Rumah Sakit Di Bali Mulai Membuka Layanan Akupuntur

Akupuntur merupakan salah satu pengobatan tradisional yang diminati sebagian besar masyarakat. Kini, salah satu Rumah Sakit di Bali mulai membuka pelayanan pengobatan akupuntur.

Hal ini tentu saja membuktikan bahwa akupuntur memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan dan bisa dijadikan sebagai pengobatan tambahan selain pengobatan medis yang dilakukan oleh dokter.

Rumah Sakit Di Bali, RSUP Sanglah Membuka 3 Layanan Sekaligus

Salah satu Rumah Sakit di Bali, yaitu RSUP Sanglah Denpasar, telah membuka sebuah unit pelayanan baru untuk masyarakat. Rumah Sakit terbesar di pulau dewata Bali ini telah membuka pelayanan pengobatan tradisional dan komplementer.

Pelayanan ini telah resmi dibuka sejak tanggal 3 Desember 2019. Baru saja resmi dibuka, pelayanan poliklinik tradisional dan komplementer ini telah membuka 3 jenis pelayanan sekaligus.

Pelayanan tersebut ialah pelayanan akupuntur, hipnoterapi dan energi prana. Menurut I Ketut Sudartana, yang merupakan seorang Direktur Medik dan Perawatan mengatakan sudah sejak lama ingin membuka pelayanan ini, namun selalu terbentur dengan beberapa pengaturan.

Saat ini Permenkes atau Peraturan Menteri Kesehatan RI, telah mengeluarkan peraturan nomor 37 tahun 2017 tentang Pelayanan Kesehatan Tradisional Integrasi. Pasal 1 ayat (1) dijelaskan tentang pengertian dari pelayanan tersebut.

Isi dari pasal tersebut ialah, Pelayanan Kesehatan Tradisional Integrasi merupakan suatu pelayanan kesehatan yang mengkombinasikan pelayanan kesehatan tradisional komplementer dan konvensional yang bersifat sebagai pelengkap maupun pengganti dalam keadaan tertentu.

Pelayanan kesehatan tradisional di RSUP Sanglah juga memfasilitasi pelayanan ini dengan dokter dan perawat yang memiliki sertifikat. Sudartana juga menjelaskan bahwa pelayanan ini belum bisa digunakan melalui BPJS.

Oleh karena itu, pelayanan ini hanya bisa dilakukan bagi pasien umum. Bahkan, sosialisasi juga sudah diselenggarakan ke berbagai komponen masyarakat. Tidak hanya itu, brosur juga sudah disebarkan ke berbagai lapisan masyarakat yang ada di Bali maupun luar Bali.

BACA JUGA  Cut Tari Tetap Sehat Jelang Menopause, Pakai Kiat Akupuntur?

Rumah Sakit ini juga sudah memiliki rencana untuk bekerja sama dengan travel agent dan hotel untuk mengenalkan pelayanan kesehatan tradisional ini.

Jadi, pengobatan tradisional memang sudah dipercaya memiliki kesamaan fungsi dan keefektifan yang bagus dalam dunia kesehatan.

Contohnya yang diterapkan Rumah Sakit di Bali ini, membuka pelayanan pengobatan tradisional sebagai pelengkap maupun pengganti pengobatan medis. Tentu saja dengan tenaga ahli yang bersertifikasi.

TERBARU

Kasusnya Mulai Turun di Indonesia, Apa itu Stunting? Bagaimana Mengatasinya dengan Pengobatan Tradisional?

Baru-baru ini Kementerian Kesehatan mengumumkan hasil Survei Status Gizi...

Akupunturis di Zimbabwe Jadikan TCM Terjangkau bagi Penduduk setempat

Akupunktur adalah salah satu bentuk terapi medis alternatif yang...

Ahli Kesehatan Tradisional Himbau Ramuan Herbal Tak Boleh Diberikan kepada Bayi, Kenapa?

Beberapa waktu lalu, viral soal bayi 54 hari yang...

Simak Rekomendasi Cara Mengatasi Adiksi Narkoba Menurut Psikolog UI

foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiyaAdiksi narkoba merupakan masalah serius yang menyebabkan...

Artis Drakor ini Sukses Rampingkan Tubuh dengan Diet Sehat, Bagaimana dengan Terapi Yang Sheng?

Artis cantik pemeran drama Korea 'The Heirs', Park Shin...

Apa itu Terapi Bekam? Apa saja Manfaatnya?

Terapi bekam adalah bentuk pengobatan alternatif yang kuno yang...

Apakah Terapi Akupuntur Efektif untuk Nyeri Punggung, Ini Penjelasan Riset

Akupunktur adalah salah satu teknik pengobatan alternatif yang telah...

Begini Hubungan Antara Trauma Dengan Adiksi Menurut Psikolog UI

Trauma memiliki hubungan yang erat dengan perilaku adiksi terhadap...

Viral Gegara Wanita asal Negeri Kangguru, Apa itu Kondisi Gigantomastia?

Belum lama ini, media memberitakan seorang wanita asal Australia...

Apakah Timur Tengah Menggeliat Jadi Destinasi Wisata Kesehatan Besar Masa Depan?

Timur Tengah di masa depan akan menjadi destinasi wisata...

Kasusnya Mulai Turun di Indonesia, Apa itu Stunting? Bagaimana Mengatasinya dengan Pengobatan Tradisional?

Baru-baru ini Kementerian Kesehatan mengumumkan hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) pada anak dan balita. Prevalensi stunting di Indonesia turun dari 24,4 persen di...

Akupunturis di Zimbabwe Jadikan TCM Terjangkau bagi Penduduk setempat

Akupunktur adalah salah satu bentuk terapi medis alternatif yang telah digunakan selama ribuan tahun dalam Pengobatan Tradisional Cina (TCM). Melansir laman Xinhuanet di Zimbabwe,...

Ahli Kesehatan Tradisional Himbau Ramuan Herbal Tak Boleh Diberikan kepada Bayi, Kenapa?

Beberapa waktu lalu, viral soal bayi 54 hari yang meninggal dunia setelah meminum jamu dari campuran daun kecipir dan kencur. Hal ini mengingatkan kita...

Simak Rekomendasi Cara Mengatasi Adiksi Narkoba Menurut Psikolog UI

foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiyaAdiksi narkoba merupakan masalah serius yang menyebabkan dampak negatif tidak hanya pada individu yang mengalami adiksi, tetapi juga pada keluarga dan masyarakat....

Artis Drakor ini Sukses Rampingkan Tubuh dengan Diet Sehat, Bagaimana dengan Terapi Yang Sheng?

Artis cantik pemeran drama Korea 'The Heirs', Park Shin Hye, menyita perhatian publik ketika membagikan menu diet sehatnya, untuk mendapatikan kembali tubuh langsing. Melansir...

Apa itu Terapi Bekam? Apa saja Manfaatnya?

Terapi bekam adalah bentuk pengobatan alternatif yang kuno yang telah digunakan selama ribuan tahun. Dari budaya Mesir kuno hingga Cina dan Timur Tengah, terapi...