Terapi Bekam Saat Berpuasa, Bolehkah Dilakukan?

Bolehkah terapi bekam saat berpuasa dilakukan? Di bulan suci Ramadhan, seluruh umat muslim diwajibkan untuk berpuasa. Tidak boleh makan dan minum hingga terbenamnya matahari dan juga aturan lainnya yang dapat membatalkan puasa.

Lalu, ketika seseorang ingin melakukan terapi, bolehkah dilakukan dalam keadaan berpuasa? Apakah hal tersebut bisa membatalkan seseorang yang sedang berpuasa atau tidak? Simak penjelasannya berikut ini.

Terapi Bekam Saat Berpuasa

Bekam merupakan salah satu jenis terapi tradisional yang sudah dikenal oleh seluruh masyarakat di dunia, termasuk Indonesia. Di Arab terapi ini disebut dengan Hijamah yang artinya melepaskan darah kotor.

Bekam menggunakan bantuan alat berupa cawan atau kop yang dipanaskan dan diletakkan di titik tertentu yang terhubung dengan keluhan pasien. Terapi ini juga memiliki 2 jenis teknik yang bisa digunakan oleh pasien.

- Advertisement -

Yang pertama adalah bekam basah, jenis ini menggunakan sebuah sayatan kecil di kulit untuk mengeluarkan darah kotor yang ada di dalam tubuh. Jenis yang kedua ialah bekam kering, jenis ini tidak memerlukan sayatan di area kulit.

Bekam sangat bermanfaat bagi kesehatan, melalui terapi ini, racun dan darah kotor akan terbuang keluar dari tubuh sekaligus bermanfaat bagi kesehatan tubuh lainnya.

Migrain, masalah jerawat, dan juga meremajakan kulit merupakan manfaat yang akan didapat dari terapi ini. Karena banyaknya manfaat yang didapat, terapi ini menjadi banyak diminati oleh seluruh golongan masyarakat.

Namun, apakah melakukan terapi ini disaat berpuasa akan membatalkan puasa? Menurut Ustadz Abul Hayyi Nur yang merupakan seorang pimpinan Pondok Pesantren Syawarifiyyah mengatakan ada 2 pendapat terkait hal ini:

1. Tidak membatalkan puasa

Menurut Syafi’i Hanafi, bekam tidak membatalkan puasa, hal ini berdasarkan hadist Rasulullah. Rasulullah pernah berbekam di keadaan ihram dan pernah berbekam dalam keadaan puasa, berdasarkan HR Bukhari.

BACA JUGA  Meminimalisir Cedera Pada Atlet Dengan Akupuntur

2. Membatalkan puasa

Menurut Mazahab Hambali yang berlandaskan dari hadist Syaddad bin Aus ra, orang yang berbekam dan dibekam, keduanya batal puasanya, berdasarkan HR. Abu Dawud dan Ahmad. Namun, umumnya menurut ulama hadist ini sudah tidak berlaku lagi.

Namun, pada umumnya, puasa akan batal jika ada sesuatu yang masuk ke dalam tubuh. Jadi, aktivitas yang mengeluarkan sesuatu dari dalam tubuh seperti bekam tidak membatalkan puasa.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...