Sejarah Moksibusi Dan Akupuntur Untuk Menyembuhkan

Sejarah moksibusi dan akupuntur penting untuk diketahui untuk menambah wawasan dan darimanakah asal usul dari kedua jenis pengobatan tersebut? Terlebih lagi, kedua pengobatan tersebut memiliki efek yang bagus untuk obati masalah kesehatan.

Sejarah Moksibusi Dan Akupuntur Sebagai Metode Pengobatan

Terapi akupuntur dan moksibusi merupakan sebuah temuan penting dari Cina dan berasal dari suku primitif. Berdasarkan kepustakaan kuno, terdapat beberapa legenda yang membahas akupuntur dan moksibusi.

Contohnya, legenda Fu Xi yang menceritakan penciptaan teknik terapi menggunakan jarum yang terbuat dari batu, dan legenda Huang Di yang menceritakan penemuan akupuntur dan moksibusi.

Dalam karya klasik sekitar 2000 tahun yang lalu, peralatan akupuntur masih terbuat dari batu atau batu bian. Karena jaman dulu belum mengenal besi, oleh karena itu dibuatlah jarum dengan bahan dasar batu.

Semenjak revolusi 1911 mengakhiri pemerintahan dinasti Qing, terlahirlah Cina yang baru dan terapi moksibusi juga akupuntur mengalami perubahan. Masuknya pengobatan barat ke Cina merupakan hal yang positif, namun penjajah malah menyalahgunakannya.

Karena merasa tertindas, rakyat Cina terutama para akupunturis mulai menggencarkan penyebaran terapi tradisional warisan budaya mereka. Hingga akhirnya, pengobatan asal Cina tersebut mulai bersinar kembali.

Akupuntur dan terapi moksibusi mulai hidup kembali pada masa pimpinan Parta Komunis Cina. Di bulan Oktober tahun 1944 pun banyak dokter ahli pengobatan barat yang mulai meneliti pengobatan kuno Cina tersebut.

Sejak berdirinya RRC, PKC memberikan perhatian besar pada pengembangan dan pelestarian warisan pengobatan Cina. Di tahun 1950, Mao Zedong membuat kebijakan tentang penyatuan dokter pengobatan tradisional dengan pengobatan barat.

Di bulan juli tahun 1951, sebuah lembaga kesehatan bernama Lembaga Eksperimen Terapi Akupuntur dan Moksibusi didirikan. Dimulailah penyebaran pengobatan Cina ini ke seluruh dunia dan mulai dikenal luas.

BACA JUGA  Cara Akupuntur Bantu Atur Ulang Jam Internal Anda

Di abad ke-6 terapi asal Cina ini sudah memasuki wilayah negara tetangganya, yaitu Korea. Setelah itu, terapi akupuntur dan moksibusi terus berkembang hingga saat ini sampai menyebar luas ke berbagai negara.

Sejarah moksibusi dan akupuntur di atas penting untuk diketahui. Karena selain menambah wawasan, kita juga jadi mengetahui bahwa pengobatan yang terkenal ampuh tersebut berasal dari Cina dan sudah membantu pengobatan medis dalam menangani penyakit.

TERBARU

Kerokan, Metode Pengobatan Tradisional yang Sudah Berusia 2.000 Tahun

Kerokan adalah salah satu terapi yang jamak dilakukan ketika...

Astaga! Kantor Dokter AS ini Salah Menagih Biaya Perangkat Akupuntur Setara Rp16 Miliar

Melansir laman Cleveland, Departemen Kehakiman AS mengumumkan bahwa sebuah...

Bagaimana Terapi Akupuntur Bisa Meningkatkan Kualitas Kesehatan Anda?

Akupunktur adalah salah satu bentuk pengobatan dalam Traditional Chinese...

Jangan Gegabah, Suplemen ini Tak Boleh Dikonsumsi Bersamaan dengan Obat

Suplemen adalah produk nutrisi tambahan yang sering dikonsumsi oleh...

Kemenkes Imbau Masyarakat Waspada terhadap beberapa Penyakit Tropis ini

Kementerian Kesehatan RI menghimbau masyarakat agar waspada terhadap beberapa...

Jadi Paham, Ternyata Ini Perbedaan Jamu, Obat Herbal Terstandar dan Fitofarmaka

Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki kekayaan sumber hayati...

Peneliti Israel Dapati bahwa Akupuntur Tiongkok Kurangi Rasa Sakit dan Kecemasan selama Bedah

Akupunktur China dapat membantu mengurangi rasa sakit dan kecemasan...

Mengapa Akupunktur Kini Masuk dalam Arus Utama Dunia Pengobatan? Berikut Penelusuran Reportase TIME

Krisis kecanduan opioid yang melonjak di AS sekitar satu...

Sempat Derita Stroke, Aktor Irgi Achmad Fahrezi Ungkap Pengobatan Alternatif ini Hingga Bisa Sembuh

Aktor sinetron Lupus Milenia, Achmad Fahrezi mengungkap bahwa dirinya...

Apa itu Wisata Kesehatan, yang Sedang Popular Digerakkan di KEK Sanur Bali?

Pemerintah melalui Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga...

Kerokan, Metode Pengobatan Tradisional yang Sudah Berusia 2.000 Tahun

Kerokan adalah salah satu terapi yang jamak dilakukan ketika seseorang mengalami masuk angin. Ternyata metode pengobatan tradisional ini sudah berumur lebih dari 2.000 tahun....

Astaga! Kantor Dokter AS ini Salah Menagih Biaya Perangkat Akupuntur Setara Rp16 Miliar

Melansir laman Cleveland, Departemen Kehakiman AS mengumumkan bahwa sebuah kantor dokter di Ohio yang sudah tidak beroperasi, Westlake, salah menagih Medicare sebesar $1,1 juta...

Bagaimana Terapi Akupuntur Bisa Meningkatkan Kualitas Kesehatan Anda?

Akupunktur adalah salah satu bentuk pengobatan dalam Traditional Chinese Medicine (TCM) yang berasal dari Cina dan memiliki sejarah yang sangat panjang, bahkan beberapa sumber...

Jangan Gegabah, Suplemen ini Tak Boleh Dikonsumsi Bersamaan dengan Obat

Suplemen adalah produk nutrisi tambahan yang sering dikonsumsi oleh orang untuk meningkatkan kesehatan dan membantu mengatasi masalah kesehatan tertentu. Meskipun suplemen dapat memberikan manfaat,...

Kemenkes Imbau Masyarakat Waspada terhadap beberapa Penyakit Tropis ini

Kementerian Kesehatan RI menghimbau masyarakat agar waspada terhadap beberapa penyakit tropis yang bisa mengancam kesehatan. Dalam keterangan rilisnya, Kemenkes RI mengatakan bahwa Badan Kesehatan Dunia...

Jadi Paham, Ternyata Ini Perbedaan Jamu, Obat Herbal Terstandar dan Fitofarmaka

Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki kekayaan sumber hayati yang luar biasa, termasuk tumbuh-tumbuhan. Salah satu tumbuhan yang sangat berguna bagi kesehatan manusia adalah...