Mencegah anemia saat menstruasi bisa dilakukan dengan berbagai cara. Bagi wanita yang sedang menjalani masa menstruasi, perlu mengetahui hal ini. Bahwa gejala anemia bisa disebabkan oleh menstruasi berat dengan periode yang cukup lama. Imbasnya, sel darah merah akan mengalami penurunan hingga terkena anemia. Sebagai wanita, harus mengetahui pola menstruasi masing-masing. Sehingga bisa mengetahui apakah menstruasi yang sedang dijalani normal atau tidak. Mengenai anemia yang terjadi pada saat menstruasi bisa dicegah dengan berbagai cara.

DIDUKUNG OLEH:

Cara Mencegah Anemia Saat Menstruasi

Konsumsi Makanan Yang Mengandung Zat Besi

Zat besi memang dikenal ampuh untuk mencegah anemia. Namun harus diimbangi dengan penyerapan zat besi yang baik. Hindari mengkonsumsi makanan yang membuat zat besi sulit terserap. Sebaliknya, konsumsi saja makanan yang memang mampu melakukan penyerapan zat besi dengan baik seperti, mangga, semangka, jeruk, lemon, wortel, paprika, daging ayam hinga ikan. Coba untuk rutin mengkonsumsi makanan-makanan tersebut sehingga gejala anemia bisa dicegah dengan maksimal. Karena memang jika dibiarkan justru tidak baik.

Mengatasi Penyakit Lain Terlebih Dahulu

Penyakit yang sebelumnya diderita bisa menyebakan kesulitan untuk mencegah anemia. Beberapa penyakit seperti polip, gangguan pada fungsi ovarium, tumor rahim dapat menyebabkan pendarahan hebat. Penyakit-penyakit tersebut jika tidak segera ditangani, maka akan berpengaruh terhadap kondisi tubuh hingga menyebabkan anemia.

Pakai KB Hormon

Pemakaian KB hormon menjadi salah satu cara untuk mencegah anemia saat menstruasi. Alat ini berguna untuk menyeimbangkan hormon yang ada di dalam tubuh. Di dalam alat KB ini terkandung hormon yang membantu menipiskan rahim.  Ini berguna untuk mencegah terjadinya pendarahan yang parah juga.

Itulah beberapa cara mencegah anemia saat menstruasi. Fokus dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan zat besi yang tinggi serta mengatasi penyakit lain terlebih dahulu. Ini akan sangat membantu Anda untuk mencegah anemia. Jika Anemia terjadi, bukan tidak mungkin segala aktivitas yang Anda sudah rencanakan menjadi berantakan. Perbanyak istirahat selama menstruasi untuk menjaga kesehatan tubuh Anda sendiri.