Rekomendasi 7 Minuman Herbal Penurun Kolesterol yang Mudah Dibuat

Aroma sejuk minuman herbal memang memiliki daya tarik tersendiri, terutama bagi mereka yang ingin menurunkan kadar kolesterol dengan cara alami. Semakin banyaknya orang yang mengadopsi gaya hidup sehat membuat minuman herbal penurun kolesterol menjadi pilihan populer dalam upaya mencapai tujuan ini.

Dengan melansir laman Fimela, dalam artikel ini kita akan menjelajahi beragam minuman herbal yang terbukti efektif dalam menurunkan kadar kolesterol, serta mengungkap bagaimana cara membuatnya di rumah. Siapkan diri Anda untuk menemukan berbagai pilihan segar dan alami yang dapat membantu meraih keseimbangan kolesterol yang diinginkan.

Baca juga: 8 Minuman Kesehatan Terbaik menurut Ahli Nutrisi ini

1. Minuman beras kencur

Beras Kencur bisa menjadi bahan minuman herbal penurun kolesterol yang ampuh dan mudah dibuat di rumah. Herbal ini telah lama dikenal dengan khasiatnya dalam meningkatkan stamina dan kesehatan. Untuk membuat minumannya, Anda membutuhkan 150 g beras, 250 g kencur, 2 cm jahe, 250 g gula jawa, 3-4 sdm gula pasir, 2 liter air, dan 1/4 sdt garam.

- Advertisement -

Cara membuat

  • Pertama, rendam beras selama 3-6 jam. Selanjutnya, kupas bersih jahe dan kencur, dan sisihkan.
  • Didihkan air dalam panci, lalu masukkan gula jawa yang sudah diiris tipis. Tambahkan garam dan gula pasir, dan masak hingga mendidih. Tes rasa, lalu angkat panci dari api dan tunggu hingga larutan gula dingin. Setelah dingin, saring air gula tersebut dan sisihkan.
  • Tiriskan dan cuci beras, lalu sangrai hingga kering dan berwarna kecokelatan. Setelah itu, tumbuk atau blender beras sampai halus dan lembut.
  • Ulek atau blender kencur dan jahe hingga halus, lalu campurkan dengan air gula dan beras yang telah ditumbuk tadi. Aduk rata hingga tercampur sempurna.
  • Selanjutnya, saring campuran jamu beras kencur ke dalam wadah lain atau botol-botol. Simpan minuman ini dalam kulkas agar tetap segar dan dingin. Minuman Beras Kencur siap dinikmati sebagai minuman penyegar dan penguat stamina.

Dengan rasa yang khas dan manfaat kesehatan yang terkandung di dalamnya, Minuman Beras Kencur menjadi pilihan yang baik untuk menyegarkan tubuh dan menjaga kesehatan Anda.

2. Minuman kunyit temulawak

Minuman herbal penurun kolesterol selanjutnya berasal dari campuran kunyit dan temulawak. Untuk membuat ini Anda membutuhkan 100 gram temulawak, 50 gram kunyit, 50 gram jahe emprit, 1 sendok teh gula, dan 300 ml air.

Cara membuat

  • Langkah pertama adalah mencuci bersih temulawak, kunyit, dan jahe emprit, kemudian memotongnya tipis-tipis agar mudah direbus.
  • Rebus semua bahan dengan air hingga mendidih. Pastikan semua bahan terendam air dengan baik.
  • Setelah air mulai sedikit menyusut, matikan kompor. Hal ini menunjukkan bahwa ramuan sudah matang dan kaya akan khasiat.
  • Terakhir, saring jamu dengan menggunakan saringan halus atau kain bersih untuk mendapatkan tekstur yang halus. Anda dapat menikmati jamu ini saat masih hangat untuk efek yang lebih terasa.
BACA JUGA  6 Makanan Sehat Ini Bantu Penyembuhan Demam Berdarah

Dengan menggunakan kombinasi temulawak, kunyit, dan jahe emprit, jamu ini memberikan manfaat kesehatan yang beragam. Dengan mengonsumsinya secara teratur, Anda dapat merasakan manfaat dari ketiga bahan alami ini. Nikmati segarnya jamu ini untuk meningkatkan kesehatan secara alami.

3. Susu kedelai

Minuman herbal penurun kolesterol juga dapat ditemukan dalam bentuk susu kedelai. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat minuman ini adalah 300 gram kacang kedelai, 150 gram gula, ½ sendok teh vanili, ½ sendok teh garam, dan 1,5 liter air mineral.

Baca juga: 4 Rekomendasi Bahan Herbal untuk Kesehatan Ginjal

Cara membuat

  • Pertama, rendam kacang kedelai dalam air semalaman dan kemudian cucilah hingga bersih. Setelah itu, remas kacang untuk mengupas kulit arinya, pastikan kulitnya terkelupas dengan bersih agar susu tidak menjadi langu. Setelah kacang kedelai bersih dari kulit arinya, cuci lagi kacang kedelai dan rebus selama 5 menit.
  • Selanjutnya, siapkan blender dan masukkan kedelai yang sudah direbus dan air mineral. Blender hingga menjadi bubur halus seperti tekstur susu kedelai.
  • Setelah itu, saring susu kedelai menggunakan kain dan remas hingga kacang kedelai benar-benar kering. Selanjutnya, siapkan panci dan masukkan sari kedelai, gula, vanili, dan garam. Rebus selama 5 menit sambil diaduk. Jika ada buih yang terbentuk, angkat dan buang buih tersebut.
  • Setelah itu, susu kedelai siap dinikmati.

