Virus corona atau covid-19 mulai mewabah sejak memasuki tahun 2020, dan Cina memiliki senjata emas sendiri untuk menghadapinya. Lalu, bagaimana upaya Cina lawan corona ini? Ungkap rahasia Cina dalam melawan corona di bawah ini.

Rahasia Presiden Cina Melawan Virus Corona

Covid-19 muncul pertama kali di kota Wuhan, Cina. Virus ini bukanlah virus biasa, melainkan virus yang mematikan. Terbukti dari hasil perhitungan pasien yang meninggal lebih banyak dibandingkan dengan yang sembuh.

Kini, virus corona telah menyebar ke seluruh dunia, dan semua orang bisa saja terinfeksi virus mematikan ini. Oleh karena itu, pemimpin di berbagai negara mulai mencari cara untuk melawan virus tersebut.

Saat seluruh negara kewalahan mencari obat penawar untuk pasien corona, Cina dengan sigapnya mengatasi masalah tersebut. Angka kematian yang awalnya lebih tinggi dibandingkan yang sembuh, kini berbalik.

Di saat negara lain berlomba-lomba mencari vaksin untuk virus ini, Cina terus mempromosikan TCM atau Traditional Chinese Medicine, yang salah satunya ialah akupuntur.

Presiden Cina, Xi Jinping sering mempromosikan pengobatan tradisional ini dalam berbagai kesempatan. Xi Jinping menyebut pengobatan tradisional tersebut sebagai “harta karun ilmu pengetahuan Tiongkok Kuno” atau kunci arsip peradaban Cina.

Dilansir dari Xinhua, Wang Wei yang merupakan Wakil Kepala Beijing University of Chinese Medicine mengatakan bahwa penggunaan pengobatan tradisional Cina membuahkan hasil yang positif.

Kini, pengobatan tradisional Cina ini telah digunakan oleh beberapa negara seperti Jepang, Malaysia, Italia dan Inggris. Pengobatan tradisional Cina tersebut digunakan untuk detoksifikasi paru-paru pasien.

Presiden Tianjin University, Zhang Boli juga mengatakan bahwa kapsul dan butiran Lianhua Qingwen merupakan salah satu pengobatan tradisional yang juga direkomendasikan.

Pengobatan covid-19 dengan metode ini juga sudah mendapatkan persetujuan pemasaran lebih dari 10 negara, dan bahkan disumbangkan kepada negara yang membutuhkan.

Oleh karena itu, sejumlah negara saat ini sudah mengaplikasikan TCM sebagai penanganan utama dan beberapa di antaranya mulai menggabungkan dengan pengobatan ala barat.

Peran akupuntur sendiri dalam mengobati pasien corona, mampu meredakan gejala pada pasien. Wakil Presiden Singapore Chinese Physicians Association, Kuo Tong Ho mengatakan pemerintah Singapura telah mengizinkan akupuntur Cina untuk atasi pasien covid-19.

Jadi, TCM ini diduga merupakan senjata emas bagi negara Cina dalam melawan ganasnya virus corona. Sampai saat ini pun, Cina telah membagikan cara terapi, resep obat, dan juga pengalaman klinis untuk menangani covid-19 ke lebih dari 80 negara.