Sejarah Munculnya Pengobatan Tradisional Cina

Pengobatan tradisional Cina memiliki keefektifan yang bagus untuk atasi penyakit. Sejarah munculnya pengobatan tradisional ini berawal dari uji coba bangsa Tionghoa dalam hal menguji keefektifan obat herbal.

Uji coba obat herbal ini tidak dilakukan pada hewan, melainkan pada dirinya sendiri. Cina juga memiliki seorang praktisi pengobatan herbal yang pertama bernama Kaisar Shen Nung yang dikenal dalam sejarah Tiongkok.

Sejarah Munculnya Pengobatan Tradisional Dan Keefektifannya

Kaisar Shen Nung dikenal sebagai seorang praktisi pertama pengobatan tradisional yang dikenal dalam sejarah Tiongkok. Ia melakukan berbagai macam percobaan menggunakan obat herbal untuk obati berbagai jenis penyakit.

Karena disebut sebagai Bapak Pengobatan Tradisional Tionghoa, sejumlah pakar menduga bahwa Kaisar Shen adalah penemu pengobatan tradisional akupuntur.

- Advertisement -

Hal ini berkaitan dengan penemuan kepercayaan sistem Yin dan Yang, yang ditemukan oleh Kaisar Shen. Yin sebagai perempuan dan Yang sebagai laki-laki merupakan simbol keseimbangan elemen.

Akupuntur juga berpacu pada teori tersebut. Terapi tusuk jarum tersebut menjelaskan bahwa penyakit dalam tubuh bisa timbul karena adanya ketidakseimbangan dalam tubuh.

Aliran chi atau meridian terhambat dan menimbulkan berbagai macam penyakit di tubuh. Jarum yang ditusukkan tersebut berguna sebagai alat untuk menyeimbangkan tubuh hanya dengan menstimulasi di bagian tertentu.

Berdasarkan legenda Tionghoa, Kaisar Shen juga menemukan mata bajak dan juga menjadi orang pertama yang memulai tradisi minum teh. Hal ini berawal dari kejadian yang dialami oleh Kaisar Shen sendiri.

Tradisi minum teh mulai muncul ketika Kaisar Shen sedang menikmati air panas yang ada di cangkirnya, dan saat itu ada daun teh kering yang jatuh ke dalam cangkirnya.

Hingga saat ini tradisi minum teh dilakukan di berbagai negara Asia. Teh juga bermanfaat bagi tubuh dan kesehatan. Oleh karena itu Kaisar Shen sangat terkenal dalam sejarah pengobatan Cina.

BACA JUGA  Biaya Pengobatan Akupuntur Di Bandung Terbaru

Penemuan dan hal yang dilakukan oleh Kaisar Shen tersebut menjadi tonggak sejarah dan awal mula adanya pengobatan tradisional Cina yang mendunia karena keefektifannya.

Sejarah munculnya pengobatan tradisional yang sudah dijelaskan di atas merupakan harta berharga Cina yang menjadi awal mula adanya pengobatan tradisional yang sudah digunakan oleh sebagian besar masyarakat di dunia.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...