Rahasia Pengobatan Tradisional Cina Di Rumah Sakit

Bagaimana rahasia pengobatan tradisional Cina di rumah sakit negara asalnya tersebut? Pengobatan Cina kuno sudah diakui oleh dunia, salah satunya ialah akupuntur.

Karena keefektifannya dalam mengatasi berbagai macam penyakit, WHO mengakui bahwa pengobatan tradisional Cina memang patut diacungi jempol. Simak penjelasannya berikut ini.

Rahasia Pengobatan Tradisional Cina Di RS Cina

Pelayanan kesehatan integratif di negeri tirai bambu, Cina bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu “in person” ataupun “in institution”. Lalu, apa itu integrasi in person yang diterapkan di Cina?

Integrasi “in person” maksudnya adalah 1 orang dapat praktek menggunakan metode pengobatan konvensional atau tradisional. Lalu, di Cina SIP atau Surat Izin Praktik pun terdiri dari 3 jenis.

- Advertisement -

SIP tersebut dibagi menjadi 3 jenis, yaitu SIP untuk dokter tradisional, untuk dokter konvensional dan untuk dokter integratif. Ujian untuk mendapatkan surat izin tersebut juga berbeda.

Di Cina, praktisi integratif dan tradisional diizinkan menggunakan metode diagnosis konvensional, dan pendidikan integratif bisa didapatkan saat menempuh pendidikan S2 dan S3.

Di Cina juga terdapat rumah sakit yang murni tradisional, murni konvensional atau rumah Sakit integratif. Di rumah sakit Cina, pembedahan dan kemoterapi juga radiologi dilakukan dengan pendektaan tradisional.

Pendekatan tradisional yang dimaksud ialah terapi akupuntur, akupresur atau pijat atau tuina, moksibusi, pemberian ramuan herbal godokan yang diberikan rumah sakit, infus maupun topikal.

Terapi tradisional tersebut dilakukan untuk mengurangi efek samping dari kemoterapi, seperti lemah, gelisah, susah tidur, mual dan keluhan nyeri yang dirasakan pasien.

Di negeri tirai bambu, obat yang digunakan bisa berupa obat yang mengkombinasikan bahan alam dan bahan kimia obat. Di Indonesia, hal tersebut tidak diizinkan.

BACA JUGA  Mengobati Penderita Autisme Dengan Terapi Akupuntur

Demi melestarikan pengobatan tradisional, masyarakat Cina ikut menghidupi tradisi kesehatan mereka dan tidak meninggalkan warisan leluhur mereka untuk memelihara kesehatan.

Traditional Chinese Medicine atau TCM dianggap sebagai warisan leluhur yang merupakan aset berharga sehingga semua pihak bisa turut andil dalam mengembangkan dan melestarikan pengobatan tradisional ala Cina.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...