Solusi Sehat Tanpa Konsumsi Obat Dengan Akupuntur

Terapi akupuntur bisa dijadikan sebagai solusi sehat tanpa konsumsi obat dan ketergantungan pada obat-obatan. Karena, hanya dengan akupuntur, keluhan penyakit yang diderita bisa terobati dengan efektif.

Akupuntur, Solusi Sehat Tanpa Konsumsi Obat

Terapi akupuntur sudah ada sejak ribuan tahun lalu, dan sudah digunakan oleh masyarakat Cina untuk mengobati penyakit. Seiring berjalannya waktu, terapi ini mengalami perkembangan yang hingga kini bisa dikenal oleh negara lainnya.

Akupuntur awalnya berasal dari Cina, dan disebut dengan cenciu. Terapi ini menggunakan jarum tipis dalam praktiknya, dan kini terapi akupuntur dibagi menjadi 2 jenis metode.

Yang pertama adalah terapi pengobatan akupuntur tradisional dan yang kedua adalah terapi pengobatan akupuntur medis. Kedua jenis metode pengobatan ini memiliki perbedaan.

- Advertisement -

Akupuntur tradisional bisa dilakukan oleh tenaga yang bukan berasal dari medis atau paramedis, sedangkan akupuntur medis harus dilakukan oleh tenaga medis dan paramedis.

Terapi akupuntur medis cocok untuk mengatasi penyakit yang berhubungan dengan imunitas, saraf dan hormon. Selain itu, penyakit stroke, diabetes, alergi, syaraf kejepit dan masalah lainnya juga bisa diatasi dengan akupuntur medis.

Terapi akupuntur lebih bagus dilakukan sebanyak 2 kali dalam seminggu, namun bisa juga disesuaikan dengan kebutuhan pasien yang melakukan terapi pengobatan ini.

Terapi ini juga bisa dikombinasikan dengan konsumsi obat jika ahlinya menyarankan seperti itu, dan tidak harus dilakukan jika pasien sudah dinyatakan sembuh.

Dalam akupuntur medis, dokter spesialis dan dokter akupuntur medis bekerja sama dalam mengobati pasien. Setelah mendapatkan hasil, dokter akupuntur medis akan memulai terapi dengan menusukkan jarum ke area tubuh pasien.

Terapi akupuntur diklaim lebih aman dilakukan dibanding harus mengkonsumsi obat secara terus menerus. Bahkan, WHO telah mengakui keefektifan terapi ini.

BACA JUGA  Akupuntur Bisa Atasi Gangguan Usus Seperti Diderita Najwa Shihab

Tidak hanya masalah nyeri saja, akupuntur juga membantu pasangan yang sudah menikah untuk merencanakan program kehamilan dan membantu ibu hamil dari awal kehamilan hingga pasca melahirkan.

Terapi ini juga bermanfaat untuk dijadikan sebagai treatment kecantikan dan membantu program diet tanpa harus mengkonsumsi obat pelangsing yang bisa membahayakan tubuh.

Oleh karena itu, akupuntur banyak diminati oleh masyarakat karena lebih aman, efektif dan efisien dibandingkan hanya meminum obat secara terus menerus dan bisa menimbulkan ketergantungan.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...