Rumah Sakit Di Bali Mulai Membuka Layanan Akupuntur

Akupuntur merupakan salah satu pengobatan tradisional yang diminati sebagian besar masyarakat. Kini, salah satu Rumah Sakit di Bali mulai membuka pelayanan pengobatan akupuntur.

Hal ini tentu saja membuktikan bahwa akupuntur memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan dan bisa dijadikan sebagai pengobatan tambahan selain pengobatan medis yang dilakukan oleh dokter.

Rumah Sakit Di Bali, RSUP Sanglah Membuka 3 Layanan Sekaligus

Salah satu Rumah Sakit di Bali, yaitu RSUP Sanglah Denpasar, telah membuka sebuah unit pelayanan baru untuk masyarakat. Rumah Sakit terbesar di pulau dewata Bali ini telah membuka pelayanan pengobatan tradisional dan komplementer.

Pelayanan ini telah resmi dibuka sejak tanggal 3 Desember 2019. Baru saja resmi dibuka, pelayanan poliklinik tradisional dan komplementer ini telah membuka 3 jenis pelayanan sekaligus.

- Advertisement -

Pelayanan tersebut ialah pelayanan akupuntur, hipnoterapi dan energi prana. Menurut I Ketut Sudartana, yang merupakan seorang Direktur Medik dan Perawatan mengatakan sudah sejak lama ingin membuka pelayanan ini, namun selalu terbentur dengan beberapa pengaturan.

Saat ini Permenkes atau Peraturan Menteri Kesehatan RI, telah mengeluarkan peraturan nomor 37 tahun 2017 tentang Pelayanan Kesehatan Tradisional Integrasi. Pasal 1 ayat (1) dijelaskan tentang pengertian dari pelayanan tersebut.

Isi dari pasal tersebut ialah, Pelayanan Kesehatan Tradisional Integrasi merupakan suatu pelayanan kesehatan yang mengkombinasikan pelayanan kesehatan tradisional komplementer dan konvensional yang bersifat sebagai pelengkap maupun pengganti dalam keadaan tertentu.

Pelayanan kesehatan tradisional di RSUP Sanglah juga memfasilitasi pelayanan ini dengan dokter dan perawat yang memiliki sertifikat. Sudartana juga menjelaskan bahwa pelayanan ini belum bisa digunakan melalui BPJS.

Oleh karena itu, pelayanan ini hanya bisa dilakukan bagi pasien umum. Bahkan, sosialisasi juga sudah diselenggarakan ke berbagai komponen masyarakat. Tidak hanya itu, brosur juga sudah disebarkan ke berbagai lapisan masyarakat yang ada di Bali maupun luar Bali.

BACA JUGA  Mual yang Mengganggu Disembuhkan dengan Akupresur

Rumah Sakit ini juga sudah memiliki rencana untuk bekerja sama dengan travel agent dan hotel untuk mengenalkan pelayanan kesehatan tradisional ini.

Jadi, pengobatan tradisional memang sudah dipercaya memiliki kesamaan fungsi dan keefektifan yang bagus dalam dunia kesehatan.

Contohnya yang diterapkan Rumah Sakit di Bali ini, membuka pelayanan pengobatan tradisional sebagai pelengkap maupun pengganti pengobatan medis. Tentu saja dengan tenaga ahli yang bersertifikasi.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...