Selain Kol, 6 Makanan Berikut Ternyata Ganggu Pencernaan

Sepintas, makanan dalam daftar ini sangat enak buat kudapan. Namun, banyak yang belum tahu dampaknya bagi kesehatan. Salah satunya, tujuh makanan berikut ini ternyata bisa ganggu pencernaan.

Pencernaan yang lancar juga berdampak pada beberapa hal untuk tubuh, salah satunya adalah imunitas. Tanpa disadari ternyata banyak makanan enak yang memiliki efek negatif terhadap pencernaan.

Makanan-makanan yang dapat merusak kesehatan pencernaan ini justru yang paling sering ditemukan dalam menu makan setiap hari. Jika tak ingin pencernaanmu terganggu, pastikan untuk melihat daftarnya dan membatasi asupannya.

1. Kol dan sejenisnya

Secara umum, sayuran memang terkenal bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan dan tubuh secara menyeluruh. Tetapi khusus untuk sayuran seperti kol, brokoli dan sejenisnya justru memiliki dampak yang kurang baik untuk pencernaan.

Sayur-sayuran jenis ini mengandung gula yang dapat membuat perut terasa tidak nyaman dan kembung. Jika ingin menikmatinya, ahli gizi lebih menyarankan untuk dikonsumsi dalam kondisi mentah.

2. Buah yang asam

Walaupun tampak segar dan menyehatkan, buah yang terlalu asam juga tak baik untuk kesehatan pencernaan. Kandungan asam yang tinggi dapat membuat perut terasa sakit hingga melilit.

Jika ingin mengonsumsi buah yang aman, usahakan untuk memilih buah-buahan yang tak terlalu asam dan banyak airnya. Misalnya seperti jeruk, jeruk Bali atau buah-buahan lain yang asamnya masih ditolerir perut.

3. Makanan pedas

Makanan yang pedas tentu akan terasa jauh lebih nikmat. Tetapi dibalik rasa pedas yang membuat ketagihan ini ada dampak negatif yang perlu diwaspadai.

Makanan pedas dapat menimbulkan efek gangguan pencernaan hingga rasa seperti dada terbakar. Hal ini lantaran komponen capsaicin yang pedasnya dapat membakar saluran pencernaan.

BACA JUGA  Arih Ersada, Kelompok Pengolahan Obat Herbal asal Tanah Karo

4. Makanan tinggi serat

Selama ini serat dikenal sebagai komponen yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan pencernaan. Nyatanya konsumsi serat yang terlalu banyak justru dapat berubah dan menyerang kesehatan pencernaan.

Makanan yang tinggi akan karbohidrat seperti biji-bijian utuh dan sayuran akan membuat pencernaan sulit menyesuaikan kinerja dengan makanan lain. Hasilnya perut akan terasa kembung dan menghambat buang air besar.

5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seringkali direkomendasikan karena padatnya nutrisi dan vitamin dengan ukurannya yang kecil. Ternyata terlalu banyak mengonsumsi kacang-kacangan juga dapat memperlambat pencernaan.

Tubuh akan terlalu sibuk memproduksi enim untuk mencernanya sehingga perut akan mengalami kram. Alternatifnya kamu bisa merendam kacang selama 4 jam terlebih dahulu sebelum dimasak.

Kol dan sayuran sejenisnya dapat menyebabkan kembung pada perut. Foto: Getty Images/iStockphoto/Dejan Kolar

6. Gorengan

Gorengan mengandung lemak jenuh yang sangat tinggi dan berdampak buruk untuk kesehatan. Tak hanya mengganggu kardiovaskular, gorengan juga buruk untuk kesehatan pencernaan.

Kadar lemak yang tinggi pada gorengan dapat memicu diare. Ditambah saus yang kental atau tambahan krim yang menambah kadar lemaknya dan memperburuk efeknya.

