Rutin Akupuntur Bantu Dewi Persik Sembuh dari Alergi

Penyanyi dangdut Dewi Persik mengaku rutin jalani perawatan a la Traditional Chinese Medicine (TCM). Termasuk terapi akupuntur yang membuatnya sembuh dari alergi makanan seafood.

“Biasanya aku kesini seminggu tiga kali. Pokoknya kalau gak ada show sebisa mungkin aku harus akupuntur karena dari situ aku merasa badan aku balance,” ucap Dewi Persik kepada awak media di Jakarta, kemarin.

Sebelumnya, Depe alergi makan seafood. Namun, setelah akupuntur, perlahan alergi tersebut menghilang. Selain itu berat badan Depe juga menjadi stabil.

“Kebetulan semenjak aku akupuntur juga nggak pernah alergi lagi. Biasanya juga kan ku alergi seafood. Terus berat badan aku stabil semenjak melakukan akupuntur,” ujarnya.

Terapi Akupuntur Agar Sembuh Alergi

Akupuntur adalah pengobatan medis tradisional Tiongkok yang digunakan untuk mengobati banyak penyakit dan masalah. Pengobatan alternatif ini telah mendapatkan rasa hormat dan popularitas di AS karena banyak orang mencari pilihan pengobatan untuk menghindari pengobatan dan pembedahan. Studi menunjukkan bahwa akupuntur telah digunakan untuk mengobati peningkatan jumlah penyakit, termasuk alergi.

Studi Akupuntur dan Alergi

Penelitian mulai menunjukkan bahwa akupuntur dapat membantu meringankan gejala alergi. Studi di Korea Selatan telah berlangsung untuk menguji seberapa efektifnya dalam mengobati rinosinusitis kronis dan rinitis alergi. Kondisi ini sebabnya karena alergi abadi dan musiman dan menyebabkan peradangan pada jaringan saluran hidung saat terkena alergen.

Selama studi lima minggu ini, pasien yang menderita kedua kondisi ini menjalani dua kali perawatan akupuntur selama 20 menit oleh dokter medis yang berpengalaman. Gejala akan peneliti nilai pada awal penelitian, pada akhir, dan delapan minggu setelah percobaan mulai.

Pasien-pasien ini melaporkan pengurangan gejala yang signifikan secara statistik pada pemeriksaan lima dan delapan minggu. Ini adalah penelitian kecil dengan hanya 19 pasien. Namun penelitian yang lebih besar sekarang sedang dilakukan di University Medical Center di Berlin Jerman.

BACA JUGA  Akupuntur Membantu Obati Masalah Kesehatan Wanita

Ulasan studi kecil di Korea Selatan dan uji coba lain yang terbit, para peneliti telah menyimpulkan bahwa ada beberapa bukti yang mendukung klaim bahwa akupuntur adalah pilihan pengobatan yang bermanfaat dan hemat biaya bagi mereka yang menderita alergi.

Pengobatan Akupuntur untuk Alergi

Jika Anda berencana mencoba akupuntur untuk mengobati gejala alergi Anda, hal pertama yang ingin Anda lakukan adalah memastikan bahwa Anda menemukan praktisi yang sangat baik. Dokter Anda mungkin dapat memberikan perawatan atau merekomendasikan seseorang yang dapat melakukannya atau Anda dapat menghubungi Komisi Sertifikasi Nasional untuk Akupuntur dan Pengobatan Oriental.

Perawatan itu sendiri menempatkan jarum yang sangat tipis di lokasi strategis untuk membantu kebutuhan spesifik Anda. Jarum ini sangat kecil sehingga tidak menyebabkan ketidaknyamanan.

Perawatan biasanya berlangsung selama sekitar 20 menit dan praktisi akupuntur dapat merangsang jarum dengan panas atau listrik. Terkadang ini dapat Anda lakukan saat terpapar alergen dalam upaya memprogram ulang tubuh agar tidak menghasilkan reaksi alergi. [EB]

TERBARU

Kisah Dokter Paru Atasi Bronkiektasis Dengan Akupuntur Laser

Bronkiektasis adalah kondisi kronis yang menyebabkan saluran udara di...

Trending sebagai Penyebab Zombie di Film, Ternyata ini Manfaat Jamur Cordyceps buat Kesehatan

Baru-baru ini jamur Cordyceps menjadi trending di jagat maya,...

Seminar Zoom PIKTI: Integrative Care for Post Stroke

Seminar untuk umum via Zoom Meeting 📍 Pendaftaran Gratis 📝...

Ini Rempah Alami Indonesia untuk Jaga Kecantikan

foto: Unsplash/Ratul Ghoshfoto: Unsplash/Ratul Ghosh⁹Indonesia memiliki banyak sumber rempah-rempah...

11 Penyembuhan Alternative Kanker Menurut Mayo Clinic

pengobatan alternatif kankerPenderita kanker sering mencari pengobatan alternatif dan...

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala...

Seminar PIKTI: Integrative Care for Chronic Cough

Seminar untuk umum via Zoom Meeting Pendaftaran Gratis 📝 dapat...

Simak Kegunaan Hipnoterapi Dalam Mengatasi Kecanduan

Hipnoterapi adalah metode pengobatan berbasis bukti yang digunakan untuk...

Mengenal Terapi CBT dan Cara Kerjanya Dalam Mengatasi Adiksi

Cognitive-behavioral therapy (CBT) adalah terapi psikologi yang populer dan...

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal...

Kisah Dokter Paru Atasi Bronkiektasis Dengan Akupuntur Laser

Bronkiektasis adalah kondisi kronis yang menyebabkan saluran udara di paru-paru membesar dan terinfeksi secara terus-menerus. Ini menyebabkan pembentukan dahak yang sulit untuk dikeluarkan dan...

Trending sebagai Penyebab Zombie di Film, Ternyata ini Manfaat Jamur Cordyceps buat Kesehatan

Baru-baru ini jamur Cordyceps menjadi trending di jagat maya, gegara disebut dalam film The Last of Us sebagai penyebab manusia jadi zombie. Apakah cerita...

Seminar Zoom PIKTI: Integrative Care for Post Stroke

Seminar untuk umum via Zoom Meeting 📍 Pendaftaran Gratis 📝 dapat E-Sertifikat (Untuk mendapatkan E-Sertifikat dimohon registrasi dulu & nama saat pendaftaran dan nama di Zoom...

Ini Rempah Alami Indonesia untuk Jaga Kecantikan

foto: Unsplash/Ratul Ghoshfoto: Unsplash/Ratul Ghosh⁹Indonesia memiliki banyak sumber rempah-rempah alami yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Rempah-rempah ini lebih baik digunakan daripada produk...

11 Penyembuhan Alternative Kanker Menurut Mayo Clinic

pengobatan alternatif kankerPenderita kanker sering mencari pengobatan alternatif dan komplementer untuk mengatasi gejala dan efek samping dari perawatan kanker. Pengobatan alternatif biasanya tidak diberikan...

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala dan dimanfaatkan oleh masyarakat dalam upaya preventif, promotif, kuratif dan rehabilitatif. Berikut ini pemaparan dari...