Rasa Kantuk Menghadang Bisa Diatasi Akupresur

Ketika rasa kantuk menghadang, segala aktivitas akan terasa berat dan terganggu. Rasa malas akan muncul dan keinginan untuk tidur semakin tinggi. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Ternyata akupresur salah satu caranya. Selain bisa membantu mengatasi insomnia, terapi ini juga bisa menambah energi dan juga mengusir rasa kantuk di tengah aktivitas.

Cara Usir Rasa Kantuk Menghadang

Rasa kantuk sering muncul secara tiba-tiba. Biasanya hal ini muncul karena tubuh sudah terlalu lelah dan membutuhkan istirahat, atau mungkin karena semalam begadang dan tidak memiliki cukup waktu tidur.

Rasa ngantuk yang muncul secara tiba-tiba ini, tentu saja sangat mengganggu aktivitas. Apalagi jika sedang bekerja atau sekolah, pekerjaan dan waktu belajar di sekolah menjadi kurang efektif dan konsentrasi pun berkurang.

- Advertisement -

Untuk mengatasinya, seseorang bisa saja menempelkan koyo panas di area pelipis atau mengunyah permen yang asam agar rasa mengantuk hilang. Padahal, ada cara lain yang terbukti efektif bisa menyegarkan tubuh kembali.

Cara itu adalah menggunakan terapi akupresur. Terapi pijat ini diklaim efektif untuk mengusir kantuk dan juga mengembalikan semangat. Cara akupresur jelas berbeda dengan akupuntur.

Meskipun keduanya memiliki nama yang hampir sama, dalam praktiknya jelas berbeda. Akupuntur menggunakan jarum sedangkan akupresur tidak. Terapi ini hanya mengandalkan kekuatan tangan terapis.

Berikut ini beberapa titik akupresur yang diklaim dapat membantu usir kantuk yang menghadang secara tiba-tiba di tengah aktivitas, yaitu:

1. Bawah lutut

Letak titik ini sekitar 3 inci di bawah lutut. Anda bisa menekan titik ini untuk menambah energi dan mengusir rasa lelah serta kantuk.

2. Tengah kepala

Titik ini terletak di bagian antara kedua alis atau tengah kepala. Anda bisa menekan titik ini sembari memejamkan mata selama beberapa detik. Menekan titik ini dengan ibu jari membantumu menambah energi dan tentunya mengusir rasa ngantuk.

BACA JUGA  Seimbangkan Hormon Pasca Melahirkan Seperti Nikita Willy, Akupuntur Bisa Membantu?

3. Dasar tengkorak

Titik ini terletak di tengkuk atau leher bagian belakang, disebut juga dengan dasar tengkorak. Anda bisa menekan dan memijat kedua sisi titik ini dengan tekanan sedang hingga rileks dan rasa kantuk hilang.

Ketiga titik tersebut bisa Anda temukan dengan mudah. Cara menstimulasinya pun mudah dan tak membutuhkan banyak alat. Anda bisa melancarkan pijatan dengan bantuan minyak esensial agar tubuh terasa lebih rileks lagi.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...