RS Di Bali Sediakan Pelayanan Kesehatan Tradisional

Di kabarkan setiap RS di Bali akan menyediakan layanan kesehatan tradisional seperti akupuntur dan herbal. Hal ini sesuai dengan perintah dari Gubernur Bali Wayan Koster.

Pelayanan Kesehatan Tradisional Di Bali

Gubernur Bali Wayan Koster telah mewajibkan seluruh rumah sakit, baik negeri maupun swasta untuk menyediakan layanan kesehatan tradisional. Layanan yang dimaksud adalah akupuntur, energi prama, pemberian ramuan herbal hingga hypnoterapi.

Hal ini tentu saja tidak boleh dilakukan sembarang orang. Petugas yang memberikan pengobatan juga harus memenuhi syarat, salah satunya adalah memiliki Surat Terdaftar Penyehat Tradisional atau STPT.

Selain memiliki surat tersebut, petugas yang memberikan pengobatan juga harus memenuhi syarat lain seperti memiliki kompetensi di bidangnya dan minimal lulusan D3 di bidang kesehatan tradisional.

- Advertisement -

Pelayanan kesehatan tradisional ini sesuai dengan Pergub Bali nomor 55 tahun 2019. Gubernur Koster mewajibkan seluruh rumah sakit untuk menyediakan jasa pengobatan tradisional karena, sebagai upaya untuk meningkatkan perekonomian.

Gubernur Koster juga mengatakan bahwa kebijakan ini merupakan yang pertama di Indonesia. Salah satu fasilitas kesehatan yang telah menerapkan kebijakan ini ialah RSUP Sanglah, Denpasar.

Gubernur Koster melakukan kebijakan ini juga bertujuan untuk membuka lapangan kerja baru karena bagian layanan kesehatan tradisional membutuhkan orang yang memang ahli di bidang tersebut.

Ia juga mengatakan akan membuat industri ramuan herbal dari tanaman tradisional. Dalam Pergub nomor 55 tahun 2019, pelayanan kesehatan di Bali dibagi menjadi 3 jenis, yaitu:

– Empiris

Petugas yang memberikan pengobatan, wajib memiliki STPT, dan dalam rangka upaya preventif dan promotif, harus sesuai dengan pendekatan akar budaya Bali.

– Integrasi

Dilakukan secara bersama oleh tenaga kesehatan tradisional dan tenaga kesehatan lain untuk perawatan pasien dan diselenggarakan di fasilitas pelayanan kesehatan.

BACA JUGA  Akupuntur Untuk Bayi Sungsang Di Masa Kehamilan

– Komplementer

Dilakukan oleh tenaga kesehatan tradisional yang telah menempuh pendidikan minimal setara D3 yang memiliki kompetensi sebagai penyehat tradisional Bali. Jenis ini bisa dilakukan di praktik mandiri tenaga kerja dan fasilitas pelayanan kesehatan.

Dengan diberlakukannya kebijakan RS di Bali ini, artinya pengobatan tradisional memiliki fungsi yang sama pentingnya dengan pengobatan biasa. Selain itu, pengobatan tradisional juga lebih aman dan efektif untuk dilakukan.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...