Terapi Akupuntur Membantu Atasi PCOS Pada Wanita

Terapi akupuntur diklaim dapat membantu mengatasi masalah PCOS pada wanita, benarkah demikian? PCOS adalah suatu kondisi ketika perempuan memiliki hormon testosteron yang tinggi.

Bantu Atasi PCOS Dengan Terapi Akupuntur

PCOS atau Polycystic Ovarian Syndrome merupakan gangguan yang terjadi pada wanita ketika di usia subur. Penderita PCOS mengalami gangguan saat menstruasi dan memiliki kadar hormon androgen yang berlebihan.

Hormon androgen yang berlebihan ini mengakibatkan indung telur memproduksi kantung cairan berlebihan. Oleh karena itulah sel telur tidak berkembang sempurna dan gagal dilepaskan teratur.

Akibat dari kondisi ini, penderitanya akan beresiko mandul dan lebih rentan terkena tekanan darah tinggi dan diabetes. Gejala PCOS bisa terjadi ketika seorang wanita mengalami haid pertamanya.

Adapun gejala dari PCOS adalah gangguan saat menstruasi, warna kulit menjadi gelap, kadar hormon androgen yang meningkat dan menderita kista ovarium.

Akupuntur diklaim dapat mengatasi masalah PCOS pada wanita. Sebuah penelitian telah dilakukan dan hasilnya, perempuan yang mendapatkan terapi akupuntur listrik di area perut dan belakang lutut mendapatkan hasil yang bagus.

Perempuan yang melakukan terapi tusuk jarum ini, bisa mengurangi ketidakteraturan haid atau menstruasi dan menurunkan kadar hormon testosteron. Bahkan, menurut ahli akupuntur tidaklah menimbulkan efek samping.

Bagi penderita PCOS, terapi tusuk jarum ini membutuhkan waktu terapi selama 3 hingga 4 bulan untuk melihat hasil yang signifikan dalam mengurangi masalah kelebihan hormon tersebut.

Anda bisa mulai memeriksakan ke dokter jika mengalami menstruasi yang tidak teratur. Penyebab dari kondisi ini juga bisa karena faktor genetik atau kelebihan hormon insulin.

Bagi penderita PCOS yang sedang hamil, ibu hamil tersebut beresiko melahirkan bayi secara prematur, menderita tekanan darah tinggi bahkan beresiko mengalami keguguran.

BACA JUGA  Terapi Akupuntur Untuk Gangguan Sistem Saraf Tepi

Jadi, jika merasakan gejala atau hal yang tidak beres pada tubuh, periksakanlah diri ke dokter sesegera mungkin. Karena, hal ini sangat penting bagi kesehatan tubuh sendiri.

Jika dibiarkan, masalah ini akan menjadi lebih serius dan khawatir beresiko lebih tinggi lagi. Anda bisa melakukan terapi akupuntur untuk mengatasi gejala atau memeriksakan diri ke dokter.

TERBARU

Kisah Dokter Paru Atasi Bronkiektasis Dengan Akupuntur Laser

Bronkiektasis adalah kondisi kronis yang menyebabkan saluran udara di...

Trending sebagai Penyebab Zombie di Film, Ternyata ini Manfaat Jamur Cordyceps buat Kesehatan

Baru-baru ini jamur Cordyceps menjadi trending di jagat maya,...

Seminar Zoom PIKTI: Integrative Care for Post Stroke

Seminar untuk umum via Zoom Meeting 📍 Pendaftaran Gratis 📝...

Ini Rempah Alami Indonesia untuk Jaga Kecantikan

foto: Unsplash/Ratul Ghoshfoto: Unsplash/Ratul Ghosh⁹Indonesia memiliki banyak sumber rempah-rempah...

11 Penyembuhan Alternative Kanker Menurut Mayo Clinic

pengobatan alternatif kankerPenderita kanker sering mencari pengobatan alternatif dan...

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala...

Seminar PIKTI: Integrative Care for Chronic Cough

Seminar untuk umum via Zoom Meeting Pendaftaran Gratis 📝 dapat...

Simak Kegunaan Hipnoterapi Dalam Mengatasi Kecanduan

Hipnoterapi adalah metode pengobatan berbasis bukti yang digunakan untuk...

Mengenal Terapi CBT dan Cara Kerjanya Dalam Mengatasi Adiksi

Cognitive-behavioral therapy (CBT) adalah terapi psikologi yang populer dan...

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal...

Kisah Dokter Paru Atasi Bronkiektasis Dengan Akupuntur Laser

Bronkiektasis adalah kondisi kronis yang menyebabkan saluran udara di paru-paru membesar dan terinfeksi secara terus-menerus. Ini menyebabkan pembentukan dahak yang sulit untuk dikeluarkan dan...

Trending sebagai Penyebab Zombie di Film, Ternyata ini Manfaat Jamur Cordyceps buat Kesehatan

Baru-baru ini jamur Cordyceps menjadi trending di jagat maya, gegara disebut dalam film The Last of Us sebagai penyebab manusia jadi zombie. Apakah cerita...

Seminar Zoom PIKTI: Integrative Care for Post Stroke

Seminar untuk umum via Zoom Meeting 📍 Pendaftaran Gratis 📝 dapat E-Sertifikat (Untuk mendapatkan E-Sertifikat dimohon registrasi dulu & nama saat pendaftaran dan nama di Zoom...

Ini Rempah Alami Indonesia untuk Jaga Kecantikan

foto: Unsplash/Ratul Ghoshfoto: Unsplash/Ratul Ghosh⁹Indonesia memiliki banyak sumber rempah-rempah alami yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Rempah-rempah ini lebih baik digunakan daripada produk...

11 Penyembuhan Alternative Kanker Menurut Mayo Clinic

pengobatan alternatif kankerPenderita kanker sering mencari pengobatan alternatif dan komplementer untuk mengatasi gejala dan efek samping dari perawatan kanker. Pengobatan alternatif biasanya tidak diberikan...

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala dan dimanfaatkan oleh masyarakat dalam upaya preventif, promotif, kuratif dan rehabilitatif. Berikut ini pemaparan dari...