Selain Mengurangi Stres, Ini 6 Manfaat Sandal Refleksi untuk Kesehatan

Beberapa orang tertarik memakai sandal yang tidak rata dengan banyak tonjolan membuat kaki serasa ditusuk-tusuk. Sandal tersebut disebut sandal refleksi, layaknya refleksiologi akupresur yang diklaim memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut ini kami paparkan tujuh manfaatnya.

Manfaat Sandal Refleksi bagi Kesehatan

Tentunya, Anda sudah mengetahui bahwa sandal refleksi bermanfaat bagi kesehatan. Manfaat kesehatan apa saja sih yang bisa didapat ketika Anda rutin menggunakan sandal refleksi?

1. Melancarkan peredaran darah

Sandal refleksi yang dirancang dengan tonjolan-tonjolan kecil. Seringkali pengguna sandal refleksi merasa sakit atau tidak nyaman karena tonjolan-tonjolan tersebut terutama bagi yang baru menggunakannya.

Namun, tahukah Anda bahwa tonjolan-tonjolan kecil tersebut berdampak positif bagi kesehatan. Peredaran darah Anda akan lancar karena tonjolan-tonjolan kecil pada sandal refleksi dapat menghilangkan sumbatan pada pembuluh darah.

Tidak hanya pembuluh darah di kaki yang akan lancar tetapi juga memengaruhi pembuluh darah di area tubuh lainnya. Sistem peredaran darah yang lancar merupakan kunci kesehatan jantung dan pembuluh darah. Anda pun akan terhindar dari penyakit kardiovaskular.

2. Membuat tidur lebih nyenyak

Berjalan dengan sandal refleksiologi ini dapat meringankan rasa sakit di kaki dan dapat menyebabkan tidur jadi lebih nyenyak. Sandal ini menargetkan ujung saraf, sehingga membuat sirkulasi darah yang lebih baik dan saraf yang rileks.

3. Menyehatkan otot dan persendian

Pastinya, manusia perlu bergerak melakukan banyak hal dan aktivitas, sehingga mendukung produktivitas. Otot dan sendi adalah dua hal yang penting bagi sistem gerak tubuh. Jika otot dan sendi bermasalah, maka Anda pun akan mengalami masalah dalam bergerak dan bisa mengurangi tingkat produktivitas harian.

Tidak ingin seperti itu? Jagalah kesehatan otot dan persendian Anda. Salah satu cara menjaga kesehatan otot dan sendi adalah dengan menggunakan sandal refleksi. Manfaat sandal refleksi terhadap otot dan persendian sudah dirasakan oleh banyak pengguna sandal refleksi.

BACA JUGA  Mengatasi Tremor Dengan Bantuan Terapi Akupuntur

4. Mengurangi tingkat stres

Apakah Anda sering mengalami stres bahkan sampai depresi? Sudah melakukan beberapa cara tetapi kondisi jiwa dan pikiran belum membaik? Sandal refleksi bisa menjadi solusinya.

Efek tekanan pada sandal refleksi bisa merangsang sistem kelenjar endokrin untuk melepaskan hormon oksitosin. Hormon oksitosin yang sering kali dikenal dengan ‘hormon bahagia’ merupakan hormon yang bisa mengatasi rasa stres dan depresi.

5. Mencegah nyeri kaki

Tidak jarang orang mengalami nyeri kaki dikarenakan berbagai hal. Jika Anda sering menggunakan high heels, maka kaki Anda cenderung untuk sering nyeri. Hal tersebut juga kerap kali dialami pada orang dengan tingkat aktivitas fisik yang tinggi seperti atlit.

Jangan membiarkan kaki Anda terus merasa nyeri. Tidak menutup kemungkinan nyeri kaki bisa berkembang menjadi masalah kesehatan baru yang lebih sulit untuk diatasi. Apabila Anda tidak ingin mengalaminya, maka gunakan sandal refleksi karena manfaat sandal refleksi bisa mencegah nyeri kaki.

6. Mengobati rematik

Tidak sedikit orang yang telah terkena rematik. Penyakit rematik adalah penyakit yang muncul karena adanya peradangan pada otot dan persendian. Pada umumnya, rematik dialami oleh orang-orang yang sudah tua.

Akan tetapi, rematik juga mungkin terjadi pada orang yang masih muda atau paruh baya. Orang yang sedang mengalami rematik tentunya merasakan rasa nyeri mulai dari tingkat ringan hingga berat.

