Tiongkok Sebagai Pelopor Pengobatan Herbal Mendunia

Tak perlu diragukan lagi, Tiongkok sebagai pelopor pengobatan herbal memanglah benar, karena dari negara ini banyak jenis pengobatan kuno yang bermanfaat bagi tubuh manusia maupun hewan dan efeknya sangat luar biasa.

Mengenal Tiongkok Sebagai Pelopor Pengobatan Herbal

Sudah menjadi informasi public bahwa Tiongkok ini adalah sebuah negara yang memiliki kekayaan ilmu pengobatan herbal kuno yang bermanfaat untuk memberantas semua masalah penyakit.

Salah satu pengobatan Tiongkok yang sampai saat ini masih populer dan digunakan adalah akupuntur dan akupresur. Bahkan, bekam yang dipopulerkan oleh Tiongkok pun sudah terkenal luas di berbagai negeri.

Dalam sejarahnya, bangsa Tiongkok adalah negara yang pertama kali mengadakan uji coba pengobatan herbal pada dirinya sendiri. Praktisi pertama pengobatan herbal juga berasal dari Tiongkok, dan ia bernama Kaisar Shen Nung.

Dia melakukan ratusan percobaan obat herbal untuk mengatasi berbagai macam jenis penyakit. Kaisar Shen Nung juga dihormati sebagai Bapak pengobatan tradisional Tiongkok dan penemu akupuntur.

Kepercayaan pada Yin dan Yang adalah kunci dari pengobatan Tiongkok di zaman kaisar Shen Nung. Jasa dari Kaisar Shen Nung sangat banyak.

Ia juga menemukan mata bajak dan orang pertama yang memulai tradisi minum teh. Warisan dari Kaisar Shen Nung inilah yang sampai saat ini mendunia dan sudah tersebar hampir ke seluruh negara yang ada.

Di Indonesia sendiri akupuntur dan pengobatan herbal banyak diminati. Selain minim efek samping, pengobatan alami dari Tiongkok ini juga berefek luar biasa untuk kesehatan.

Akupuntur yang ditemukan oleh Kaisar Shen Nung ini sekarang sudah diakui oleh WHO dan bahkan akupuntur sudah mengalami perkembangan yang signifikan sampai kejayaannya semakin meluas.

BACA JUGA  Ini 7 Manfaat Minum Teh untuk Kesehatan

Tidak hanya akupuntur, kini pengobatan Tiongkok banyak jenisnya, ada akupresur, feng shui, ramuan herba qigong dan lain sebagainya. Semua pengobatan ini memiliki ciri khasnya tersendiri dan mengandung prinsip yang sama.

Dari keunikan dan juga prinsipnya ini, Tiongkok menjadi populer dengan pengobatan alaminya yang manjur. Oleh karena itu, sebagian besar orang lebih memilih pengobatan jenis ini untuk menyembuhkan penyakit mereka.

TERBARU

11 Penyembuhan Alternative Kanker Menurut Mayo Clinic

pengobatan alternatif kankerPenderita kanker sering mencari pengobatan alternatif dan...

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala...

Seminar PIKTI: Integrative Care for Chronic Cough

Seminar untuk umum via Zoom Meeting Pendaftaran Gratis 📝 dapat...

Simak Kegunaan Hipnoterapi Dalam Mengatasi Kecanduan

Hipnoterapi adalah metode pengobatan berbasis bukti yang digunakan untuk...

Mengenal Terapi CBT dan Cara Kerjanya Dalam Mengatasi Adiksi

Cognitive-behavioral therapy (CBT) adalah terapi psikologi yang populer dan...

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal...

Mengenal Pengobatan Tradisional khas Bali

Orang Bali hidup dalam dua dunia yang berbeda: dunia...

Kasusnya Mulai Turun di Indonesia, Apa itu Stunting? Bagaimana Mengatasinya dengan Pengobatan Tradisional?

Baru-baru ini Kementerian Kesehatan mengumumkan hasil Survei Status Gizi...

Akupunturis di Zimbabwe Jadikan TCM Terjangkau bagi Penduduk setempat

Akupunktur adalah salah satu bentuk terapi medis alternatif yang...

Ahli Kesehatan Tradisional Himbau Ramuan Herbal Tak Boleh Diberikan kepada Bayi, Kenapa?

Beberapa waktu lalu, viral soal bayi 54 hari yang...

11 Penyembuhan Alternative Kanker Menurut Mayo Clinic

pengobatan alternatif kankerPenderita kanker sering mencari pengobatan alternatif dan komplementer untuk mengatasi gejala dan efek samping dari perawatan kanker. Pengobatan alternatif biasanya tidak diberikan...

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala dan dimanfaatkan oleh masyarakat dalam upaya preventif, promotif, kuratif dan rehabilitatif. Berikut ini pemaparan dari...

Seminar PIKTI: Integrative Care for Chronic Cough

Seminar untuk umum via Zoom Meeting Pendaftaran Gratis 📝 dapat E-Sertifikat (Untuk mendapatkan E-Sertifikat dimohon registrasi dulu & nama saat pendaftaran dan nama di Zoom harus...

Simak Kegunaan Hipnoterapi Dalam Mengatasi Kecanduan

Hipnoterapi adalah metode pengobatan berbasis bukti yang digunakan untuk mengatasi kecanduan dan masalah psikologis lainnya. Proses ini menggabungkan hipnosis, yaitu perubahan kesadaran yang diinduksi...

Mengenal Terapi CBT dan Cara Kerjanya Dalam Mengatasi Adiksi

Cognitive-behavioral therapy (CBT) adalah terapi psikologi yang populer dan efektif dalam mengatasi berbagai masalah emosional dan perilaku, termasuk adiksi. CBT didasarkan pada teori bahwa...

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal dari pengobatan tradisional China. Praktiknya melibatkan seorang praktisi yang membakar ramuan moxa pada atau di...