Sinshe Andy Savero Sharing Konsep Pengobatan Diabetes dengan Akupuntur & Herbal via Seminar Daring

Terapi akupuntur dalam pengobatan traditional Tiongkok atau TCM (Traditional Chinese Medicine) adalah upaya perbaikan organ dengan menyeimbangkan sistem energi Yin dan Yang dalam tubuh manusia. Demikian dipaparkan Sinshe Andy Savero dalam sesi awal Seminar “Mengatasi penyakit Diabetes dengan Akupuntur & Herbal.”

Seminar yang digelar secara daring, pada Sabtu (31 Desember 2022), dihadiri ratusan audiens dari beragam daerah di Nusantara.

“Ada sebuah keyakinan umum bahwa diabetes tidak bisa disembuhkan. Namun, berdasarkan pengalaman dalam mengobati pasien diabetes, saya membuat konsep pengobatan diabates dengan terapi akupuntur dan herbal,” tutur Sinshe yang telah belasan tahun melayani dengan terapi TCM, khususnya akupuntur dan herbal.

Pada prinsipnya, kata Sinshe Andy Savero, pihaknya memberikan terapi akupuntur dan herbal untuk memperbaiki fungsi organ tubuh. Secara khusus, organ ginjal dan pankreas.

“Namun, perlu saya tekankan bahwa materi ini merupakan hasil dan sistem pengalaman pribadi. Sebaiknya tidak membandingkan dengan kajian atau pemaparan dari terapis lain,” pintanya.

Satu poin yang juga ditekankan oleh Sinshe Andy Savero, yakni pertanyaan tentang konsep pengobatan Barat dengan TCM. “Kita tidak boleh menyamakan pengobatan Barat yang dikembangkan berdasarkan jurnal. Sementara akupuntur berdasarkan sistem energi tubuh.”

Dia mengatakan, pengobatan Diabetes (Xiao Ke) secara TCM selalu diliat dari sindrom (variabel) dan bukan mutlak general seperti kedokteran barat.

Akan tetapi, imbuhnya, kedua pengobatan ini bisa saling mendukung. Di mana pengobatan Barat memiliki kelebihan dalam sisi alat ukur. “Penyembuhan pasien bisa diukur di lab. Sehingga kita bisa mengukur dengan tepat apakah proses penyembuhan melalui TCM telah berhasil atau tidak.”

Oleh sebab itu, menurut Sinshe Andy Savero, pengobatan tradisional akupuntur bukan hanya placebo atau sugesti. tetapi akupuntur melebihi sugesti, melebihi hipnoterapi.

BACA JUGA  Manfaat Buah Zuriat Untuk Meningkatkan Kesehatan

Dia menjelaskan lebih lanjut terdapat enam penyebab penyakit Diabetes, yakni:
1. Faktor Genetik
2. Pola Makan Tidak Teratur
3. Emosi Tidak Stabil
4. Kelelahan yang Berlebihan
5. Cuaca Panas yang Menguras Yin Tubuh
6. Struktur Tubuh

“Sementara itu, dalam TCM prinsip pengobatan diabetes dibagi 3. Yakni, Shang Xiao untuk Melembabkan Paru, Menetralisir Lambung. Kedua, Zhong Xiao untuk Menetralisir Lembat, Mendorong Ginjal. Dan terakhir, Xia Xiao untuk Mendorong Ginjal, Mentonifikasi Paru,” terangnya.

Dlam pengalaman Sinshe Andy Savero, sistem terapi herbal yang digunakan, terdiri dari tiga sistem. Yaitu, sistem satu set pengobatan, sistem seri lanjutan, dan sistem food suplement.

“Untuk satu set pengobatan berkisar 7-10 hari/ set. Sistem Food Suplement boleh tiap hari tapi tidak semua herbal bisa dijadikan food supplement,” katanya.

Dia kembali mengingatkan, bahwa prinsip pengobatan TCM untuk diabetes hendaknya tidak boleh ekstrim. “Kemudian, mempercayai alat ukur atau kerja sama dengan dokter klinik Diabetes. Serta ketika fungsional membaik maka obat medis boleh dikurangi sedikit demi sedikit, tidak boleh berhenti total sebelum organ membaik,” pungkas Sinshe Andy Savero yang melayani homecare akupuntur di Jakarta, dan bisa dikontak melalui nomor 0856-9875-094 .[AB]

TERBARU

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal...

Mengenal Pengobatan Tradisional khas Bali

Orang Bali hidup dalam dua dunia yang berbeda: dunia...

Kasusnya Mulai Turun di Indonesia, Apa itu Stunting? Bagaimana Mengatasinya dengan Pengobatan Tradisional?

Baru-baru ini Kementerian Kesehatan mengumumkan hasil Survei Status Gizi...

Akupunturis di Zimbabwe Jadikan TCM Terjangkau bagi Penduduk setempat

Akupunktur adalah salah satu bentuk terapi medis alternatif yang...

Ahli Kesehatan Tradisional Himbau Ramuan Herbal Tak Boleh Diberikan kepada Bayi, Kenapa?

Beberapa waktu lalu, viral soal bayi 54 hari yang...

Simak Rekomendasi Cara Mengatasi Adiksi Narkoba Menurut Psikolog UI

foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiyaAdiksi narkoba merupakan masalah serius yang menyebabkan...

Artis Drakor ini Sukses Rampingkan Tubuh dengan Diet Sehat, Bagaimana dengan Terapi Yang Sheng?

Artis cantik pemeran drama Korea 'The Heirs', Park Shin...

Apa itu Terapi Bekam? Apa saja Manfaatnya?

Terapi bekam adalah bentuk pengobatan alternatif yang kuno yang...

Apakah Terapi Akupuntur Efektif untuk Nyeri Punggung, Ini Penjelasan Riset

Akupunktur adalah salah satu teknik pengobatan alternatif yang telah...

Begini Hubungan Antara Trauma Dengan Adiksi Menurut Psikolog UI

Trauma memiliki hubungan yang erat dengan perilaku adiksi terhadap...

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal dari pengobatan tradisional China. Praktiknya melibatkan seorang praktisi yang membakar ramuan moxa pada atau di...

Mengenal Pengobatan Tradisional khas Bali

Orang Bali hidup dalam dua dunia yang berbeda: dunia fisik atau yang disebut sekala dan dunia spiritual atau psikis yang disebut niskala. Dalam pengobatan...

Kasusnya Mulai Turun di Indonesia, Apa itu Stunting? Bagaimana Mengatasinya dengan Pengobatan Tradisional?

Baru-baru ini Kementerian Kesehatan mengumumkan hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) pada anak dan balita. Prevalensi stunting di Indonesia turun dari 24,4 persen di...

Akupunturis di Zimbabwe Jadikan TCM Terjangkau bagi Penduduk setempat

Akupunktur adalah salah satu bentuk terapi medis alternatif yang telah digunakan selama ribuan tahun dalam Pengobatan Tradisional Cina (TCM). Melansir laman Xinhuanet di Zimbabwe,...

Ahli Kesehatan Tradisional Himbau Ramuan Herbal Tak Boleh Diberikan kepada Bayi, Kenapa?

Beberapa waktu lalu, viral soal bayi 54 hari yang meninggal dunia setelah meminum jamu dari campuran daun kecipir dan kencur. Hal ini mengingatkan kita...

Simak Rekomendasi Cara Mengatasi Adiksi Narkoba Menurut Psikolog UI

foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiyaAdiksi narkoba merupakan masalah serius yang menyebabkan dampak negatif tidak hanya pada individu yang mengalami adiksi, tetapi juga pada keluarga dan masyarakat....