Terapi Akupuntur Untuk Sembuhkan Penyakit Pada Bayi

Akupuntur bisa dilakukan oleh semua kalangan, yang muda maupun tua. Lalu, apakah terapi akupuntur untuk sembuhkan penyakit pada bayi efektif dilakukan?

Amankah Terapi Akupuntur Untuk Sembuhkan Bayi?

Terapi tusuk jarum ini diklaim bisa mengobati segala jenis penyakit, dan bahkan bisa digunakan sebagai pengobatan tambahan pasca stroke. Hal inilah yang membuat akupuntur dikenal oleh semua lapisan masyarakat.

Lalu, bisakah akupuntur dilakukan pada bayi? Akupuntur diklaim bisa mengatasi kolik pada bayi. Kolik merupakan suatu kondisi dimana bayi menangis terus menerus.

Hal ini biasa terjadi pada bayi, namun jika berlebihan tentu berbahaya untuk kondisi bayi tersebut. Menangis pada bayi wajar terjadi karena hal tersebut merupakan cara bayi untuk berkomunikasi.

- Advertisement -

Jika merasa lapar, haus atau hal apapun, bayi akan terus menangis. Namun, jika bayi menangis secara berlebihan dan terus menerus, bisa jadi itu tanda kolik.

Untuk mengatasi masalah tersebut pada bayi, akupuntur telah dipilih sebagai pengobatan yang tepat untuk mengatasinya. Menurut sebuah penelitian, akupuntur relatif aman dilakukan pada bayi di bawah usia 2 tahun.

Namun, penelitian lebih lanjut harus dilakukan terkait masalah ini. Akupuntur yang dilakukan pada bayi juga harus menggunakan tenaga profesional yang sudah berpengalaman dan memiliki sertifikat.

Tidak hanya itu, terapi yang dilakukan juga harus sesederhana mungkin dan tidak melibatkan banyak penusukan jarum pada tubuh bayi. Menurut sumber lain, akupuntur pada bayi juga tidak harus dilakukan dengan menusukkan jarum.

Terapi yang biasa dilakukan pada bayi dan balita biasanya menggunakan metode moksa atau pemanasan, menggunakan sinar laser, gelombang suara ultra dan sebuah batang logam yang hanya disentuhkan.

Anda bisa menggunakan akupuntur dengan cara memberi pijatan dan tekanna melingkar pada titik akupuntur dengan lembut. Cara ini juga disebut dengan teknik akupresur.

BACA JUGA  Pemerintah Akan Rekrut ASN PPPK, Termasuk Tenaga Kesehatan

Sebelum melakukan terapi, alangkah lebih baik untuk konsul pada ahli terapis, apakah bayi yang sedang mengalami keluhan tersebut aman melakukan akupuntur atau tidak.

Jadi, terapi akupuntur untuk sembuhkan keluhan pada bayi ini masih mengundang pro dan kontra. Usahakan untuk mengambil langkah aman dan jika ingin melakukan akupuntur, lakukanlah dengan ahlinya.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...