Tips Diet Sehat: Turunkan Berat Badan Secara Cepat dan Aman

Memiliki tubuh yang ideal memang menjadi dambaan bagi setiap orang. Terutama bagi wanita. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak di antara mereka yang melakukan berbagai cara demi mendapatkan tubuh yang ideal. Salah satunya dengan melakukan diet.

Agar diet berhasil dan tidak membahayakan kesehatan tubuh, maka perlu mengetahui tips diet yang sehat. Apa saja sih tipsnya? Berikut adalah beberapa tips diet sehat yang bisa menurunkan berat badan secara cepat dan aman:

1. Perbanyak Makan Buah dan Sayur

Tips diet sehat yang pertama adalah dengan perbanyak makan buah dan sayur. Buah dan sayur memiliki kandungan nutrisi yang begitu banyak. Salah satunya adalah serat yang berfungsi menstabilkan berat badan agar tidak mudah naik kembali.

Selain itu, makanan tinggi serat bagus untuk metabolisme tubuh. Sehingga sangat membatu proses diet.

- Advertisement -

2. Minum Air Putih Dengan Cukup

Sebagian besar tubuh didominasi oleh air. Oleh karena itu, air menjadi salah satu bagian paling penting dalam tubuh. Konsumsi air minimal 2 liter sehari. Hal ini dapat mendukung proses diet karena perut akan merasa kenyang jika kebutuhan air tercukupi.

3. Jangan Biarkan Tubuh Kelaparan

Membiarkan tubuh kelaparan jelas tidak baik bagi kesehatan. Alih-alih ingin mendapatkan tubuh yang ideal hasilnya malah tubuh yang kurus dan kering. Oleh karena itu, dalam melakukan diet perlu untuk mengatur pola makan.

Anda bisa membawa bekal makanan sehat atau cemilan sehat yang mengandung banyak gizi jika anda tiba-tiba merasakan lapar yang berlebih.

4. Kurangi Konsumsi Garam

Seperti yang kita tahu bahwa garam mengandung banyak sodium. Mengkonsumsi sodium secara berlebihan dapat memperlambat proses metabolisme lemak dalam tubuh. Sebagai gantinya anda bisa mencampurkan keju untuk menambahkan rasa gurih dan asin pada masakan.

BACA JUGA  Akupuntur Ternyata Efektif Untuk Cedera Otak Traumatik

5. Olahraga dengan Teratur

Olahraga terbilang ampuh dalam mengatasi masalah kelebihan berat badan. Prinsipnya dengan menyeimbangkan kalori yang masuk dan kalori yang dibakar. Anda bisa melakukan aktivitas ringan untuk olahraga seperti jalan kaki, lari atau yang lebih berat seperti pergi ke tempat gym.

6. Tidur yang Cukup

Selain olahraga, tidur pun menjadi salah satu tips untuk melakukan diet sehat. Kurangnya tidur dapat memicu timbulnya diabetes. Sehingga metabolisme tubuh akan terganggu dan proses diet pun menjadi terhambat.

Oleh karena itu, cukupi kebutuhan tidur 6-8 jam sehari. Dengan demikian metabolisme tubuh bisa beregenerasi dengan baik dan maksimal dalam mendukung program diet.

Itulah tadi beberapa tips diet sehat yang bisa sobat sehat lakukan di rumah. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...