Canggih! Teknologi Tes Darah Toshiba Bisa Deteksi 13 Jenis Kanker

Perusahaan teknologi asal Tokyo-Jepang, Toshiba Corporation telah mengembangkan teknologi baru pada mesin tes darah yang dibuatnya. Mesin tersebut bisa mendeteksi keberadaan 13 jenis kanker melalui satu tetes darah dengan tingkat akurasi mencapai 99%. Selain itu, hasilnya bisa dilihat dalam hitungan jam. Menakjubkan bukan?

Dalam mengembangkan teknologinya ini, Thosiba bekerjasama dengan National Cancer Center dan Tokyo Medical University. Mesin tes darah ini bekerja dengan cara mendeteksi molekul microRNA untuk mengetahui keberadaan kanker.

MicroRNA sendiri merupakan golongan asam ribonukleat berkas tunggal yang ukurannya sangat kecil. Fungsi dari molekul ini menghambat peran gen pada tahap pasca transkripsi dari ekspresi gen.

Kanker Apa Saja yang Bisa Dideteksi?

Adapun 13 jenis kanker yang bisa dideteksi oleh mesin ini adalah kanker lambung, paru-paru, kerongkongan, hati, pankreas, saluran empedu, usus, ovarium, prostat, kandung kemih, payudara, sarkoma dan glioma.

- Advertisement -

Sebenarnya teknologi diagnosis kanker melalui molekul microRNa semacam ini sudah dikembangkan juga oleh perusahaan lain, seperti Toray Industries Inc dan beberapa perusahaan medis lainnya. Namun, Koji Hashimoto selaku kepala peneliti mengklaim bahwa produknya berada di atas yang lain.

“Dibandingkan dengan metode perusahaan lain, kami mempunyai keunggulan dalam tingkat akurasi deteksi kanker, waktu yang diperlukan untuk mendeteksi dan biaya.” Ujar Koji Hashimoto, dalam keterangannya di sebuah konferensi pers.

Kapan Teknologi ini Dipasarkan?

Teknologi ini telah diresmikan secara sah. Namun, belum bisa dipasarkan secara komersil. Hal ini karena masih perlu dilakukan uji coba. Berdasarkan keterangan yang dipaparkan oleh tim penelitian tersebut paling tidak butuh waktu beberapa tahun lagi untuk bisa dipasarkan secara luas.

Mesin ini mengandalkan chip dan perangkat kecil lainnya untuk melakukan diagnosis dalam waktu sekitar 2 jam dengan biaya yang dikeluarkan sebesar 2.000 yen (US$ 180) atau jika dirupiahkan sekitar Rp. 2,5 Juta (asumsi kurs sebesar Rp. 14.000/US$).

BACA JUGA  Akupresur untuk Meningkatkan Energi Tubuh

Meski perlu beberapa tahun lagi mesin ini dipasarkan tapi yang jelas mesin ini sudah sangat dinanti untuk melengkapi teknologi dalam dunia medis atau pun kesehatan.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...