Tips Diet Sehat: Turunkan Berat Badan Secara Cepat dan Aman

Memiliki tubuh yang ideal memang menjadi dambaan bagi setiap orang. Terutama bagi wanita. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak di antara mereka yang melakukan berbagai cara demi mendapatkan tubuh yang ideal. Salah satunya dengan melakukan diet.

Agar diet berhasil dan tidak membahayakan kesehatan tubuh, maka perlu mengetahui tips diet yang sehat. Apa saja sih tipsnya? Berikut adalah beberapa tips diet sehat yang bisa menurunkan berat badan secara cepat dan aman:

1. Perbanyak Makan Buah dan Sayur

Tips diet sehat yang pertama adalah dengan perbanyak makan buah dan sayur. Buah dan sayur memiliki kandungan nutrisi yang begitu banyak. Salah satunya adalah serat yang berfungsi menstabilkan berat badan agar tidak mudah naik kembali.

Selain itu, makanan tinggi serat bagus untuk metabolisme tubuh. Sehingga sangat membatu proses diet.

2. Minum Air Putih Dengan Cukup

Sebagian besar tubuh didominasi oleh air. Oleh karena itu, air menjadi salah satu bagian paling penting dalam tubuh. Konsumsi air minimal 2 liter sehari. Hal ini dapat mendukung proses diet karena perut akan merasa kenyang jika kebutuhan air tercukupi.

3. Jangan Biarkan Tubuh Kelaparan

Membiarkan tubuh kelaparan jelas tidak baik bagi kesehatan. Alih-alih ingin mendapatkan tubuh yang ideal hasilnya malah tubuh yang kurus dan kering. Oleh karena itu, dalam melakukan diet perlu untuk mengatur pola makan.

Anda bisa membawa bekal makanan sehat atau cemilan sehat yang mengandung banyak gizi jika anda tiba-tiba merasakan lapar yang berlebih.

4. Kurangi Konsumsi Garam

Seperti yang kita tahu bahwa garam mengandung banyak sodium. Mengkonsumsi sodium secara berlebihan dapat memperlambat proses metabolisme lemak dalam tubuh. Sebagai gantinya anda bisa mencampurkan keju untuk menambahkan rasa gurih dan asin pada masakan.

BACA JUGA  Cara Memaksimalkan Akupuntur Untuk Kecemasan Anda

5. Olahraga dengan Teratur

Olahraga terbilang ampuh dalam mengatasi masalah kelebihan berat badan. Prinsipnya dengan menyeimbangkan kalori yang masuk dan kalori yang dibakar. Anda bisa melakukan aktivitas ringan untuk olahraga seperti jalan kaki, lari atau yang lebih berat seperti pergi ke tempat gym.

6. Tidur yang Cukup

Selain olahraga, tidur pun menjadi salah satu tips untuk melakukan diet sehat. Kurangnya tidur dapat memicu timbulnya diabetes. Sehingga metabolisme tubuh akan terganggu dan proses diet pun menjadi terhambat.

Oleh karena itu, cukupi kebutuhan tidur 6-8 jam sehari. Dengan demikian metabolisme tubuh bisa beregenerasi dengan baik dan maksimal dalam mendukung program diet.

Itulah tadi beberapa tips diet sehat yang bisa sobat sehat lakukan di rumah. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

TERBARU

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala...

Seminar PIKTI: Integrative Care for Chronic Cough

Seminar untuk umum via Zoom Meeting Pendaftaran Gratis 📝 dapat...

Simak Kegunaan Hipnoterapi Dalam Mengatasi Kecanduan

Hipnoterapi adalah metode pengobatan berbasis bukti yang digunakan untuk...

Mengenal Terapi CBT dan Cara Kerjanya Dalam Mengatasi Adiksi

Cognitive-behavioral therapy (CBT) adalah terapi psikologi yang populer dan...

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal...

Mengenal Pengobatan Tradisional khas Bali

Orang Bali hidup dalam dua dunia yang berbeda: dunia...

Kasusnya Mulai Turun di Indonesia, Apa itu Stunting? Bagaimana Mengatasinya dengan Pengobatan Tradisional?

Baru-baru ini Kementerian Kesehatan mengumumkan hasil Survei Status Gizi...

Akupunturis di Zimbabwe Jadikan TCM Terjangkau bagi Penduduk setempat

Akupunktur adalah salah satu bentuk terapi medis alternatif yang...

Ahli Kesehatan Tradisional Himbau Ramuan Herbal Tak Boleh Diberikan kepada Bayi, Kenapa?

Beberapa waktu lalu, viral soal bayi 54 hari yang...

Simak Rekomendasi Cara Mengatasi Adiksi Narkoba Menurut Psikolog UI

foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiyaAdiksi narkoba merupakan masalah serius yang menyebabkan...

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala dan dimanfaatkan oleh masyarakat dalam upaya preventif, promotif, kuratif dan rehabilitatif. Berikut ini pemaparan dari...

Seminar PIKTI: Integrative Care for Chronic Cough

Seminar untuk umum via Zoom Meeting Pendaftaran Gratis 📝 dapat E-Sertifikat (Untuk mendapatkan E-Sertifikat dimohon registrasi dulu & nama saat pendaftaran dan nama di Zoom harus...

Simak Kegunaan Hipnoterapi Dalam Mengatasi Kecanduan

Hipnoterapi adalah metode pengobatan berbasis bukti yang digunakan untuk mengatasi kecanduan dan masalah psikologis lainnya. Proses ini menggabungkan hipnosis, yaitu perubahan kesadaran yang diinduksi...

Mengenal Terapi CBT dan Cara Kerjanya Dalam Mengatasi Adiksi

Cognitive-behavioral therapy (CBT) adalah terapi psikologi yang populer dan efektif dalam mengatasi berbagai masalah emosional dan perilaku, termasuk adiksi. CBT didasarkan pada teori bahwa...

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal dari pengobatan tradisional China. Praktiknya melibatkan seorang praktisi yang membakar ramuan moxa pada atau di...

Mengenal Pengobatan Tradisional khas Bali

Orang Bali hidup dalam dua dunia yang berbeda: dunia fisik atau yang disebut sekala dan dunia spiritual atau psikis yang disebut niskala. Dalam pengobatan...