Terapi akupuntur diklaim dapat membantu mengatasi masalah PCOS pada wanita, benarkah demikian? PCOS adalah suatu kondisi ketika perempuan memiliki hormon testosteron yang tinggi.

Bantu Atasi PCOS Dengan Terapi Akupuntur

PCOS atau Polycystic Ovarian Syndrome merupakan gangguan yang terjadi pada wanita ketika di usia subur. Penderita PCOS mengalami gangguan saat menstruasi dan memiliki kadar hormon androgen yang berlebihan.

Hormon androgen yang berlebihan ini mengakibatkan indung telur memproduksi kantung cairan berlebihan. Oleh karena itulah sel telur tidak berkembang sempurna dan gagal dilepaskan teratur.

DIDUKUNG OLEH:

Akibat dari kondisi ini, penderitanya akan beresiko mandul dan lebih rentan terkena tekanan darah tinggi dan diabetes. Gejala PCOS bisa terjadi ketika seorang wanita mengalami haid pertamanya.

Adapun gejala dari PCOS adalah gangguan saat menstruasi, warna kulit menjadi gelap, kadar hormon androgen yang meningkat dan menderita kista ovarium.

Akupuntur diklaim dapat mengatasi masalah PCOS pada wanita. Sebuah penelitian telah dilakukan dan hasilnya, perempuan yang mendapatkan terapi akupuntur listrik di area perut dan belakang lutut mendapatkan hasil yang bagus.

Perempuan yang melakukan terapi tusuk jarum ini, bisa mengurangi ketidakteraturan haid atau menstruasi dan menurunkan kadar hormon testosteron. Bahkan, menurut ahli akupuntur tidaklah menimbulkan efek samping.

Bagi penderita PCOS, terapi tusuk jarum ini membutuhkan waktu terapi selama 3 hingga 4 bulan untuk melihat hasil yang signifikan dalam mengurangi masalah kelebihan hormon tersebut.

Anda bisa mulai memeriksakan ke dokter jika mengalami menstruasi yang tidak teratur. Penyebab dari kondisi ini juga bisa karena faktor genetik atau kelebihan hormon insulin.

Bagi penderita PCOS yang sedang hamil, ibu hamil tersebut beresiko melahirkan bayi secara prematur, menderita tekanan darah tinggi bahkan beresiko mengalami keguguran.

BACA JUGA  Lakukan Cara Akupuntur Sendiri Dengan Mudah

Jadi, jika merasakan gejala atau hal yang tidak beres pada tubuh, periksakanlah diri ke dokter sesegera mungkin. Karena, hal ini sangat penting bagi kesehatan tubuh sendiri.

Jika dibiarkan, masalah ini akan menjadi lebih serius dan khawatir beresiko lebih tinggi lagi. Anda bisa melakukan terapi akupuntur untuk mengatasi gejala atau memeriksakan diri ke dokter.