Obat Herbal Mengatasi Sembelit Seperti Seleb ini

Selebriti cantik Laudya Cyntia Bella, belum lama ini, mengakui dirinya pernah alami sembelit. Sebenarnya penyakit ini bisa lekas diredakan dengan obat. Namun dalam pembahasan kali ini, Anda boleh mencoba terapi obat herbal untuk mengatasi sembelit.

Sembelit alias susah buang air besar (BAB) sering dianggap penyakit yang nggak elit, malu-maluin kalau sampai ketahuan. Anggapan ini tampaknya harus berubah, sebab artis cantik Laudya Cynthia Bella pun tak sungkan mengakuinya.

Dara cantik kelahiran Bandung 26 tahun silam itu mengaku sering mengalami sembelit, terutama saat jadwal syutingnya sedang sangat padat.

Obat Herbal Mengatasi Sembelit

Masalah sembelit sebenarnya adalah masalah kesehatan yang bisa mengganggu keseharian seseorang. Sulitnya buang air besar mengakibatkan perut terasa penuh dan begah hingga kesulitan untuk makan.

Ditambah lagi sembelit bisa menyebabkan rasa nyeri di sekitar anus karena sulitnya mengeluarkan kotoran yang ada di dalam perut. Oleh karena itu, banyak orang yang menggunakan obat agar lebih instan mengatasi masalah ini.

Padahal obat bukan satu-satunya cara yang bisa digunakan. Ada cara lain yang efektif dan alami, yakni dengan konsumsi obat herbal untuk mengatasi sembelit secara alami. Berikut kiatnya.

Langkah pertama yang bisa Anda coba untuk atasi masalah buang air ini yaitu dengan makan pisang atau papaya. Dua jenis buah ini diklaim membantu melancarkan pencernaan sehingga masalah sembelit hilang.

Tak hanya itu, ada sebuah teknik pengobatan tradisional yang juga layak dicoba bernama akupresur. Terapi pijat ini sudah banyak digunakan masyarakat untuk mengatasi berbagai macam keluhan penyakit mereka.

Ada sebuah teknik yaitu menggosokkan kedua tangan di sepanjang titik tekanan tertentu yang dipercaya bisa membantu masalah buang air besar ini. Bagaimana teknik sederhana ini dilakukan? Simak berikut ini.

BACA JUGA  Terapi Akupuntur Untuk Sembuhkan Nyeri Kronis

Anda bisa menekan kepalan tangan hingga sisi jari telunjuk dan ibu jari tangan Anda bersentuhan. Setelah itu, Anda bisa menggosokkannya dengan kuat ke depan dan ke belakang selama beberapa menit saja.

Titik ini diklaim untuk mengaktifkan titik akupresur usus besar yang disebut LI4 yang letak titiknya berada di antara ibu jari dan jari telunjuk Anda. Menekan titik ini juga tidak hanya bisa obati sembelit saja.

Menekan titik ini juga bisa membantu redakan sakit kronis, mual, dan juga muntah. Menurut seorang bernama Tadavarthy, gerakan ke belakang dan depan ini menyebabkan kontraksi pada usus besar.

Cara ini aman dilakukan namun tidak bagi ibu hamil yang usia kandungannya masih terbilang muda. Karena, merangsang area ini dapat memicu kontraksi dini dan hal ini jelas saja tak baik untuk bumil.

Demikian tips terapi obat herbal untuk mengatasi sembelit secara alami. Semoga sehat selalu! [EB]

TERBARU

Mengenal Holographic Meridian Scraping Therapy (HMST), Terapi Baru yang Dikembangkan dari Gua Sha atau Kerokan

Holographic Meridian Scraping Therapy (HMST) adalah teknik penyembuhan yang...

Nepal Merintis Diplomasi Herbal, Bagaimana Bisa?

Gaya hidup yang paham teknologi saat ini membuat kita...

Menyehatkan Kulit hingga Pencernaan, Mari Simak Manfaat dari Bunga yang Dapat Dimakan ini

Montana Honeylion, pendiri Warrior Peak Botanicals, memiliki minat yang...

Kerokan, Metode Pengobatan Tradisional yang Sudah Berusia 2.000 Tahun

Kerokan adalah salah satu terapi yang jamak dilakukan ketika...

Astaga! Kantor Dokter AS ini Salah Menagih Biaya Perangkat Akupuntur Setara Rp16 Miliar

Melansir laman Cleveland, Departemen Kehakiman AS mengumumkan bahwa sebuah...

Bagaimana Terapi Akupuntur Bisa Meningkatkan Kualitas Kesehatan Anda?

Akupunktur adalah salah satu bentuk pengobatan dalam Traditional Chinese...

Jangan Gegabah, Suplemen ini Tak Boleh Dikonsumsi Bersamaan dengan Obat

Suplemen adalah produk nutrisi tambahan yang sering dikonsumsi oleh...

Kemenkes Imbau Masyarakat Waspada terhadap beberapa Penyakit Tropis ini

Kementerian Kesehatan RI menghimbau masyarakat agar waspada terhadap beberapa...

Jadi Paham, Ternyata Ini Perbedaan Jamu, Obat Herbal Terstandar dan Fitofarmaka

Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki kekayaan sumber hayati...

Peneliti Israel Dapati bahwa Akupuntur Tiongkok Kurangi Rasa Sakit dan Kecemasan selama Bedah

Akupunktur China dapat membantu mengurangi rasa sakit dan kecemasan...

Mengenal Holographic Meridian Scraping Therapy (HMST), Terapi Baru yang Dikembangkan dari Gua Sha atau Kerokan

Holographic Meridian Scraping Therapy (HMST) adalah teknik penyembuhan yang digunakan di Asia oleh para praktisi Pengobatan Tradisional Cina (TCM), baik di lingkungan klinis maupun...

Nepal Merintis Diplomasi Herbal, Bagaimana Bisa?

Gaya hidup yang paham teknologi saat ini membuat kita semakin terpisah dari alam. Namun, karena kita adalah bagian dari alam, kita tidak dapat bersembunyi...

Menyehatkan Kulit hingga Pencernaan, Mari Simak Manfaat dari Bunga yang Dapat Dimakan ini

Montana Honeylion, pendiri Warrior Peak Botanicals, memiliki minat yang kuat dalam kesehatan holistik sejak kecil. Ia mengonsumsi teh herbal yang dibuat oleh ibunya, yang...

Kerokan, Metode Pengobatan Tradisional yang Sudah Berusia 2.000 Tahun

Kerokan adalah salah satu terapi yang jamak dilakukan ketika seseorang mengalami masuk angin. Ternyata metode pengobatan tradisional ini sudah berumur lebih dari 2.000 tahun....

Astaga! Kantor Dokter AS ini Salah Menagih Biaya Perangkat Akupuntur Setara Rp16 Miliar

Melansir laman Cleveland, Departemen Kehakiman AS mengumumkan bahwa sebuah kantor dokter di Ohio yang sudah tidak beroperasi, Westlake, salah menagih Medicare sebesar $1,1 juta...

Bagaimana Terapi Akupuntur Bisa Meningkatkan Kualitas Kesehatan Anda?

Akupunktur adalah salah satu bentuk pengobatan dalam Traditional Chinese Medicine (TCM) yang berasal dari Cina dan memiliki sejarah yang sangat panjang, bahkan beberapa sumber...