4. Minuman sereh jeruk nipis

Salah satu minuman herbal penurun kolesterol yang bisa Anda coba adalah minuman sereh jeruk nipis. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuatnya adalah 2 batang sereh yang telah digeprek, 1 kantong teh celup, 1 buah jeruk nipis, gula pasir secukupnya, 300 ml air, dan 150 ml air panas.

Cara membuat

  • Langkah pertama adalah merebus sereh dengan 400 ml air hingga mendidih dan mengeluarkan aroma wangi. Setelah mendidih, matikan api.
  • Selanjutnya, seduh teh dan gula dengan 200 ml air panas. Aduk hingga gula larut dengan baik.
  • Tambahkan 1 sendok teh air perasan jeruk nipis ke dalam ramuan teh tersebut.
  • Minuman sereh jeruk nipis yang segar dan bermanfaat untuk menurunkan kolesterol siap untuk dinikmati.

Dengan mengkonsumsi secara rutin, minuman herbal ini dapat membantu dalam menjaga kadar kolesterol yang sehat dalam tubuh Anda.

5. Minuman kunyit jahe

Salah satu minuman herbal penurun kolesterol yang dapat Anda coba adalah minuman kunyit jahe. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuatnya dengan bahan-bahan berikut: 4 cm kunyit, 2 cm jahe, 1 lembar daun pandan, 400 ml air, 1 sendok makan madu/gula, dan 1/2 buah jeruk nipis.

Cara membuat

  • Mulailah dengan mengupas jahe dan kunyit, lalu iris keduanya secara tipis. Iris juga daun pandan dengan ketebalan yang serupa.
  • Rebus air hingga mendidih, kemudian masukkan kunyit, jahe, dan daun pandan ke dalam air rebusan tersebut.
  • Masaklah selama 2-3 menit atau sampai aroma yang dihasilkan terasa harum.
  • Tuangkan larutan minuman ke dalam gelas-gelas sambil menyaringnya. Tambahkan madu atau gula secukupnya, lalu aduk rata.
  • Minuman kunyit jahe yang menyehatkan dan bermanfaat dalam menurunkan kolesterol siap dinikmati. Jika diinginkan, tambahkan perasan jeruk nipis untuk memberikan rasa segar pada minuman ini.
BACA JUGA  Ikuti Advis Akupunturis, Seniman ini Berhenti Konsumsi Makanan Dingin, Kenapa?

Dengan rutin mengonsumsi minuman herbal ini, Anda dapat membantu menjaga kadar kolesterol yang sehat dalam tubuh Anda. Selamat menikmati kelezatan dan manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh minuman kunyit jahe ini.

6. Jus Seledri

Minuman herbal penurun kolesterol selanjutnya yang dapat Anda coba adalah jus seledri. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuatnya dengan bahan-bahan berikut: 2 batang seledri besar (atau 4 batang seledri kecil), setengah buah apel, 1 sendok makan perasan lemon, 1 sendok makan madu, dan secukupnya air es.

Cara membuat

  • Mulailah dengan memasukkan semua bahan ke dalam blender dan haluskan hingga tercampur sempurna.
  • Tuangkan jus yang dihasilkan ke dalam gelas dan tambahkan madu. Aduk rata hingga madu tercampur dengan baik dalam jus.
  • Minuman jus seledri yang menyegarkan dan memiliki manfaat penurun kolesterol siap untuk dinikmati.

Dengan rutin mengonsumsi jus seledri ini, Anda dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Nikmati kelezatan dan manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh minuman herbal ini.

7. Teh bunga telang

Rekomendasi minuman herbal penurun kolesterol terakhir dapat Anda coba adalah teh bunga telang. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuatnya dengan bahan-bahan berikut: 400 ml air, 5-10 keping bunga telang kering, 1 lembar daun pandan, 1 batang serai, gula secukupnya, dan jeruk nipis sebagai pilihan.

Baca juga: Wajib Tahu! Ini 6 Teh Herbal yang Ampuh Redakan Perut Kembung

Cara membuat

  • Mulailah dengan mengiris tipis serai dan daun pandan. Kemudian, rebus serai dan daun pandan dengan 500 ml air.
  • Setelah air mendidih, masak selama sekitar 2 menit lagi agar aroma harum terlepas. Setelah itu, tambahkan bunga telang kering dan aduk hingga warnanya berubah menjadi kebiruan.
  • Tuangkan air sambil menyaringnya ke dalam cangkir teh, tambahkan gula secukupnya sesuai selera. Sajikan teh bunga telang saat masih hangat.
  • Jika Anda ingin memberikan warna ungu pada teh bunga telang, Anda dapat menambahkan perasan jeruk nipis secukupnya sesuai dengan selera.
  • Minuman teh bunga telang yang menyegarkan dan berkhasiat dalam menurunkan kolesterol siap untuk dinikmati.

Dengan rutin mengonsumsi teh bunga telang ini, Anda dapat membantu menjaga kadar kolesterol yang sehat dalam tubuh Anda. Nikmati kelezatan dan manfaat kesehatan yang ditawarkan oleh minuman herbal ini.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...