Menjelang waktu kelahiran, banyak ibu hamil yang merasa stres. Keadaan ini umumnya disebabkan karena perasaan yang tidak tenang, khawatir akan persalinan yang tidak lancar dan sebagainya. Ini sebenarnya bukan hal yang aneh bagi ibu hamil, kebanyakan dari mereka akan merasakan hal ini. Stres ini bisa berakibat nafsu makan yang menurun, hingga emosional yang tida stabil. Ibu hamil tak perlu khawatir jika mengalami hal ini, karena ada beberapa cara untuk mengatasinya seperti :

DIDUKUNG OLEH:

Cara Mencegah Stres Menjelang Waktu Persalinan

Melakukan Meditasi

Salah satu solusi untuk mengatasi stres menjelang waktu persalinan yang dialami oleh ibu hamil ialah dengan melakukan meditasi. Metode ini bisa membuat perasaan dari ibu hamil menjadi lebih tenang. Lakukan teknik pernafasan ringan atau ikuti kelas yoga khusus untuk ibu hamil. Perasaan tenang ini akan membuat ibu hamil tidak lagi memikirkan hal-hal yang menganggu pikiran. Dengan hal ini, nafsu makan akan meningkat dan lebih mudah ketika tidur untuk beristirahat.

Lakukan Kegiatan Ringan Yang Menyerukan

Cara ini dianggap efektif untuk menangkis stres menjelang waktu persalinan. Kegiatan ringan ini bisa berupa bermain bersama anak lain, bercengkrama bersama kerabat ataupun bercanda gurau dengan sang suami. Perasaan senang ini akan membuat ibu hamil bisa melepaskan bebannya saat hendak persalinan. Lakukan hal ini setiap hari, jangan sampai kegiatan ini membuat stamina Anda menjadi menurun.

Makan-Makanan Favorit

Banyak orang menganggap, makanan merupakan mood booster yang bagus. Ibu hamil sebenarnya bisa memakan makanan yang mereka sukai untuk menghindari stres menjelang persalinan sang buah hati. Namun, makanan yang harus dikonsumsi harus sehat dan bergizi. Konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu makanan-makanan apa saja yang boleh dimakan.

Komunikasi Dengan Dokter

Stres yang dialami ibu hamil umumnya didasari perasaan takut. Dengan berkomunikasi dengan dokter, akan membuat kecemasan-kecemasan yang dirasakan sedikit berkurang. Tanyakan bagaimana prosesi persalinannya, dan dokter akan menjawab hal itu dengan baik. Setelah mengetahui hal tersebut, sedikit demi sedikit perasaan takut itu akan hilang dan Anda akan terhindar dari stres.