Segeralah obati rematik agar rasa nyeri tidak terus menyiksa Anda. Manfaat sandal refleksi bagi kesehatan bisa mengobati rematik. Jadi, jika Anda terkena rematik, maka Anda bisa menggunakan sandal refleksi.

7. Meringankan gejala PMS

Bagi wanita, memakai sandal refleksiologi ini memiliki nilai plus, yakni dapat meringankan gejala premenstrual syndrome atau PMS. Misalnya depresi, nyeri pinggang, atau sakit kepala.

BACA JUGA  Terapi Akupuntur Khusus Obati Stroke dan Jantung

Apakah sandal refleksi aman digunakan penderita diabetes?

Secara umum, sandal refleksi aman digunakan oleh siapa saja. Akan tetapi, hal ini tidak berlaku pada penderita diabetes. Mengapa demikian? Dalam rangka menjaga kesehatannya, penderita diabetes harus menghindari hal-hal yang bisa mengakibatkan luka.

Luka pada penderita diabetes bisa menyebabkan kebusukan di area tersebut. Penggunaan sandal refleksi berpeluang untuk melukai telapak kaki penderita diabetes.

Alih-alih ingin mendapatkan manfaat sandal refleksi, pemakaian sandal refleksi malah berdampak negatif. Jadi, jika Anda menderita diabetes, jangan menggunakan sandal refleksi. [EB]

TERBARU

Prof. Sim Kie Jie: “Ingin Terus Menulis Akupuntur untuk Ilmu Pengobatan Tradisional Indonesia”

Situasi pandemi covid-19 lalu, memberi waktu luang bagi Praktisi...

Kiat Kontrol Kadar Gula Darah

Kondisi kadar gula darah yang tinggi biasa dikenal dengan...

Mengenal Brokoli, ‘Si Kribo’ Kaya Vitamin C

Dalam pola makan sehat yang menekankan asupan bergizi seimbang,...

Apa Itu Pijat Refleksi?

Merasa lelah dan jenuh saat bekerja adalah hal yang...

Horor COVID-19 di Tiongkok, Mulai Lockdown!

Seiring dengan kasus yang terus meningkat dan mencapai level...

Pilah Pilih Alat Refleksi

Salah satu sarana relaksasi yang tepat untuk menghilangkan pegal...

Cara Sederhana Membuat Jamu

Rempah-rempah merupakan sumber daya alam utama yang dimiliki Indonesia....

Ingin Jajal Terapi Jarum Akupuntur? Ini Efek Samping dan Cara Kerjanya

Akupuntur adalah pengobatan tradisional Tiongkok yang telah dikenal selama...

Mengenal Kulit Pohon Gandarusa yang Ampuh Atasi Rasa Sakit

Tanaman Gandarusa adalah sejenis tanaman perdu dengan karakter daun...

Membuat Jus Tak Perlu Cara Khusus

Mengonsumsi buah secara rutin bisa memberikan banyak manfaat. Mulai...

Prof. Sim Kie Jie: “Ingin Terus Menulis Akupuntur untuk Ilmu Pengobatan Tradisional Indonesia”

Situasi pandemi covid-19 lalu, memberi waktu luang bagi Praktisi senior Akupuntur dan TCM, Prof. Sim Kie Jie untuk menulis buku Ilmu Penyakit Menular Bersifat...

Kiat Kontrol Kadar Gula Darah

Kondisi kadar gula darah yang tinggi biasa dikenal dengan istilah hiperglikemia, istilah ini juga sering dikaitkan dengan diabetes dan pradiabetes. Benar bahwa kamu tidak...

Mengenal Brokoli, ‘Si Kribo’ Kaya Vitamin C

Dalam pola makan sehat yang menekankan asupan bergizi seimbang, brokoli hampir selalu ada di dalam makanan yang wajib untuk dikonsumsi. Meskipun banyak yang tidak...

Apa Itu Pijat Refleksi?

Merasa lelah dan jenuh saat bekerja adalah hal yang wajar, justru hal tersebut merupakan suatu sinyal yang menunjukkan kalau kamu kurang asupan makanan, jarang...

Horor COVID-19 di Tiongkok, Mulai Lockdown!

Seiring dengan kasus yang terus meningkat dan mencapai level tertinggi sejak lockdown Shanghai, Pemerintah China bertahan dengan strategi penahanan COVID-19 yang ketat hampir tiga tahun setelah...

Pilah Pilih Alat Refleksi

Salah satu sarana relaksasi yang tepat untuk menghilangkan pegal dan rasa kaku pada tubuh adalah pijat refleksi. Dilansir dari Wikipedia.org, pijat refleksi merupakan ilmu...