Ternyata Akupuntur Cukup Penting Bagi Atlet

Ternyata Akupuntur Cukup Penting Bagi Atlet – Baik itu bola basket, sepak bola, atau renang, para atlet selalu mendorong tubuh mereka untuk mencapai puncak pengkondisian fisik dan daya tahan. Sementara pelatihan konstan ini membuat mereka bugar secara fisik, itu juga membuat mereka rentan terhadap cedera. Otot yang terkilir dan tendon yang robek biasanya dipertahankan selama sesi latihan yang intens atau melalui permainan.

Jika Anda seorang atlet yang baru saja mengalami salah satu dari cedera ini, jangan memulai perawatan dengan obat pereda nyeri atau perawatan invasif lainnya. Sebagai gantinya, pertimbangkan untuk menjadwalkan sesi akupuntur, metode perawatan holistik dan efektif yang telah terbukti meredakan rasa sakit dan memastikan tubuh Anda bekerja pada tingkat yang optimal. Baca terus untuk mengetahui cara kerja akupuntur dan manfaat dari praktik ini.

Ternyata Akupuntur Cukup Penting Bagi Atlet

Akupuntur adalah suatu bentuk pengobatan tradisional Tiongkok yang bertujuan untuk memulihkan aliran energi dalam tubuh seseorang, atau dikenal sebagai “Qi”, melalui penusukan jarum kecil ke dalam kulit. Ahli akupuntur bersertifikat akan memasukkan jarum ini ke titik akupuntur tertentu pada tubuh yang diyakini sebagai lokasi jalur, atau meridian, di mana kekuatan energi seseorang mengalir.

Setelah dimasukkan, ahli akupuntur akan dengan lembut memanipulasi jarum dalam upaya untuk membersihkan jalur dan membangun aliran energi Anda. Jarum akan merangsang sistem saraf pusat Anda dan melepaskan bahan kimia yang akan meredakan ketegangan atau rasa sakit yang mungkin Anda rasakan. Selain itu, teknik ini mengembalikan kemampuan tubuh Anda untuk berfungsi pada tingkat yang optimal dan mempercepat penyembuhan.

- Advertisement -

Apa saja manfaatnya?

Manfaat akupuntur sangat luas dan melampaui penghilang rasa sakit fisik. Sifat menenangkan dan restoratif dari teknik ini telah terbukti meningkatkan kesehatan mental dengan mengurangi kecemasan dan depresi sambil meningkatkan rasa sejahtera secara keseluruhan. Banyak orang menemukan bahwa akupuntur juga membantu mereka mengontrol mual, sakit gigi, dan banyak efek samping prenatal.

BACA JUGA  Akupuntur Menghentikan Sakit Gigi Dan Pendarahan

Selain itu, akupuntur dapat mengobati kondisi kronis, mulai dari migrain hingga tekanan darah tinggi. Ini karena akupuntur telah terbukti mengurangi tingkat peradangan dalam tubuh. Orang yang menderita kondisi kronis, seperti migrain dan radang sendi, juga telah melaporkan perbaikan dengan sesi akupuntur secara teratur.

Berapa banyak sesi yang saya butuhkan?

Jumlah sesi yang Anda perlukan tergantung pada tujuan perawatan Anda. Untuk seorang atlet, jadwal akupuntur yang konsisten disarankan untuk tidak hanya menjaga tubuh Anda dalam kondisi fisik yang prima, tetapi juga untuk membantu Anda mencegah terjadinya cedera.

Bagi mereka yang tidak terlalu aktif secara fisik, tetapi masih mencari teknik pereda nyeri alami, tetap disarankan untuk mempertahankan jadwal akupuntur yang konstan. Tergantung pada tingkat keparahan rasa sakit atau ketidaknyamanan Anda, Anda mungkin memerlukan lebih banyak atau lebih sedikit janji temu.

Apakah itu menyakitkan?

Akupuntur biasanya tidak menyebabkan rasa sakit fisik. Sementara pikiran untuk memasukkan lusinan jarum ke dalam kulit Anda mungkin membuat salah satu ide itu menjadi kabur, jarum-jarum itu sangat kecil sehingga Anda hampir tidak merasakannya di kulit Anda. Anda mungkin merasakan sensasi tumpul dan kesemutan, tetapi itu biasanya tingkat rasa sakit atau sensasi yang mungkin dialami seseorang.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...