Sosialisasi Pengelolaan Layanan Kesehatan Tradisional

Sosialisasi pengelolaan layanan kesehatan yang dilaksanakan oleh pemerintah Kabupaten Lahat, telah dilakukan melalui Dinas Kesehatan yang telah mengadakan pertemuan dengan para utusan puskesmas.

Pertemuan Dinas Kesehatan dengan utusan dari puskesmas setempat ini diadakan untuk membicarakan pengelolaan layanan kesehatan tradisional tingkat kabupaten tahun 2020.

Sosialisasi Pengelolaan Layanan Kesehatan Tradisional Oleh Bapelkes

Tujuan diadakannya sosialisasi ini untuk memberitahu bagaimana tata cara pendataan kesehatan tradisional, cara membuat laporan dan juga hal apa yang harus dilakukan.

Pertemuan ini diadakan di Hotel Calista dan dihadiri oleh 33 utusan dari puskesmas se-kabupaten Lahat dan juga dihadiri oleh narasumber dari bapelkes Sumsel, Eka Yuniar S KM, M Kes .

Eka berharap dengan diadakannya sosialisasi terkait dengan pengelolaan pelayanan kesehatan tradisional yang benar ini, para petugas puskesmas mengerti dan paham dengan pekerjaannya dan bisa dilakukan dengan benar.

Kepala bidang atau Kabid Yankes, juga menjelaskan bahwa dengan dilakukannya sosialisasi ini, diharapkan Puskesmas mengerti dengan kegiatan yang termasuk dalam sektor laporan tugas kesehatan tradisional.

Adapun yang termasuk dalam kesehatan tradisional adalah akupuntur, pijat, dan lain-lain, dan untuk ramuan obat alami menggunakan ramuan tanaman atau toga.

Jadi, dengan dihadirkannya terapi akupuntur dalam Puskesmas dan layanan kesehatan lainnya, menjelaskan bahwa akupuntur dan terapi tradisional lainnya memang sudah diakui keefektifannya dalam mengobati seseorang.

Khususnya akupuntur, terapi asal Cina ini memang sudah dipercaya sejak dulu karena keefektifannya dalam mengatasi nyeri dan masalah mental seseorang. Akupuntur juga lebih aman untuk dilakukan.

Melalui sosialisasi yang diadakan di Kabupaten Lahat ini, diharapkan pihak Puskesmas lebih memerhatikan cara yang benar dalam hal pelayanan kesehatan tradisional.

Tidak hanya itu, diharapkan pihak puskesmas juga paham, mana yang termasuk dalam layanan kesehatan tradisional dan mana yang bukan. Jadi, sosialisasi ini juga bertujuan untuk menambah wawasan terkait dengan dunia kesehatan.

BACA JUGA  Peran Akupuntur KMS Untuk Bantu Rehabilitasi Scoliosis

Sosialisasi pengelolaan layanan kesehatan ini juga secara tidak langsung menginstruksikan puskesmas yang ada di daerah tersebut untuk mendata kesehatan tradisional yang ada di wilayahnya, perihal izin dan perihal toga atau ramuan yang digunakan.

TERBARU

Apakah Akupuntur Aman Untuk Anak-anak? Begini Kata Ahli

Akupuntur adalah salah satu bentuk terapi alternatif yang berasal...

Apa itu Terapi Holistik? Simak Penjelasannya dalam Artikel ini

Terapi holistik adalah suatu jenis terapi yang menggabungkan teknik...

Pengobatan Alternatif ini Popular di Indonesia, Apa Saja?

Pengobatan alternatif menjadi pilihan bagi banyak masyarakat Indonesia saat...

Kisah Dokter Paru Atasi Bronkiektasis Dengan Akupuntur Laser

Bronkiektasis adalah kondisi kronis yang menyebabkan saluran udara di...

Trending sebagai Penyebab Zombie di Film, Ternyata ini Manfaat Jamur Cordyceps buat Kesehatan

Baru-baru ini jamur Cordyceps menjadi trending di jagat maya,...

Seminar Zoom PIKTI: Integrative Care for Post Stroke

Seminar untuk umum via Zoom Meeting 📍 Pendaftaran Gratis 📝...

Ini Rempah Alami Indonesia untuk Jaga Kecantikan

foto: Unsplash/Ratul Ghoshfoto: Unsplash/Ratul Ghosh⁹Indonesia memiliki banyak sumber rempah-rempah...

11 Penyembuhan Alternative Kanker Menurut Mayo Clinic

pengobatan alternatif kankerPenderita kanker sering mencari pengobatan alternatif dan...

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala...

Seminar PIKTI: Integrative Care for Chronic Cough

Seminar untuk umum via Zoom Meeting Pendaftaran Gratis 📝 dapat...

Apakah Akupuntur Aman Untuk Anak-anak? Begini Kata Ahli

Akupuntur adalah salah satu bentuk terapi alternatif yang berasal dari Cina kuno. Ini adalah teknik pengobatan yang menggunakan jarum untuk menstimulasi titik-titik spesifik pada...

Apa itu Terapi Holistik? Simak Penjelasannya dalam Artikel ini

Terapi holistik adalah suatu jenis terapi yang menggabungkan teknik tradisional dan non-tradisional untuk membantu individu secara keseluruhan. Berbeda dengan jenis terapi lain, terapi holistik...

Pengobatan Alternatif ini Popular di Indonesia, Apa Saja?

Pengobatan alternatif menjadi pilihan bagi banyak masyarakat Indonesia saat ini. Banyak faktor yang mempengaruhi, seperti harga yang lebih murah dan kurangnya efektivitas pengobatan medis....

Kisah Dokter Paru Atasi Bronkiektasis Dengan Akupuntur Laser

Bronkiektasis adalah kondisi kronis yang menyebabkan saluran udara di paru-paru membesar dan terinfeksi secara terus-menerus. Ini menyebabkan pembentukan dahak yang sulit untuk dikeluarkan dan...

Trending sebagai Penyebab Zombie di Film, Ternyata ini Manfaat Jamur Cordyceps buat Kesehatan

Baru-baru ini jamur Cordyceps menjadi trending di jagat maya, gegara disebut dalam film The Last of Us sebagai penyebab manusia jadi zombie. Apakah cerita...

Seminar Zoom PIKTI: Integrative Care for Post Stroke

Seminar untuk umum via Zoom Meeting 📍 Pendaftaran Gratis 📝 dapat E-Sertifikat (Untuk mendapatkan E-Sertifikat dimohon registrasi dulu & nama saat pendaftaran dan nama di Zoom...