Sedang viral di jagat Internet, Apa Sih Bipolar itu? Ini Tipe dan Cara Penanganan

Isu tentang gangguan bipolar kini tengah trending di internet. Banyak masyarakat yang penasaran apa sebenarnya gangguan bipolar itu? Bipolar Disorder merupakan sebuah kondisi kesehatan mental yang menyebabkan perubahan suasana hati yang ekstrem. Berikut penjelasan tentang apa itu bipolar, serta tipe dan cara penanganan.

Terdapat dua fase atau episode dalam gangguan bipolar, yaitu fase mania atau manik dan fase depresi.

Dilansir dari Mayo Clinic, pengidap bipolar disorder akan terlihat menjadi sangat bersemangat, enerjik, dan bicara cepat.

Sedangkan pada fase depresi, pengidapnya akan terlihat sedih, lesu, dan hilang minat terhadap aktivitas sehari-hari.

Episode perubahan suasana hati ini bisa terjadi beberapa kali dalam setahun. Adapun menyebab bipolar hingga kini belum diketahui secara pasti.

Gangguan ini juga belum ditemukan obatnya dan akan menjadi kondisi yang menetap seumur hidup. Meski begitu, pengidapnya dapat mengelola perubahan suasana hati dan gejala lainnya dengan mengikuti rencana perawatan.

Dalam kebanyakan kasus, gangguan bipolar diobati dengan obat-obatan dan konseling psikologis (psikoterapi).

Beberapa Tipe Gangguan Bipolar

Ada beberapa tipe bipolar dan gangguan yang terkait, yang mungkin termasuk mania atau hipomania dan depresi. Gejala bipolar dapat menyebabkan perubahan suasana hati dan perilaku yang tidak terduga, yang mengakibatkan penderitaan dan kesulitan yang signifikan dalam hidup.

Gangguan Bipolar I

Gejala bipolar I ditandai dengan mengalami setidaknya satu episode manik, yang mungkin didahului atau diikuti dengan episode hipomanik, atau depresi mayor. Dalam beberapa kasus, mania dapat memicu istirahat dari kenyataan atau psikosis.

Gangguan Bipolar II

Gejala bipolar II terjadi saat mengalami setidaknya satu episode depresif berat dan setidaknya satu episode hipomanik. Tetapi, orang tersebut belum pernah mengalami episode manik.

BACA JUGA  Manfaat Dari Minuman Teh Daun Sage

Gangguan Siklotimik

Gejala bipolar ini terjadi saat mengalami setidaknya dua tahun atau satu tahun (pada anak-anak dan remaja) dari banyak periode gejala hipomania dan periode gejala depresi (meskipun kurang parah daripada depresi berat).

Tipe Bipolar lainnya

Ini termasuk gangguan bipolar dan gangguan terkait yang disebabkan oleh obat-obatan atau alkohol tertentu karena kondisi medis, seperti penyakit Cushing, sklerosis ganda, atau stroke.

Penanganan Gangguan Bipolar

Selain mengenal tipe bipolar, kita tentu juga ingin tahu cara penangananan. Gangguan bipolar adalah kondisi yang bisa terjadi selama seumur hidup. Pengobatan atau perawatan yang diberikan diarahkan untuk mengelola gejalanya. Berikut beberapa pengobatan bipolar yang bisa dilakukan:

Saat mengalami gangguan bipolar, seseorang harus mengkonsumsi obat untuk menyeimbangkan suasana hati. Obat-obatan tersebut seperti stabilisator suasana hati, antipsikotik, antidepresan, hingga obat anti kecemasan.

Gangguan bipolar memerlukan pengobatan seumur hidup dengan obat-obatan, bahkan selama periode saat pengidapnya merasa lebih baik. Jika melewati perawatan, gejalanya bisa kambuh atau mengalami perubahan suasana hati yang kecil, lalu berubah menjadi mania atau depresi yang parah.

