Terapi pijat akupresur merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi kaki yang bengkak. Terapi tradisional ini bisa membantu mengurangi nyeri dan melancarkan sirkulasi darah pada kaki.

Terapi Pijat Akupresur Untuk Kaki Bengkak

Kaki yang bengkak bisa terjadi karena kaki yang keseleo atau terbentur benda keras. Selain itu, kondisi kaki yang bengkak terjadi karena adanya penumpukan cairan pada jaringan.

Kondisi ini bisa terjadi karena faktor obesitas, penuaan, kurangnya nutrisi dan ketika sedang PMS. Seseorang yang menderita diabetes, ibu hamil dan memiliki penyakit jantung dan ginjal beresiko tinggi kaki yang bengkak.

DIDUKUNG OLEH:

Oleh karena itu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya, yaitu:

– Pijat akupresur

Terapi ini sama halnya dengan pijatan yang biasa dilakukan, namun perlu pemahaman tentang area yang harus dipijat yang terhubung dengan akar masalah yang sedang terjadi.

Akupresur dapat membantu melancarkan peredaran darah dan mengatasi ketegangan otot. Anda bisa memijat area yang bengkak dengan bantuan minyak zaitun, dan pijat ke arah atas secara perlahan.

– Jahe

Bahan yang biasa digunakan untuk ramuan herbal ini juga bisa dimanfaatkan untuk kurangi bengkak pada kaki. Jahe dapat mencairkan natrium yang menjadi penyebab bengkak di kaki.

Anda bisa memijat kaki dengan perasan air jahe, kandungan anti-inflamasi membantu mengatasi masalah ini dan meredakan kaki yang sedang bengkak.

– Air garam

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan campuran air hangat dan garam. Karena, kandungan magnesium pada garam dapat membantu lancarkan peredaran darah.

– Air lemon

Air lemon tidak hanya segar untuk diminum dan baik untuk tubuh. Air lemon juga bisa membantu redakan kaki yang bengkak karena mengandung anti-inflamasi.

BACA JUGA  Hati-hati! Ini Bagian Tubuh yang Tidak Boleh Dipijat Sembarangan

Penggunaan bahan alami dan mudah didapat serta terapi akupresur bisa digunakan untuk mengatasi bengkak di area kaki. Anda bisa menjadikannya sebagai cara alternatif selain mengkonsumsi obat dan membiarkannya saja.

Walaupun masalah kaki bengkak bisa hilang dengan seiring waktu, namun penanganan pun harus tetap dilakukan jika ingin segera hilang dan bisa beraktivitas seperti biasa.