Akupuntur bisa dilakukan oleh semua kalangan, yang muda maupun tua. Lalu, apakah terapi akupuntur untuk sembuhkan penyakit pada bayi efektif dilakukan?

Amankah Terapi Akupuntur Untuk Sembuhkan Bayi?

Terapi tusuk jarum ini diklaim bisa mengobati segala jenis penyakit, dan bahkan bisa digunakan sebagai pengobatan tambahan pasca stroke. Hal inilah yang membuat akupuntur dikenal oleh semua lapisan masyarakat.

Lalu, bisakah akupuntur dilakukan pada bayi? Akupuntur diklaim bisa mengatasi kolik pada bayi. Kolik merupakan suatu kondisi dimana bayi menangis terus menerus.

DIDUKUNG OLEH:

Hal ini biasa terjadi pada bayi, namun jika berlebihan tentu berbahaya untuk kondisi bayi tersebut. Menangis pada bayi wajar terjadi karena hal tersebut merupakan cara bayi untuk berkomunikasi.

Jika merasa lapar, haus atau hal apapun, bayi akan terus menangis. Namun, jika bayi menangis secara berlebihan dan terus menerus, bisa jadi itu tanda kolik.

Untuk mengatasi masalah tersebut pada bayi, akupuntur telah dipilih sebagai pengobatan yang tepat untuk mengatasinya. Menurut sebuah penelitian, akupuntur relatif aman dilakukan pada bayi di bawah usia 2 tahun.

Namun, penelitian lebih lanjut harus dilakukan terkait masalah ini. Akupuntur yang dilakukan pada bayi juga harus menggunakan tenaga profesional yang sudah berpengalaman dan memiliki sertifikat.

Tidak hanya itu, terapi yang dilakukan juga harus sesederhana mungkin dan tidak melibatkan banyak penusukan jarum pada tubuh bayi. Menurut sumber lain, akupuntur pada bayi juga tidak harus dilakukan dengan menusukkan jarum.

Terapi yang biasa dilakukan pada bayi dan balita biasanya menggunakan metode moksa atau pemanasan, menggunakan sinar laser, gelombang suara ultra dan sebuah batang logam yang hanya disentuhkan.

Anda bisa menggunakan akupuntur dengan cara memberi pijatan dan tekanna melingkar pada titik akupuntur dengan lembut. Cara ini juga disebut dengan teknik akupresur.

BACA JUGA  Begini Cara Kerja AKupuntur Untuk Mengobati Depresi

Sebelum melakukan terapi, alangkah lebih baik untuk konsul pada ahli terapis, apakah bayi yang sedang mengalami keluhan tersebut aman melakukan akupuntur atau tidak.

Jadi, terapi akupuntur untuk sembuhkan keluhan pada bayi ini masih mengundang pro dan kontra. Usahakan untuk mengambil langkah aman dan jika ingin melakukan akupuntur, lakukanlah dengan ahlinya.