Ternyata Tempe Miliki Manfaat untuk Kesehatan Ibu Hamil, Apa saja?

Saat mengandung buah hati, ibu hamil perlu memenuhi nutrisi dengan baik. Salah satu asupan yang penting bagi ibu hamil adalah tempe, karena manfaat nutrisi protein rendah lemak.

Tempe untuk ibu hamil sangat dianjurkan dan cocok menjadi makanan sehat selama mengandung. Kabar baiknya, tempe tidak mengandung kolesterol sehingga aman dikonsumsi setiap hari.

Di dalam setiap 3 ons tempe terkandung nutrisi berupa 140 kalori, 16 g protein, 5 g lemak, 10 g karbohidrat, 28 persen dari kebutuhan serat harian, 6 persen kebutuhan kalsium harian, 10 persen dari kebutuhan zat besi harian, dan vitamin B.

Melansir Alodokter, dr. Annes Waren menerangkan bahwa makanan yang dikonsumsi setiap harinya saat hamil trimester pertama haruslah makanan yang kaya nutrisi.

“Tempe/tahu, tauge, kedelai pada prinsipnya merupakan makanan sehat kaya nutrisi yang baik bagi Ibu hamil. Memang makanan tersebut mengandung protein tinggi yang bagus untuk pertumbuhan serta estrogen alami yang dibutuhkan untuk tubuh. Konsumsi makanan ini tidak dilarang dalam medis selama porsinya tidak berlebihan,” katanya.

5 Manfaat Makanan Tempe untuk Kesehatan Ibu Hamil

1. Suasana Hati Lebih Baik

Bukan rahasia lagi kalau selama masa kehamilan, suasana hati atau mood seorang ibu hamil bisa berubah drastis.

Terkadang bisa sangat bahagia, lalu dalam hitungan menit berubah menjadi sedih bahkan Depresi.

Kenapa bisa begitu? Ini karena adanya perubahan hormon pada tubuh ibu hamil. Sayangnya, perubahaan mood yang bisa meningkatkan risiko depresi tidak baik bila menimpa ibu hamil.

Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan makan tempe. Karbohidrat tempe dikatakan bisa menambah energi pada bumil sehingga ibu jadi lebih bersemangat dan tidak mudah lelah.

Meski demikian, perihal pengaruh pada suasana hati dan mood, tetap butuh penelitian lebih lanjut.

BACA JUGA  Simak Cara Merayakan Valentine yang Sehat

2. Sumber Protein

Selama masa kehamilan, setidaknya seorang bumil perlu memenuhi kebutuhan protein sebanyak 60 gram setiap harinya. Makanan seperti tempe bisa menjadi salah satu makanan yang cocok untuk memenuhi asupan protein selama hamil.

Nantinya, protein akan bekerja untuk mempertahankan sistem kekebalan tubuh, menangkal radikal bebas penyebab penyakit, dan membantu menghasilkan sel darah merah.

3. Mencegah Anemia

Saat hamil, seorang bumil mungkin bisa lebih rentan terhadap anemia. Anemia dapat menyebabkan kelelahan, kelemahan, sakit kepala, dan lainnya.

Salah satu cara untuk mencegah hal tersebut adalah dengan mengonsumsi tempe. Karena tempe mengandung protein rendah lemak yang bisa meningkatkan produksi sel darah merah.

4. Memperkuat Tulang

Kalsium tempe tergolong tinggi. Maka dari itu makan tempe secara rutin bisa meningkatkan kesehatan tulang baik ibu maupun janin dalam kandungan.

Bumil juga perlu mengimbangi dengan minum susu atau berjemur di bawah sinar matahari pagi selama beberapa menit. Cara ini berguna untuk menyerap vitamin D dari sinar matahari ke tulang.

5. Meningkatkan Sistem Kerja Otak Janin

Tempe sangat bermanfaat tidak hanya bagi ibu hamil tetapi juga janin. Asam folat yang terkandung dalam tempe dipercaya bisa meningkatkan kecerdasan otak anak selama di kandungan.

Tidak hanya itu, asam folat juga baik untuk mencegah cacat lahir saat persalinan. Nantinya, asam folat bekerja untuk membantu tumbuh kembang janin dan perkembangan sel-sel pada sarafnya.

Demikian penjelasan mengenai manfaat makanan tempe untuk kesehatan ibu hamil. Semoga berjalan baik hingga lahirnya sang buah hati. [AB]

TERBARU

Prof. Sim Kie Jie: “Ingin Terus Menulis Akupuntur untuk Ilmu Pengobatan Tradisional Indonesia”

Situasi pandemi covid-19 lalu, memberi waktu luang bagi Praktisi...

Kiat Kontrol Kadar Gula Darah

Kondisi kadar gula darah yang tinggi biasa dikenal dengan...

Mengenal Brokoli, ‘Si Kribo’ Kaya Vitamin C

Dalam pola makan sehat yang menekankan asupan bergizi seimbang,...

Apa Itu Pijat Refleksi?

Merasa lelah dan jenuh saat bekerja adalah hal yang...

Horor COVID-19 di Tiongkok, Mulai Lockdown!

Seiring dengan kasus yang terus meningkat dan mencapai level...

Pilah Pilih Alat Refleksi

Salah satu sarana relaksasi yang tepat untuk menghilangkan pegal...

Cara Sederhana Membuat Jamu

Rempah-rempah merupakan sumber daya alam utama yang dimiliki Indonesia....

Ingin Jajal Terapi Jarum Akupuntur? Ini Efek Samping dan Cara Kerjanya

Akupuntur adalah pengobatan tradisional Tiongkok yang telah dikenal selama...

Mengenal Kulit Pohon Gandarusa yang Ampuh Atasi Rasa Sakit

Tanaman Gandarusa adalah sejenis tanaman perdu dengan karakter daun...

Membuat Jus Tak Perlu Cara Khusus

Mengonsumsi buah secara rutin bisa memberikan banyak manfaat. Mulai...

Prof. Sim Kie Jie: “Ingin Terus Menulis Akupuntur untuk Ilmu Pengobatan Tradisional Indonesia”

Situasi pandemi covid-19 lalu, memberi waktu luang bagi Praktisi senior Akupuntur dan TCM, Prof. Sim Kie Jie untuk menulis buku Ilmu Penyakit Menular Bersifat...

Kiat Kontrol Kadar Gula Darah

Kondisi kadar gula darah yang tinggi biasa dikenal dengan istilah hiperglikemia, istilah ini juga sering dikaitkan dengan diabetes dan pradiabetes. Benar bahwa kamu tidak...

Mengenal Brokoli, ‘Si Kribo’ Kaya Vitamin C

Dalam pola makan sehat yang menekankan asupan bergizi seimbang, brokoli hampir selalu ada di dalam makanan yang wajib untuk dikonsumsi. Meskipun banyak yang tidak...

Apa Itu Pijat Refleksi?

Merasa lelah dan jenuh saat bekerja adalah hal yang wajar, justru hal tersebut merupakan suatu sinyal yang menunjukkan kalau kamu kurang asupan makanan, jarang...

Horor COVID-19 di Tiongkok, Mulai Lockdown!

Seiring dengan kasus yang terus meningkat dan mencapai level tertinggi sejak lockdown Shanghai, Pemerintah China bertahan dengan strategi penahanan COVID-19 yang ketat hampir tiga tahun setelah...

Pilah Pilih Alat Refleksi

Salah satu sarana relaksasi yang tepat untuk menghilangkan pegal dan rasa kaku pada tubuh adalah pijat refleksi. Dilansir dari Wikipedia.org, pijat refleksi merupakan ilmu...