Canggih! Teknologi Tes Darah Toshiba Bisa Deteksi 13 Jenis Kanker

Perusahaan teknologi asal Tokyo-Jepang, Toshiba Corporation telah mengembangkan teknologi baru pada mesin tes darah yang dibuatnya. Mesin tersebut bisa mendeteksi keberadaan 13 jenis kanker melalui satu tetes darah dengan tingkat akurasi mencapai 99%. Selain itu, hasilnya bisa dilihat dalam hitungan jam. Menakjubkan bukan?

Dalam mengembangkan teknologinya ini, Thosiba bekerjasama dengan National Cancer Center dan Tokyo Medical University. Mesin tes darah ini bekerja dengan cara mendeteksi molekul microRNA untuk mengetahui keberadaan kanker.

MicroRNA sendiri merupakan golongan asam ribonukleat berkas tunggal yang ukurannya sangat kecil. Fungsi dari molekul ini menghambat peran gen pada tahap pasca transkripsi dari ekspresi gen.

Kanker Apa Saja yang Bisa Dideteksi?

Adapun 13 jenis kanker yang bisa dideteksi oleh mesin ini adalah kanker lambung, paru-paru, kerongkongan, hati, pankreas, saluran empedu, usus, ovarium, prostat, kandung kemih, payudara, sarkoma dan glioma.

Sebenarnya teknologi diagnosis kanker melalui molekul microRNa semacam ini sudah dikembangkan juga oleh perusahaan lain, seperti Toray Industries Inc dan beberapa perusahaan medis lainnya. Namun, Koji Hashimoto selaku kepala peneliti mengklaim bahwa produknya berada di atas yang lain.

“Dibandingkan dengan metode perusahaan lain, kami mempunyai keunggulan dalam tingkat akurasi deteksi kanker, waktu yang diperlukan untuk mendeteksi dan biaya.” Ujar Koji Hashimoto, dalam keterangannya di sebuah konferensi pers.

Kapan Teknologi ini Dipasarkan?

Teknologi ini telah diresmikan secara sah. Namun, belum bisa dipasarkan secara komersil. Hal ini karena masih perlu dilakukan uji coba. Berdasarkan keterangan yang dipaparkan oleh tim penelitian tersebut paling tidak butuh waktu beberapa tahun lagi untuk bisa dipasarkan secara luas.

Mesin ini mengandalkan chip dan perangkat kecil lainnya untuk melakukan diagnosis dalam waktu sekitar 2 jam dengan biaya yang dikeluarkan sebesar 2.000 yen (US$ 180) atau jika dirupiahkan sekitar Rp. 2,5 Juta (asumsi kurs sebesar Rp. 14.000/US$).

BACA JUGA  Pertolongan Pertama Obati Sesak dengan Akupresur

Meski perlu beberapa tahun lagi mesin ini dipasarkan tapi yang jelas mesin ini sudah sangat dinanti untuk melengkapi teknologi dalam dunia medis atau pun kesehatan.

TERBARU

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala...

Seminar PIKTI: Integrative Care for Chronic Cough

Seminar untuk umum via Zoom Meeting Pendaftaran Gratis 📝 dapat...

Simak Kegunaan Hipnoterapi Dalam Mengatasi Kecanduan

Hipnoterapi adalah metode pengobatan berbasis bukti yang digunakan untuk...

Mengenal Terapi CBT dan Cara Kerjanya Dalam Mengatasi Adiksi

Cognitive-behavioral therapy (CBT) adalah terapi psikologi yang populer dan...

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal...

Mengenal Pengobatan Tradisional khas Bali

Orang Bali hidup dalam dua dunia yang berbeda: dunia...

Kasusnya Mulai Turun di Indonesia, Apa itu Stunting? Bagaimana Mengatasinya dengan Pengobatan Tradisional?

Baru-baru ini Kementerian Kesehatan mengumumkan hasil Survei Status Gizi...

Akupunturis di Zimbabwe Jadikan TCM Terjangkau bagi Penduduk setempat

Akupunktur adalah salah satu bentuk terapi medis alternatif yang...

Ahli Kesehatan Tradisional Himbau Ramuan Herbal Tak Boleh Diberikan kepada Bayi, Kenapa?

Beberapa waktu lalu, viral soal bayi 54 hari yang...

Simak Rekomendasi Cara Mengatasi Adiksi Narkoba Menurut Psikolog UI

foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiyaAdiksi narkoba merupakan masalah serius yang menyebabkan...

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala dan dimanfaatkan oleh masyarakat dalam upaya preventif, promotif, kuratif dan rehabilitatif. Berikut ini pemaparan dari...

Seminar PIKTI: Integrative Care for Chronic Cough

Seminar untuk umum via Zoom Meeting Pendaftaran Gratis 📝 dapat E-Sertifikat (Untuk mendapatkan E-Sertifikat dimohon registrasi dulu & nama saat pendaftaran dan nama di Zoom harus...

Simak Kegunaan Hipnoterapi Dalam Mengatasi Kecanduan

Hipnoterapi adalah metode pengobatan berbasis bukti yang digunakan untuk mengatasi kecanduan dan masalah psikologis lainnya. Proses ini menggabungkan hipnosis, yaitu perubahan kesadaran yang diinduksi...

Mengenal Terapi CBT dan Cara Kerjanya Dalam Mengatasi Adiksi

Cognitive-behavioral therapy (CBT) adalah terapi psikologi yang populer dan efektif dalam mengatasi berbagai masalah emosional dan perilaku, termasuk adiksi. CBT didasarkan pada teori bahwa...

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal dari pengobatan tradisional China. Praktiknya melibatkan seorang praktisi yang membakar ramuan moxa pada atau di...

Mengenal Pengobatan Tradisional khas Bali

Orang Bali hidup dalam dua dunia yang berbeda: dunia fisik atau yang disebut sekala dan dunia spiritual atau psikis yang disebut niskala. Dalam pengobatan...