Terapi akupresur untuk mata merah, efektifkah? Mata merah merupakan salah satu gangguan yang bisa terjadi di area mata. Biasanya hal ini terjadi karena kondisi mata yang kering.

Terapi Akupresur Untuk Mata

Mata yang selalu kering disebabkan karena kelembaban mata mulai berkurang sehingga bisa menimbulkan efek berupa mata merah, dan bisa juga karena terlalu sensitif ketika terkena cahaya yang menyilaukan.

Untuk mengobati masalah ini, biasanya dokter akan mengatasinya dengan memberikan obat tetes mata. Namun, adakah cara lain untuk mengatasi hal ini? Simak penjelasannya berikut ini.

DIDUKUNG OLEH:

Akupresur merupakan salah satu terapi tradisional yang bisa membantu meredakan gejala mata merah atau sakit mata. Biasanya sang terapis akan memijat area tertentu untuk menyembuhkan penyakit ini.

Mengapa harus diobati? Karena, mata merah dan gatal, serta sensitif saat terkena cahaya tentu sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, dan hal ini bisa menghambat pekerjaan.

Perlu Anda ketahui, terapi pijat bisa dikombinasikan dengan penggunaan obat tetes mata. Terapi ini bertujuan menunjang kesembuhan dan membantu mempercepat kesembuhan.

Mata kering bisa terjadi karena tidak lancarnya aliran darah. Oleh karena itu, akupresur berperan dalam membantu melancarkan aliran darah dalam tubuh untuk mengembalikan kelembaban mata.

Kondisi mata kering dan merah ini juga bisa terjadi karena mata yang terlalu tegang saat melakukan aktivitas sehari-hari, hal ini bisa terjadi karena terlalu lama menatap layar atau aktivitas mata.

Mata merah juga bisa disebabkan karena ada debu yang masuk ke dalam mata, atau kurangnya zat air mata yang berfungsi sebagai antiseptik penangkal radikal bebas.

Anda bisa mulai memijat area mata yang ada di bagian dalam sudut mata. Tekan perlahan dan pijat area ini ke arah luar dan kembali ke dalam. Anda bisa melakukan cara ini satu menit saat malam hari.

BACA JUGA  Mengapa Perlu Menggunakan Terapi Akupuntur?

Cara kedua adalah mencubit area bawah mata hingga luar mata. Cara ini juga bisa dilakukan ketika kelopak mata membengkak, dan cara ini bisa dilakukan sambil memejamkan mata.

Cara tersebut bisa dilakukan selama 1 menit hingga masalah di area mata berkurang, namun biasanya cara kedua itu dilakukan untuk memudarkan kantung mata.