Terapi Bekam Saat Haid Tidak Dilarang, Tapi …

Apakah wanita yang sedang haid boleh menjalani bekam? Ini menjadi pertanyaan banyak pihak yang tertarik untuk menjalani terapi tersebut. Kita akan membahas lebih jauh dalam artikel ini.

Bekam (hijamah) secara bahasa berarti menghisap. Bekam dilakukan dengan cara menyedot permukaan kulit dengan alat khusus dan dilanjutkan pengeluaran darah dari bawah kulit.

Ada dua jenis bekam yaitu: Bekam basah, yakni bekam yang menyedot permukaan kulit dan dilakukan pengeluaran darah. Dan, bekam kering, yakni proses bekam tanpa dilukai dan dikeluarkan darahnya, jadi hanya menyedot saja.

Bekam merupakan salah satu jenis terapi alternatif yang dilansir dapat membantu menjaga kesehatan tubuh, seperti dengan cara: Mengeluarkan darah kotor, Memperbaiki fungsi organ tubuh, Menambah antibodi.

Oleh sebab itu, bekam berguna untuk mencegah beberapa penyakit. Seperti: Gangguan darah, misalnya anemia, hemofilia, Rematik, radang sendi (arthritis), fibromialgia, Gangguan kesuburan dan organ reproduksi, Kelainan kulit, Hipertensi (tekanan darah tinggi), dll.

Terapi Bekam Saat Menstruasi

Haid atau menstruasi merupakan suatu hal yang lumrah terjadi pada setiap wanita yang sudah dewasa. Peristiwa ini adalah proses peluruhan dinding rahim yang kemudian dikeluarkan dari dalam tubuh dalam bentuk darah haid.

Setiap wanita memiliki siklus haid yang berbeda-beda karena banyak faktor yang mempengaruhinya. Namun biasanya wanita mengalami siklus haid selama 28 hari dengan durasi menstruasi selama rata-rata 5 hari.

Wanita yang mengalami datang bulan biasanya juga akan mengalami perubahan metabolisme tubuh hingga perubahan psikologis akibat dari perubahan hormon reproduksi selama proses menstruasi.

Pertanyaan yang sering muncul dari kalangan wanita kepada terapis bekam adalah apakah boleh menjalani bekam saat haid? Terutama yang ditanyakan adalah bekam basah dengan mengeluarkan darah.

BACA JUGA  Prediksi 3 Makanan Sehat yang Akan Digemari di Tahun 2020

Hal itu wajar ditanyakan karena pada saat haid wanita biasanya mengeluarkan banyak darah dan pengaruh lain akibat perubahan hormon yang terjadi.

Pada dasarnya menjalani terapi bekam saat haid tidaklah dilarang dalam artian boleh dilakukan apabila memungkinkan dan tidak dikhawatirkan akan membuat pasien menjadi lemah.

Namun jika ada indikasi yang sekiranya akan berakibat tidak baik, maka sebaiknya tunda dulu dan terapi bekam bisa dilaksanakan di lain hari ketika haid sudah selesai.

Jadi bekam dengan mengeluarkan darah bagi wanita yang sedang haid dibolehkan dengan syarat memiliki stamina dan kondisi yang baik.

Dan sebaliknya jika kondisi haid kurang baik atau sedang tidak fit, maka sebaiknya cukup lakukan terapi bekam kering saja yakni tanpa mengeluarkan darah sehingga tidak membuat pasien menjadi lemah.

Selain itu, merujuk beberapa literatur, wanita yang sedang mengalami menstruasi tidak disarankan untuk melakukan bekam.

Meski demikian, informasi medis terkait bagaimana hubungan antara bekam dengan menstruasi masih sangat terbatas. [AB]

TERBARU

Studi Etnomedisin Batak Karo, Temukan 4 Pengobatan Tradisional ini

Praktik etnomedisin merupakan warisan budaya tradisional yang sangat berharga...

Mengenal Holographic Meridian Scraping Therapy (HMST), Terapi Baru yang Dikembangkan dari Gua Sha atau Kerokan

Holographic Meridian Scraping Therapy (HMST) adalah teknik penyembuhan yang...

Nepal Merintis Diplomasi Herbal, Bagaimana Bisa?

Gaya hidup yang paham teknologi saat ini membuat kita...

Menyehatkan Kulit hingga Pencernaan, Mari Simak Manfaat dari Bunga yang Dapat Dimakan ini

Montana Honeylion, pendiri Warrior Peak Botanicals, memiliki minat yang...

Kerokan, Metode Pengobatan Tradisional yang Sudah Berusia 2.000 Tahun

Kerokan adalah salah satu terapi yang jamak dilakukan ketika...

Astaga! Kantor Dokter AS ini Salah Menagih Biaya Perangkat Akupuntur Setara Rp16 Miliar

Melansir laman Cleveland, Departemen Kehakiman AS mengumumkan bahwa sebuah...

Bagaimana Terapi Akupuntur Bisa Meningkatkan Kualitas Kesehatan Anda?

Akupunktur adalah salah satu bentuk pengobatan dalam Traditional Chinese...

Jangan Gegabah, Suplemen ini Tak Boleh Dikonsumsi Bersamaan dengan Obat

Suplemen adalah produk nutrisi tambahan yang sering dikonsumsi oleh...

Kemenkes Imbau Masyarakat Waspada terhadap beberapa Penyakit Tropis ini

Kementerian Kesehatan RI menghimbau masyarakat agar waspada terhadap beberapa...

Jadi Paham, Ternyata Ini Perbedaan Jamu, Obat Herbal Terstandar dan Fitofarmaka

Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki kekayaan sumber hayati...

Studi Etnomedisin Batak Karo, Temukan 4 Pengobatan Tradisional ini

Praktik etnomedisin merupakan warisan budaya tradisional yang sangat berharga dan perlu dipelajari. Berbagai ramuan yang berasal dari alam sekitar digunakan dalam praktek pengobatan tradisional....

Mengenal Holographic Meridian Scraping Therapy (HMST), Terapi Baru yang Dikembangkan dari Gua Sha atau Kerokan

Holographic Meridian Scraping Therapy (HMST) adalah teknik penyembuhan yang digunakan di Asia oleh para praktisi Pengobatan Tradisional Cina (TCM), baik di lingkungan klinis maupun...

Nepal Merintis Diplomasi Herbal, Bagaimana Bisa?

Gaya hidup yang paham teknologi saat ini membuat kita semakin terpisah dari alam. Namun, karena kita adalah bagian dari alam, kita tidak dapat bersembunyi...

Menyehatkan Kulit hingga Pencernaan, Mari Simak Manfaat dari Bunga yang Dapat Dimakan ini

Montana Honeylion, pendiri Warrior Peak Botanicals, memiliki minat yang kuat dalam kesehatan holistik sejak kecil. Ia mengonsumsi teh herbal yang dibuat oleh ibunya, yang...

Kerokan, Metode Pengobatan Tradisional yang Sudah Berusia 2.000 Tahun

Kerokan adalah salah satu terapi yang jamak dilakukan ketika seseorang mengalami masuk angin. Ternyata metode pengobatan tradisional ini sudah berumur lebih dari 2.000 tahun....

Astaga! Kantor Dokter AS ini Salah Menagih Biaya Perangkat Akupuntur Setara Rp16 Miliar

Melansir laman Cleveland, Departemen Kehakiman AS mengumumkan bahwa sebuah kantor dokter di Ohio yang sudah tidak beroperasi, Westlake, salah menagih Medicare sebesar $1,1 juta...