Terapi Akupuntur Untuk Keseimbangan Tubuh

Terapi akupuntur sebenarnya sudah ada sejak 4000 tahun lalu. Terapi akupuntur untuk keseimbangan ini berfungsi untuk mengatasi segala macam penyakit yang timbul di tubuh seseorang.

Terapi Akupuntur Untuk Keseimbangan Tubuh

Di tahun 1970, terapi akupuntur medik mulai dikembangkan di Amerika dan Eropa, dan di tahun 1991, WHO telah menyetujui terapi ini sebagai metode pengobatan di sistem kesehatan negara yang tergabung di WHO.

Di Indonesia sendiri, akupuntur telah berkembang sejak tahun 1963. Melakukan terapi akupuntur banyak sekali manfaatnya, dan menurut kepercayaan Cina, berbagai macam masalah kesehatan terjadi karena tubuh tidak seimbang.

Terapi ini juga diklaim bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit yang menyerang tubuh, tentu saja dengan cara menstimulasi area tubuh tertentu dengan menggunakan jarum akupuntur.

- Advertisement -

Ketika kondisi tubuh tidak seimbang, manusia akan rawan terkena penyakit. Oleh karena itu, akupuntur berfungsi menstimulasi area yang terhubung dengan pusat masalah dan melancarkan aliran chi di sana.

Terapi akupuntur tidak hanya bisa digunakan untuk mengobati penyakit saja. Terapi ini juga bisa digunakan sebagai terapi kecantikan, terapi untuk membantu keberhasilan program hamil dan lain sebagainya.

Area tubuh yang biasanya di stimulasi adalah area tangan dan kaki, terlebih lagi kaki adalah area yang terhubung dengan berbagai macam organ penting yang ada di dalam tubuh manusia.

Dalam satu kali terapi akupuntur, dalam 1 sesi biasanya hanya dilakukan 12 kali dan akupuntur bisa dilakukan maksimal 3 kali dalam seminggu. Sebelum akupuntur, terapis juga memeriksa kondisi pasien terlebih dahulu.

Seperti akupuntur untuk ibu hamil, hanya ibu hamil yang kondisinya sehat dan sudah memasuki masa trimester 3 yang bisa melakukan terapi akupuntur. Bahkan, terapi ini juga bisa digunakan sebagai pencegahan tertular virus.

BACA JUGA  Tertarik Jajal Olahraga Lari Maraton Seperti Artis Ini? Berikut 8 Manfaatnya

Apalagi di masa sekarang, virus covid-19 sedang merajalela, akupuntur turut membantu meningkatkan imun tubuh seseorang dan juga membantu masa pemulihan pasien covid. Terapi ini juga relatif aman dilakukan.

Akupuntur dibagi menjadi 5, sonopunktur, laserpunktur, elektroakupunktur, aqua akupunktur dan akupuntur biasa. Kelimanya ini memiliki efek yang sama, yakni mengobati masalah kesehatan.

Terapi akupuntur untuk keseimbangan memanglah tujuan utama dari terapi ini. Karena, tubuh seimbang bisa membuat tubuh menjadi sehat, bugar dan terhindar dari berbagai macam jenis penyakit.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...