Selain Jahe, 4 Herbal Ini Diyakini Jaga Kesehatan Kelenjar Tiroid

Kelenjar tiroid adalah kelenjar berbentuk menyerupai kupu-kupu yang terletak di bagian depan leher. Kelenjar tiroid di tubuh sangat perlu dijaga kesehatannya. Beberapa herbal dalam daftar ini diyakini efektif meningkatkan kesehatan kelenjar tiroid.

Menurut dr. Nabila Viera Yovita dari KlikDokter, kelenjar tiroid berperan penting dalam regulasi berbagai fungsi metabolik tubuh manusia.

“Ketika benjolan tiroid muncul, tak sedikit orang langsung panik dan mengira dirinya menderita kanker. Namun kabar baiknya, benjolan tiroid yang merupakan suatu bentuk keganasan sangat jarang terjadi,” ujar dr. Nabila.

Ketika berfungsi dengan baik, kelenjar tiroid mengeluarkan jumlah yang tepat dari hormon tiroid untuk mengatur hampir semua proses metabolisme dalam tubuh Anda. Terlalu banyak atau terlalu sedikit bahan kimia tubuh yang vital ini dapat secara drastis mempengaruhi tingkat energi, berat badan, dan kesehatan mental Anda.

5 Herbal yang Baik Meningkatkan Kesehatan Kelenjar Tiroid

Kesehatan kelenjar tiroid bisa diusahakan dengan cara yang mudah. Dilansir dari KlikDokter, Salah satu kiat menjaga kesehatan tiroid adalah dengan mengonsumsi beberapa jenis herbal tertentu. Berikut daftarnya.

1. Jahe

Selain sebagai zat tambahan untuk memasak dan membuat kue, jahe juga dapat meningkatkan kesehatan. Jahe juga telah digunakan selama ribuan tahun sebagai obat herbal untuk berbagai bentuk masalah kesehatan.

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan menghilangkan rasa sakit yang bermanfaat dalam mengatasi kondisi kronis. Para ahli juga telah menemukan bahwa jahe dapat menurunkan risiko tiroid dan masalah kardiovaskular yang berfungsi rendah.

2. Kunyit

Kunyit sejak lama diketahui memiliki beragam manfaat. Herbal ini mengandung kurkumin, yaitu antioksidan kuat yang dapat membantu melawan peradangan kronis dan menetralkan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan oksidatif.

BACA JUGA  Jaga Kecantikan Happy Asmara Pilih Eksfoliasi Wajah, Bagaimana Caranya?

Selain itu, penelitian juga telah menemukan bahwa rempah-rempah ini memiliki aktivitas antibakteri dan anti-virus. Dengan demikian, hal tersebut dapat memberikan bantuan pada gangguan yang berhubungan dengan suasana hati, seperti kecemasan dan depresi, yang datang akibat masalah tiroid.

Satu lagi, kunyit juga dapat membantu mengurangi gondok atau pembesaran tiroid pada orang yang rentan mengalaminya.3. Dandelion

Dandelion atau randa tapak mungkin tak terlalu terkenal di Indonesia. Akan tetapi, ternyata dandelion memiliki sifat anti-inflamasi. Terkait itu, dandelion pun dipercaya dapat membantu menyeimbangkan sistem kekebalan tubuh.

3. Dandelion

Dandelion atau randa tapak mungkin tak terlalu terkenal di Indonesia. Akan tetapi, ternyata dandelion memiliki sifat anti-inflamasi. Terkait itu, dandelion pun dipercaya dapat membantu menyeimbangkan sistem kekebalan tubuh.

4. Ashwagandha

Ashwagandha biasa juga disebut sebagai ginseng India. Ini adalah salah satu herbal paling kuat dalam penyembuhan tradisional India, yaitu Ayurvedic.

Ashwagandha adalah herbal dengan beberapa sifat, seperti sifat anti-inflamasi dan menghilangkan stres. Artinya, herbal ini dapat membantu mengatasi kecemasan dan meningkatkan produksi hormon tiroid.

5. Maca

Maca adalah jenis herbal yang mirip dengan bengkuang. Akarnya digunakan untuk membuat obat dan diketahui memiliki deretan nutrisi penting seperti vitamin B, C, dan E. Semua nutrisi itu dibutuhkan tiroid untuk mengatur tingkat metabolisme dan energi, serta untuk menghasilkan hormon.

Jenis herbal ini juga berguna untuk meningkatkan mood Anda dan mengendalikan komunikasi hormonal. Bahkan, Maca mengandung polifenol yang bisa menangkal paparan radikal bebas dalam tubuh.