Dokter mungkin akan menyarankan untuk rawat inap jika pengidap bipolar berperilaku berbahaya, seperti memiliki keinginan untuk bunuh diri. Dengan ini, dokter bisa membantu untuk menstabilkan kondisi dan suasana hatinya, baik saat mengalami episode manik atau depresi berat.

Demikian penjelasan ringkas apa bipolar itu, serta tipe dan cara penanganan. Semoga informasi ini bermanfaat. [AB]

Sumber: Detik

TERBARU

Apakah Akupuntur Aman Untuk Anak-anak? Begini Kata Ahli

Akupuntur adalah salah satu bentuk terapi alternatif yang berasal...

Apa itu Terapi Holistik? Simak Penjelasannya dalam Artikel ini

Terapi holistik adalah suatu jenis terapi yang menggabungkan teknik...

Pengobatan Alternatif ini Popular di Indonesia, Apa Saja?

Pengobatan alternatif menjadi pilihan bagi banyak masyarakat Indonesia saat...

Kisah Dokter Paru Atasi Bronkiektasis Dengan Akupuntur Laser

Bronkiektasis adalah kondisi kronis yang menyebabkan saluran udara di...

Trending sebagai Penyebab Zombie di Film, Ternyata ini Manfaat Jamur Cordyceps buat Kesehatan

Baru-baru ini jamur Cordyceps menjadi trending di jagat maya,...

Seminar Zoom PIKTI: Integrative Care for Post Stroke

Seminar untuk umum via Zoom Meeting 📍 Pendaftaran Gratis 📝...

Ini Rempah Alami Indonesia untuk Jaga Kecantikan

foto: Unsplash/Ratul Ghoshfoto: Unsplash/Ratul Ghosh⁹Indonesia memiliki banyak sumber rempah-rempah...

11 Penyembuhan Alternative Kanker Menurut Mayo Clinic

pengobatan alternatif kankerPenderita kanker sering mencari pengobatan alternatif dan...

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala...

Seminar PIKTI: Integrative Care for Chronic Cough

Seminar untuk umum via Zoom Meeting Pendaftaran Gratis 📝 dapat...

Apakah Akupuntur Aman Untuk Anak-anak? Begini Kata Ahli

Akupuntur adalah salah satu bentuk terapi alternatif yang berasal dari Cina kuno. Ini adalah teknik pengobatan yang menggunakan jarum untuk menstimulasi titik-titik spesifik pada...

Apa itu Terapi Holistik? Simak Penjelasannya dalam Artikel ini

Terapi holistik adalah suatu jenis terapi yang menggabungkan teknik tradisional dan non-tradisional untuk membantu individu secara keseluruhan. Berbeda dengan jenis terapi lain, terapi holistik...

Pengobatan Alternatif ini Popular di Indonesia, Apa Saja?

Pengobatan alternatif menjadi pilihan bagi banyak masyarakat Indonesia saat ini. Banyak faktor yang mempengaruhi, seperti harga yang lebih murah dan kurangnya efektivitas pengobatan medis....

Kisah Dokter Paru Atasi Bronkiektasis Dengan Akupuntur Laser

Bronkiektasis adalah kondisi kronis yang menyebabkan saluran udara di paru-paru membesar dan terinfeksi secara terus-menerus. Ini menyebabkan pembentukan dahak yang sulit untuk dikeluarkan dan...

Trending sebagai Penyebab Zombie di Film, Ternyata ini Manfaat Jamur Cordyceps buat Kesehatan

Baru-baru ini jamur Cordyceps menjadi trending di jagat maya, gegara disebut dalam film The Last of Us sebagai penyebab manusia jadi zombie. Apakah cerita...

Seminar Zoom PIKTI: Integrative Care for Post Stroke

Seminar untuk umum via Zoom Meeting 📍 Pendaftaran Gratis 📝 dapat E-Sertifikat (Untuk mendapatkan E-Sertifikat dimohon registrasi dulu & nama saat pendaftaran dan nama di Zoom...