Rekomendasi 5 Minuman Khas Bali yang Baik untuk Kesehatan

Bali, pulau eksotis di Indonesia, tidak hanya terkenal dengan keindahan pantainya yang menakjubkan, tetapi juga dengan budaya dan kuliner khasnya. Salah satu daya tarik kuliner yang tak boleh dilewatkan adalah minuman khas Bali yang tidak hanya lezat, tetapi juga memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai minuman khas Bali yang baik untuk kesehatan, mengungkap bahan-bahan alami dan ramuan tradisional yang digunakan, serta menjelaskan manfaat kesehatan yang terkait dengan setiap minuman. Dengan melansir laman Pergi Kuliner, berikut ini adalah beberapa rekomendasinya.

1. Tambring

Tambring adalah minuman khas Bali yang menyerupai es kopyor atau es kelapa. Meskipun tampak serupa secara penampilan, namun rasa keduanya memiliki perbedaan yang mencolok. Tambring merupakan campuran kelapa muda, asam jawa, dan putih telur yang membentuk sebuah es yang segar dan memiliki keunikan tersendiri. Kombinasi segarnya dengan rasa asam yang menyatu menghasilkan minuman yang unik dan memberikan manfaat kesehatan yang tak terbantahkan.

Baca juga: Rekomendasi 7 Minuman Herbal Penurun Kolesterol yang Mudah Dibuat

- Advertisement -

2. Loloh

Loloh, yang dikenal juga sebagai loloh cemcem, memiliki makna “jamu” dalam bahasa Bali. Namun, loloh ini berbeda dengan jamu pada umumnya. Loloh cemcem terbuat dari daun cemcem, yang memberikan warna hijau yang pekat.

Meskipun berwarna hijau, loloh memiliki kombinasi rasa pedas, asam, manis, dan asin. Menarik, bukan? Minuman ini biasanya dijajakan oleh pedagang keliling. Untuk memberikan kesegaran ekstra, loloh biasanya disajikan dengan serutan kelapa dan es batu.

3. Brem

Brem yang terdapat di Bali memiliki perbedaan dengan Brem yang dikenal di daerah Jawa Timur. Di Bali, Brem merupakan salah satu minuman khas yang sangat populer. Minuman ini sering dihidangkan dalam acara-acara khusus. Brem di Bali dibuat dari ketan merah yang mengalami proses fermentasi dengan ragi, yang memberikan kadar alkohol pada minuman ini.

BACA JUGA  Makanan Tradisional Mediterania ini Disebut Bisa Bantu Turunkan Risiko Demensia

4. Es Bir

Jika kamu mendengar nama “es bir”, mungkin kamu akan mengasumsikan bahwa minuman ini memiliki kandungan alkohol. Tapi, kali ini anggapan Anda salah! Meskipun disebut “es bir”, minuman ini sebenarnya tidak mengandung alkohol sama sekali.

Baca juga: 8 Minuman Kesehatan Terbaik menurut Ahli Nutrisi ini

Es bir terbuat dari perpaduan kelapa muda dan perasan jeruk nipis, yang menghasilkan rasa segar yang asam. Meskipun namanya mirip, es bir adalah minuman yang sepenuhnya bebas alkohol namun tetap menyajikan kelezatan dan kesegaran yang tak tertandingi.

5. Es Daluman

Salah satu minuman khas Bali yang terakhir adalah es daluman, yang terdiri dari cincau hijau yang dicampur dengan butiran sagu berwarna merah muda, kelapa muda, es serut, gula merah, dan sirup merah. Es daluman diyakini memiliki manfaat untuk menurunkan panas dalam tubuh karena tingginya kandungan vitamin C yang terdapat di dalamnya.

Nah, itu dia beberapa rekomendasi minuman khas Bali yang baik untuk kesehatan sekaligus menyegarkan. Kalau Anda punya kesempatan untuk berkunjung ke pulau dewata, jangan lupa untuk mencoba minuman-minuman di atas, ya!

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...