7. Pemanis buatan

Tak hanya berdampak bagi kadar gula darah, pemanis buatan yang dikonsumsi terlalu banyak juga buruk untuk pencernaan. Dampak dari konsumsi pemanis buatan ini dapat menyebabkan kram perut hingga diare.

Food and Drugs Administration menyebutkan bahwa konsumsi lebih dari 50 gram pemanis buatan dapat menyebabkan diare. Walaupun laporan terhadap kasus tersebut masih rendah tetapi efek buruknya tetap perlu diwaspadai.

Demikian tadi info jenis makanan yang sepintas lezat, namun ternyata berdampak ganggu pencernaan kita. Semoga bermanfaat. [AB]

TERBARU

Kisah Dokter Paru Atasi Bronkiektasis Dengan Akupuntur Laser

Bronkiektasis adalah kondisi kronis yang menyebabkan saluran udara di...

Trending sebagai Penyebab Zombie di Film, Ternyata ini Manfaat Jamur Cordyceps buat Kesehatan

Baru-baru ini jamur Cordyceps menjadi trending di jagat maya,...

Seminar Zoom PIKTI: Integrative Care for Post Stroke

Seminar untuk umum via Zoom Meeting 📍 Pendaftaran Gratis 📝...

Ini Rempah Alami Indonesia untuk Jaga Kecantikan

foto: Unsplash/Ratul Ghoshfoto: Unsplash/Ratul Ghosh⁹Indonesia memiliki banyak sumber rempah-rempah...

11 Penyembuhan Alternative Kanker Menurut Mayo Clinic

pengobatan alternatif kankerPenderita kanker sering mencari pengobatan alternatif dan...

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala...

Seminar PIKTI: Integrative Care for Chronic Cough

Seminar untuk umum via Zoom Meeting Pendaftaran Gratis 📝 dapat...

Simak Kegunaan Hipnoterapi Dalam Mengatasi Kecanduan

Hipnoterapi adalah metode pengobatan berbasis bukti yang digunakan untuk...

Mengenal Terapi CBT dan Cara Kerjanya Dalam Mengatasi Adiksi

Cognitive-behavioral therapy (CBT) adalah terapi psikologi yang populer dan...

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal...

Kisah Dokter Paru Atasi Bronkiektasis Dengan Akupuntur Laser

Bronkiektasis adalah kondisi kronis yang menyebabkan saluran udara di paru-paru membesar dan terinfeksi secara terus-menerus. Ini menyebabkan pembentukan dahak yang sulit untuk dikeluarkan dan...

Trending sebagai Penyebab Zombie di Film, Ternyata ini Manfaat Jamur Cordyceps buat Kesehatan

Baru-baru ini jamur Cordyceps menjadi trending di jagat maya, gegara disebut dalam film The Last of Us sebagai penyebab manusia jadi zombie. Apakah cerita...

Seminar Zoom PIKTI: Integrative Care for Post Stroke

Seminar untuk umum via Zoom Meeting 📍 Pendaftaran Gratis 📝 dapat E-Sertifikat (Untuk mendapatkan E-Sertifikat dimohon registrasi dulu & nama saat pendaftaran dan nama di Zoom...

Ini Rempah Alami Indonesia untuk Jaga Kecantikan

foto: Unsplash/Ratul Ghoshfoto: Unsplash/Ratul Ghosh⁹Indonesia memiliki banyak sumber rempah-rempah alami yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Rempah-rempah ini lebih baik digunakan daripada produk...

11 Penyembuhan Alternative Kanker Menurut Mayo Clinic

pengobatan alternatif kankerPenderita kanker sering mencari pengobatan alternatif dan komplementer untuk mengatasi gejala dan efek samping dari perawatan kanker. Pengobatan alternatif biasanya tidak diberikan...

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala dan dimanfaatkan oleh masyarakat dalam upaya preventif, promotif, kuratif dan rehabilitatif. Berikut ini pemaparan dari...