Jerawat memang bukan salah satu penyakit yang membahayakan. Namun, cara mengatasi jerawat tidak boleh sembarangan. Alih-alih ingin jerawat sembuh akhirnya malah semakin banyak (meradang) dan sulit untuk dihilangkan. Untuk menghilangkannya sendiri caranya beragam. Mulai dari cara alami menggunakan bahan herbal hingga menggunakan obat jerawat terbaik yang ada di apotek.

Nah, pada pembahasan kali ini akan membahas mengenai obat jerawat yang ampuh dan aman serta bisa diandalkan untuk menghilangkan jerawat. Obat-obatan ini bisa sobat sehat dapatkan di apotek.

Daftar Rekomendasi Obat Jerawat

Umumnya, obat jerawat adalah obat oles (topikal). Bentuknya bermacam-macam, seperti krim, sabun, gel, losion ataupun salep. Berikut adalah beberapa obat jerawat yang aman dan dapat diandalkan:

1. Asam Salisilat

Obat jerawat terbaik yang pertama ada Asam Salisilat. Obat ini merupakan obat jerawat yang paling umum digunakan. Gangguan kulit seperti komedo dan jerawat-jerawat kecil bisa diatasi menggunakan obat ini. Selain itu, Asam Salisilat berperan dalam mempercepat proses pembentukan sel kulit baru.

Manfaat lain yang bisa sobat gunakan dari obat ini adalah untuk membersihkan pori-pori. Sehingga dapat menghilangkan komedo atau jerawat yang ampuh. Umumnya, obat ini tersedia dalam bentuk krim, lotion dan cairan pembersih muka.

2. Benzoil Peroksida

Kedua, ada Benzoil Peroksida. Obat ini terbilang ampuh untuk mengatasi jerawat ringan hingga jerawat yang sedang meradang. Obat ini akan membunuh bakteri-bakteri pada wajah dan membersihkan sel kulit mati.

Benzoil peroksida umumnya tersedia dalam bentuk krim, salep, gel dan sabun cuci muka. Biasanya dalam waktu 3-4 minggu hasil dari pemakaian obat ini bisa terlihat.

3. Sulfur dan Resorcinol

Terakhir ada obat jerawat Sulfur dan Resorcinol. Kedua, obat ini biasanya akan bergandengan. Dimana ada kandungan Sulfur di situ ada Resorcinol. Keduanya akan saling melengkapi dalam membasmi jerawat. Sulfur berperan dalam mengurangi produksi minyak berlebih dan membersihkan pori-pori yang tersumbat.

Sedangkan, Resorcinol berperan dalam membersihkan sel-sel kulit mati sehingga mencegah timbulnya jerawat dan komedo kembali. Umumnya, Sulfur dan Resorcinol berbentuk krim, losion, sabun, cairan dan jel.

Itulah tadi beberapa obat jerawat terbaik yang bisa sobat sehat gunakan sebagai menghilangkan jerawat. Namun, perlu digaris bawahi karena obat-obatan tersebut merupakan bahan kimia maka ada baiknya untuk ibu hamil dan ibu menyusui perlu mengkonsultasikan terlebih dahulu pada dokter ahli.