Terapi moxa atau moksibusi merupakan salah satu pengobatan tradisional Cina yang memiliki keampuhan sama untuk mengobati penyakit. Terapi ini merupakan salah satu jenis terapi efektif yang sama dengan akupuntur.

Terapi Moxa atau Moksibusi Untuk Kesehatan

Teknik pengobatan moxa sering dilakukan di Cina, Jepang, Mongolia dan Korea, terapi ini sering dilakukan bersama dengan akupuntur dan merupakan salah satu jenis ilmu pengobatan Timur.

Dasar teori dari moksibusi sama dengan akupuntur, yaitu menggunakan teori 5 unsur, Yin dan Yang, dan perjalanan energi di jalur meridian yang menghubungkan semua titik akupuntur.

DIDUKUNG OLEH:

Prinsip dari terapi ini adalah rasa hangat, terapi ini menggunakan tanaman herbal yang bernama artemisia vulgaris yang dibakar dan menciptakan panas. Tanaman itu digulung dalam beberapa ukuran.

Mugwort atau tanaman artemisia vulgaris yang dibakar ini ditempelkan pada titik akupuntur yang ada di permukaan tubuh, setelah itu dibakar agar rasa hangatnya masuk ke dalam kulit.

Tidak perlu khawatir akan terkena luka bakar, karena sebelum habis, mugwort akan dipadamkan sebelum menyentuh kulit. Oleh karena itu, terapi ini tidak boleh dilakukan oleh sembarang orang.

Selain langsung diletakkan di titik akupuntur yang ada di permukaan kulit, cara mengaplikasikan moksibusi ini bisa dikombinasikan dengan akupuntur. Mugwort tersebut bisa ditempelkan di jarum akupuntur.

Melalui jarum ini, saat mugwort dibakar, sensasi hangat akan dihantarkan oleh jarum ke permukaan tubuh. Teknik ini dinamakan Kyutoshin, menurut pengobatan akupuntur Jepang.

Tujuan dari moxa ini adalah untuk menghangatkan titik tertentu dan melancarkan peredaran darah. Beberapa ahli moksibusi melakukan terapi ini untuk mengatasi flu, ketegangan otot, mengubah posisi janin yang sungsang dan lainnya.

Pengaruh moksibusi untuk mengubah posisi janin yang sungsang ini sudah dibuktikan oleh beberapa jurnal ilmiah, dan bukti itu empiris dan efektif dilakukan. Oleh karena itu, pengobatan ini bisa dijadikan alternatif untuk atasi bayi sungsang.

BACA JUGA  Cara Mengobati Anosmia Dengan Terapi Sederhana

Berikut ini beberapa manfaat dari terapi moxa yang sudah diuji secara klinis dan terbukti efektif, yaitu:

– Digunakan untuk terapi pasca stroke
– Untuk mengobati kanker
– Untuk mengatasi nyeri
– Menurunkan darah tinggi atau hipertensi
– Membantu atasi konstipasi

Manfaat yang didapat dari terapi ini cukup menguntungkan bagi pasien yang mengalami keluhan penyakit tertentu. Namun, terapi ini tidak dilakukan oleh sembarang orang dan sebelum berobat harus konsultasi pada ahlinya terlebih dahulu.