Selain Susu, Ini Dia Makanan Penyebab Asam Urat Tinggi

Deretan makanan ini memang lezat, tapi bagi yang belum tahu, bisa menjadi petaka. Terutama penderita asam urat. Dalam artikel ini membagikan enam jenis makanan penyebab asam urat tinggi.

Penderita asam urat kerap mengeluhkan sakit berupa nyeri sendi di jempol kaki, jari kaki, pergelangan kaki, sampai lutut akibat penumpukan kristal asam urat.

Kristal asam urat bisa menumpuk karena terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman tertentu. Lantas, apa pantangan makanan bagi penderita asam urat agar sakitnya tidak mudah kambuh?

6 Makanan Penyebab Asam Urat Tinggi

Berikut ini adalah beberapa makanan yang perlu dihindari penderita asam urat:

1. Makanan laut

Penderita asam urat dianjurkan untuk menghindari konsumsi makanan laut yang mengandung banyak purin, seperti kerang, ikan teri, sarden, tuna, tiram, udang, lobster, atau kepiting.

Jika ingin mengonsumsi makanan laut yang kaya akan nutrisi tetapi rendah purin, belut laut atau ikan gindara bisa menjadi pilihan yang tepat.

2. Daging merah

Daging merah seperti daging sapi, babi, dan domba memang tingi protein. Namun, daging-daging ini tergolong sebagai makanan penyebab asam urat karena kadar purinnya yang tinggi.

Jika ingin menjaga kadar asam urat darah, Anda bisa mengganti daging merah dengan daging ayam atau sumber protein nabati, seperti kacang kedelai yang dapat ditemukan pada tempe dan tahu.

3. Daging unggas

Daging unggas, seperti ayam dan bebek, umumnya aman dikonsumsi oleh penderita asam urat. Namun, daging unggas lain, seperti daging kalkun dan angsa, tergolong tinggi kandungan purinnya.

4. Jeroan

Jeroan, seperti hati sapi, otak sapi, maupun usus ayam, juga termasuk salah satu makanan penyebab asam urat yang harus dihindari. Jeroan memiliki kadar purin yang sangat tinggi dan dapat menyebabkan serangan gout akut jika dikonsumsi oleh orang yang sudah lama menderita penyakit asam urat.

BACA JUGA  Bagaimana Akupresur Menyembuhkan Hipertiroid Seperti Dialami Solji?

5. Minuman manis dan alkohol

Minuman kemasan yang manis dan minuman bersoda juga dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Kebanyakan minuman ini mengandung fruktosa yang dapat merangsang produksi asam urat tubuh menjadi lebih banyak.

Minuman beralkohol, terutama bir, juga dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Selain mengandung banyak purin, bir juga memperlambat membuat proses pembuangan asam urat melalui urine.

6. Susu tinggi lemak

Penyebab asam urat lainnya yang perlu dihindari oleh penderita asam urat, yaitu susu tinggi lemak dan produk olahannya, seperti es krim dan keju. Namun, susu rendah lemak dan produk olahannya tetap dapat dinikmati oleh penderita asam urat.

Jika Anda ingin mengonsumsi makanan penyebab asam urat, disarankan untuk memerhatikan jumlah atau porsinya, terutama bila Anda memang sudah memiliki kadar asam urat yang cukup tinggi sebelumnya.

Selain membatasi atau mengurangi konsumsi makanan penyebab asam urat, Anda juga dapat menghentikan atau mengurangi serangan asam urat dengan melakukan hal-hal berikut:

  • Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang
  • Menghindari kebiasaan merokok
  • Memenuhi kebutuhan cairan tubuh
  • Berolahraga secara teratur untuk menjaga berat badan ideal
  • Memeriksakan kadar asam urat ke dokter secara rutin

Demikian tadi deretan makanan mengakibatkan asam urat tinggi, serta advis agar bisa menurunkan dampak penyakit tersebut. Semoga bermanfaat. [AB]

TERBARU

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal...

Mengenal Pengobatan Tradisional khas Bali

Orang Bali hidup dalam dua dunia yang berbeda: dunia...

Kasusnya Mulai Turun di Indonesia, Apa itu Stunting? Bagaimana Mengatasinya dengan Pengobatan Tradisional?

Baru-baru ini Kementerian Kesehatan mengumumkan hasil Survei Status Gizi...

Akupunturis di Zimbabwe Jadikan TCM Terjangkau bagi Penduduk setempat

Akupunktur adalah salah satu bentuk terapi medis alternatif yang...

Ahli Kesehatan Tradisional Himbau Ramuan Herbal Tak Boleh Diberikan kepada Bayi, Kenapa?

Beberapa waktu lalu, viral soal bayi 54 hari yang...

Simak Rekomendasi Cara Mengatasi Adiksi Narkoba Menurut Psikolog UI

foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiyaAdiksi narkoba merupakan masalah serius yang menyebabkan...

Artis Drakor ini Sukses Rampingkan Tubuh dengan Diet Sehat, Bagaimana dengan Terapi Yang Sheng?

Artis cantik pemeran drama Korea 'The Heirs', Park Shin...

Apa itu Terapi Bekam? Apa saja Manfaatnya?

Terapi bekam adalah bentuk pengobatan alternatif yang kuno yang...

Apakah Terapi Akupuntur Efektif untuk Nyeri Punggung, Ini Penjelasan Riset

Akupunktur adalah salah satu teknik pengobatan alternatif yang telah...

Begini Hubungan Antara Trauma Dengan Adiksi Menurut Psikolog UI

Trauma memiliki hubungan yang erat dengan perilaku adiksi terhadap...

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal dari pengobatan tradisional China. Praktiknya melibatkan seorang praktisi yang membakar ramuan moxa pada atau di...

Mengenal Pengobatan Tradisional khas Bali

Orang Bali hidup dalam dua dunia yang berbeda: dunia fisik atau yang disebut sekala dan dunia spiritual atau psikis yang disebut niskala. Dalam pengobatan...

Kasusnya Mulai Turun di Indonesia, Apa itu Stunting? Bagaimana Mengatasinya dengan Pengobatan Tradisional?

Baru-baru ini Kementerian Kesehatan mengumumkan hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) pada anak dan balita. Prevalensi stunting di Indonesia turun dari 24,4 persen di...

Akupunturis di Zimbabwe Jadikan TCM Terjangkau bagi Penduduk setempat

Akupunktur adalah salah satu bentuk terapi medis alternatif yang telah digunakan selama ribuan tahun dalam Pengobatan Tradisional Cina (TCM). Melansir laman Xinhuanet di Zimbabwe,...

Ahli Kesehatan Tradisional Himbau Ramuan Herbal Tak Boleh Diberikan kepada Bayi, Kenapa?

Beberapa waktu lalu, viral soal bayi 54 hari yang meninggal dunia setelah meminum jamu dari campuran daun kecipir dan kencur. Hal ini mengingatkan kita...

Simak Rekomendasi Cara Mengatasi Adiksi Narkoba Menurut Psikolog UI

foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiyaAdiksi narkoba merupakan masalah serius yang menyebabkan dampak negatif tidak hanya pada individu yang mengalami adiksi, tetapi juga pada keluarga dan masyarakat....