Akupuntur? Ini Efek Samping dan Cara Kerjanya

Akupuntur adalah pengobatan tradisional Tiongkok yang telah dikenal selama...

Mengenal Kulit Pohon Gandarusa yang Ampuh Atasi Rasa Sakit

Tanaman Gandarusa adalah sejenis tanaman perdu dengan karakter daun...

Membuat Jus Tak Perlu Cara Khusus

Mengonsumsi buah secara rutin bisa memberikan banyak manfaat. Mulai...

Opium Sebagai Obat Tradisional yang Efektif

Dalam sejarahnya, masyarakat di seluruh dunia telah secara sengaja...

Prof. Sim Kie Jie: “Ingin Terus Menulis Akupuntur untuk Ilmu Pengobatan Tradisional Indonesia”

Situasi pandemi covid-19 lalu, memberi waktu luang bagi Praktisi senior Akupuntur dan TCM, Prof. Sim Kie Jie untuk menulis buku Ilmu Penyakit Menular Bersifat...

Kiat Kontrol Kadar Gula Darah

Kondisi kadar gula darah yang tinggi biasa dikenal dengan istilah hiperglikemia, istilah ini juga sering dikaitkan dengan diabetes dan pradiabetes. Benar bahwa kamu tidak...

Mengenal Brokoli, ‘Si Kribo’ Kaya Vitamin C

Dalam pola makan sehat yang menekankan asupan bergizi seimbang, brokoli hampir selalu ada di dalam makanan yang wajib untuk dikonsumsi. Meskipun banyak yang tidak...

Apa Itu Pijat Refleksi?

Merasa lelah dan jenuh saat bekerja adalah hal yang wajar, justru hal tersebut merupakan suatu sinyal yang menunjukkan kalau kamu kurang asupan makanan, jarang...

Horor COVID-19 di Tiongkok, Mulai Lockdown!

Seiring dengan kasus yang terus meningkat dan mencapai level tertinggi sejak lockdown Shanghai, Pemerintah China bertahan dengan strategi penahanan COVID-19 yang ketat hampir tiga tahun setelah...

Cara Sederhana Membuat Jamu

Rempah-rempah merupakan sumber daya alam utama yang dimiliki Indonesia. Sejak dahulu, rempah-rempah memiliki manfaat yang sangat banyak. Mulai dari penyedap masakan hingga obat berbagai...