Apakah Akupuntur Bisa Menjaga Kesehatan Tiroid?

Ada beragam metode untuk menyeimbangkan produksi dan pelepasan hormon tiroid. Mulai dari akupuntur dan pengobatan herbal hingga perubahan gaya hidup dan latihan khusus.

BACA JUGA  Titik Pijat Untuk Bantu Atasi Insomnia Dan Cepat Tidur

Dalam pengobatan masalah tiroid, akupuntur bisa untuk mengembalikan keseimbangan hormon, mengatur tingkat energi. Kemudian menghaluskan emosi dan membantu mengelola masalah tidur, emosi dan menstruasi.

Ada beberapa titik akupuntur ampuh di telinga dan tubuh yang bisa untuk mengatur produksi hormon tiroid. Perawatan memperhitungkan semua gejala Anda dan untuk menyeimbangkan energi di dalam tubuh untuk mengoptimalkan kesehatan.

Demikian daftar herbal yang disebut mampu meningkatkan dan menjaga kesehatan kelenjar tiroid selalu sehat. Semoga sehat selalu. [AB]

TERBARU

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal...

Mengenal Pengobatan Tradisional khas Bali

Orang Bali hidup dalam dua dunia yang berbeda: dunia...

Kasusnya Mulai Turun di Indonesia, Apa itu Stunting? Bagaimana Mengatasinya dengan Pengobatan Tradisional?

Baru-baru ini Kementerian Kesehatan mengumumkan hasil Survei Status Gizi...

Akupunturis di Zimbabwe Jadikan TCM Terjangkau bagi Penduduk setempat

Akupunktur adalah salah satu bentuk terapi medis alternatif yang...

Ahli Kesehatan Tradisional Himbau Ramuan Herbal Tak Boleh Diberikan kepada Bayi, Kenapa?

Beberapa waktu lalu, viral soal bayi 54 hari yang...

Simak Rekomendasi Cara Mengatasi Adiksi Narkoba Menurut Psikolog UI

foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiyaAdiksi narkoba merupakan masalah serius yang menyebabkan...

Artis Drakor ini Sukses Rampingkan Tubuh dengan Diet Sehat, Bagaimana dengan Terapi Yang Sheng?

Artis cantik pemeran drama Korea 'The Heirs', Park Shin...

Apa itu Terapi Bekam? Apa saja Manfaatnya?

Terapi bekam adalah bentuk pengobatan alternatif yang kuno yang...

Apakah Terapi Akupuntur Efektif untuk Nyeri Punggung, Ini Penjelasan Riset

Akupunktur adalah salah satu teknik pengobatan alternatif yang telah...

Begini Hubungan Antara Trauma Dengan Adiksi Menurut Psikolog UI

Trauma memiliki hubungan yang erat dengan perilaku adiksi terhadap...

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal dari pengobatan tradisional China. Praktiknya melibatkan seorang praktisi yang membakar ramuan moxa pada atau di...

Mengenal Pengobatan Tradisional khas Bali

Orang Bali hidup dalam dua dunia yang berbeda: dunia fisik atau yang disebut sekala dan dunia spiritual atau psikis yang disebut niskala. Dalam pengobatan...

Kasusnya Mulai Turun di Indonesia, Apa itu Stunting? Bagaimana Mengatasinya dengan Pengobatan Tradisional?

Baru-baru ini Kementerian Kesehatan mengumumkan hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) pada anak dan balita. Prevalensi stunting di Indonesia turun dari 24,4 persen di...

Akupunturis di Zimbabwe Jadikan TCM Terjangkau bagi Penduduk setempat

Akupunktur adalah salah satu bentuk terapi medis alternatif yang telah digunakan selama ribuan tahun dalam Pengobatan Tradisional Cina (TCM). Melansir laman Xinhuanet di Zimbabwe,...

Ahli Kesehatan Tradisional Himbau Ramuan Herbal Tak Boleh Diberikan kepada Bayi, Kenapa?

Beberapa waktu lalu, viral soal bayi 54 hari yang meninggal dunia setelah meminum jamu dari campuran daun kecipir dan kencur. Hal ini mengingatkan kita...

Simak Rekomendasi Cara Mengatasi Adiksi Narkoba Menurut Psikolog UI

foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiyaAdiksi narkoba merupakan masalah serius yang menyebabkan dampak negatif tidak hanya pada individu yang mengalami adiksi, tetapi juga pada keluarga dan masyarakat....