Sejarah Dari Pijat Refleksi Yang Berasal Dari Tiongkok

Sebagian besar masyarakat sudah tidak asing lagi dengan pijat refleksi. Sejarah dari pijat refleksi yang berasal dari Cina ini sudah digunakan sejak 5000 tahun yang lalu dan merupakan gabungan dari berbagai jenis terapi.

Jenis terapi yang dimaksud adalah akupuntur, tuina, anmo, akupresur dan berbagai terapi yang melibatkan tekanan dan pijatan lain. Simak penjelasannya berikut ini.

Sejarah Dari Pijat Refleksi Asal Cina

Terapi ini mirip dengan akupresur, merupakan terapi yang melibatkan beberapa tekanan di titik tertentu di sepanjang chi atau jalur energi yang bertujuan untuk menyeimbangkan aliran energi.

Meridian yang digunakan saat akupresur dan akupuntur agak sedikit berbeda dengan pijat refleksi, terutama pada masalah titik yang distimulasi saat terapi untuk mengobati penyakit.

- Advertisement -

Di zaman modern, Dokter William Fritzgerald menerbitkan buku “Zona Therapy” di tahun 1917. Dalam buku ini menjelaskan teori bahwa tubuh manusia dibagi menjadi 10 zona longitudinal.

Sedangkan menurut ahli fisioterapis yang merupakan asisten William, Eunice Ingham menyatakan bahwa tekanan dengan ujung jempol dan jari lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan alat yang dijelaskan oleh William.

Alat tersebut seperti jepit pakaian, ikat karet dan sisir metal. Eunice juga mengatakan bahwa area kaki lebih cocok untuk diberi tekanan karena lebih reseptif terhadap perawatan.

Oleh karena itu, Eunice mencari area refleksi pada kaki untuk dihubungkan pada semua bagian di tubuh yang akhirnya ia mengembangkan Metode Pijat Tekan Ingham.

Di tahun 1938, Ingham menerbitkan sebuah buku yang berjudul “Stories The Feet Can Tell” dan “Stories The Feet Have Told” yang menggambarkan subjek pijat refleksi.

Doreen Bayley begitu terkesan dengan karya Eunice Ingham tersebut, sehingga ia pun belajar dari Ingham sebelum kembali ke Inggris demi memperkenalkan pijat refleksi ke negara asalnya tersebut.

BACA JUGA  Sinshe Andy Savero: Ingin Bawa Indonesia ke Era Granul

Setelah pulang dari Amerika dan telah belajar dengan Ingham, Doreen akhirnya mendidik orang dan seiring waktu, banyak orang yang mulai berminat dengan pijat refleksi.

Akhirnya, Barley membuka sebuah sekolah yang khusus untuk mengajari pijat refleksi dan buku yang diterbitkan oleh Barley yaitu “Refleksiology Today” telah menjadi buku pegangan yang hingga saat ini dipakai untuk pengembangan ilmu pijat refleksi.

Itulah sejarah dari pijat refleksi asal Cina yang hingga kini sudah tersebar di berbagai negara. Keefektifan dari terapi ini juga banyak diklaim berhasil oleh sebagian besar masyarakat.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...