Tahukah kamu bahwa terapi akupuntur bisa dijadikan sebagai cara jitu untuk mengusir nyeri di bagian punggung. Biasanya cara yang digunakan untuk mengusir nyeri punggung adalah dengan mengkonsumsi obat maupun memijatnya dengan minyak.

Nah, dengan adanya terapi akupuntur ini, penggunaan obat bisa Anda kurangi hanya dengan melakukan terapi tradisional asal Cina ini.

Terapi Akupuntur Sebagai Cara Alternatif Obati Nyeri Punggung

Nyeri di bagian punggung bisa menyerang kapan saja dan tentu sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Mengkonsumsi obat, menggosoknya dengan menggunakan minyak biasa dilakukan untuk mengatasi masalah ini.

DIDUKUNG OLEH:

Di bawah ini terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi nyeri punggung, yaitu:

– Postur tubuh yang baik

Postur tubuh yang buruk seperti duduk terlalu lama dan membungkuk bisa memperparah nyeri di bagian punggung. Cobalah untuk membuat postur tubuh yang baik seperti duduk tegak dengan bahu yang rileks dan juga tubuh yang disangga dengan sandaran kursi.

– Terapi akupuntur

Nyeri punggung juga bisa diredakan dengan melakukan terapi akupuntur. Dengan menstimulasi titik tertentu yang berhubungan dengan punggung, nyeri di bagian ini akan berkurang.

– Pijat akupresur

Selain akupuntur, pijat juga bisa digunakan untuk menghilangkan nyeri di bagian punggung.

– Mengompres dengan air es dan panas

Mengompres dengan es dapat mengurangi nyeri di bagian punggung. Anda bisa mencoba ini beberapa kali sehari sampai 20 menit setiap kali kompres.

Setelah beberapa hari, kompreslah dengan air panas. Gunakan bantalan hangat untuk mengkompres bagian yang sakit untuk meningkatkan aliran darah dan mengendurkan otot di bagian tersebut.

– Menggunakan obat pereda nyeri

Dua jenis obat yang biasa digunakan untuk mengobati nyeri punggung adalah asetaminofen dan antiinflamasi nonsteroid. Namun, jika ingin mengkonsumsi obat tersebut, Anda harus mengkonsultasikannya terlebih dulu ke dokter karena obat tersebut memiliki efek samping dan khawatir menimbulkan efek yang tidak diinginkan.

BACA JUGA  Peran Akupuntur Penambah Nafsu Makan

– Tidur dengan posisi yang benar

Untuk menghindari nyeri punggung, Anda bisa tidur dengan posisi miring dan pastikan untuk tidur di kasur yang nyaman dan kokoh.

Cara-cara di atas termasuk terapi akupuntur bisa dicoba sebagai cara untuk meredakan nyeri punggung. Namun, jika masalah tidak kunjung sembuh, sebaiknya segera periksa ke dokter untuk ditindaklanjuti.